Ekstrak tomat mutiara terbuat dari tomat bistik heirloom putih, atau Solanum Lycopersicum, dan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecerahan kulit. Berasal dari abad ke-20 , tomat mutiara, juga dikenal sebagai tomat putih besar atau tomat putih cantik, muncul pada pertengahan musim panas hingga akhir musim gugur.

Ditandai dengan buahnya yang besar dan berat berwarna krem, tomat heirloom putih dapat memiliki berat hingga dua pon. Saat dimakan, tomat jenis ini memiliki rasa manis dengan sedikit rasa melon dan jambu biji, yang membuat beberapa orang berpikir kalau buah ini memiliki kandungan asam yang rendah, tetapi sebenarnya, tomat ini memiliki kandungan gula yang lebih tinggi, yang membuatnya terasa kurang asam dibandingkan tomat lainnya.

Manfaat Ekstrak Tomat Mutiara

Saat dikonsumsi sebagai suplemen, ekstrak tomat mutiara memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan tampilan kulit.

Mengobati Gangguan Hiperpigmentasi

Uji klinis dilakukan di Afrika Selatan di Aura International pada tahun 2019 untuk mempelajari manfaat suplementasi ekstrak tomat putih pada pasien melasma. Melasma, disebut juga sebagai chloasma, merupakan suatu kondisi di mana bercak cokelat muncul di wajah karena perubahan hormonal selama masa kehamilan atau akibat paparan sinar matahari. Wanita cenderung lebih sering terkena melasma, topeng kehamilan, tetapi pria juga bisa mengalami kondisi tersebut.

Bercak cokelat umumnya berkembang di area pipi, hidung, dagu, dan dahi. Jika melasma berkembang selama kehamilan, biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Bagi wanita yang tidak memiliki resolusi alami atau bagi yang memiliki melasma akibat paparan sinar matahari, mengonsumsi ekstrak tomat mutiara dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi bercak wajah hiperpigmentasi yang terkait dengan gangguan tersebut.

Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak tomat putih mengalami perbaikan warna dan tekstur kulit seiring dengan berkurangnya kekeringan dan kekasaran kulit.

Melindungi Kulit dari Kerusakan akibat Radikal Bebas

Karoten tidak berwarna yang ditemukan dalam ekstrak tomat mutiara, termasuk phytoene dan phytofluene, tetap menjadi prekursor karotenoid berwarna seperti likopen. Karoten yang tidak berwarna ini terdiri dari wortel, jeruk, dan, tentu saja, tomat putih.

Karotenoid memiliki sifat antioksidan bermanfaat yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Penyakit kulit dan mata merupakan dua kondisi yang dapat dicegah oleh karotenoid agar tidak berkembang di dalam tubuh.

Antioksidan seperti karotenoid yang ditemukan dalam ekstrak tomat mutiara melindungi kulit dengan mengurangi produksi radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak kulit, menyebabkan kerutan, hiperpigmentasi, dan garis-garis halus.

Berfungsi sebagai Tabir Surya Alami

Antioksidan yang ditemukan dalam ekstrak tomat mutiara juga membantu melindungi kulit dari radiasi UV. Tomat mengandung likopen, karotenoid alami yang ditemukan di berbagai buah-buahan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus tidak berbulu yang diberi bubuk tomat selama 35 minggu dan kemudian terkena sinar UVB tiga kali seminggu menemukan bahwa perkembangan tumor pada tikus yang mengonsumsi bubuk tomat jauh lebih kecil dibandingkan kelompok kontrol.

Likopen juga menunjukkan sifat perlindungan terhadap sinar UV. Mengonsumsi ekstrak tomat mutiara dapat memberikan perlindungan dari sengatan sinar matahari yang disebabkan oleh sinar UV. Meskipun mengonsumsi ekstrak tomat mutiara dapat mengurangi risiko terbakar sinar matahari, ekstrak tomat mutiara tidak bisa menggantikan kebutuhan untuk memakai tabir surya untuk melindungi kulit Anda. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi saat menghabiskan banyak waktu di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari dan kanker kulit.

Memberikan Manfaat bagi Kulit dengan Sifat Antiinflamasinya

Beberapa senyawa dalam ekstrak tomat mutiara, termasuk karotenoid, memiliki sifat antiinflamasi. Sifat-sifat ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit sambil menawarkan manfaat sistemik tambahan seperti meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan pencernaan.

Ekstrak tomat mutiara dapat membantu meningkatkan kualitas kulit dari dalam ke luar.

Memberikan Sifat Antipenuaan

Ekstrak tomat mutiara merupakan sumber yang baik dari vitamin B yang penting bagi kesehatan kulit. Vitamin B memiliki sifat antipenuaan yang dapat membantu mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan. Vitamin B juga dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari karena vitamin B berperan penting dalam perbaikan sel.

Membantu Melembapkan Kulit

Sebagai sumber yang sangat baik dari kalium, ekstrak tomat mutiara dapat membantu menghidrasi kulit. Kulit kering yang terkait dengan eksem dan dermatitis atopik dapat terjadi akibat penurunan kadar kalium. Akibat dari kulit kering antara lain sel kulit menjadi kering, terkelupas, gatal, dan pecah-pecah, membuat kulit teriritasi dan lebih rentan terhadap infeksi akibat garukan dan retakan.

Meningkatkan Keefektifan bersama dengan L-Sistein

Ekstrak tomat mutiara yang dikombinasikan dengan asam amino L-Sistein dapat membantu meningkatkan keefektifan suplemen. L-Sistein merupakan prekursor untuk glutation, antioksidan ampuh yang ditemukan secara alami di dalam tubuh.

Glutation memiliki berbagai kegunaan dan manfaat bagi kulit, termasuk mengobati psoriasis dan mengurangi stres oksidatif. Glutation juga dikenal dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dari gangguan seperti melasma. Hal ini dilakukan dengan mengubah melanin menjadi warna yang lebih terang dan menonaktifkan tirosinase, enzim yang membantu menghasilkan pigmen.

Intinya

Ekstrak tomat mutiara memiliki beberapa manfaat yang berhubungan dengan kulit. Ekstrak tomat mutiara dapat membantu mengatasi hidrasi, gangguan hiperpigmentasi, kerutan, penuaan, dan peradangan pada kulit.

Selain itu, ekstrak tomat mutiara berfungsi sebagai tabir surya alami, yang membantu melindungi kulit dari dalam ke luar. Peningkatan produksi kolagen dapat membantu menjaga elastisitas kulit, memperbaiki tampilan kulit agar terlihat lebih muda seiring bertambahnya usia.

Mengandung nutrisi yang diketahui bermanfaat bagi kulit, termasuk vitamin B dan C, potasium, dan karotenoid, ekstrak tomat mutiara dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjadikan kulit tampak bercahaya.

Ekstrak tomat mutiara umumnya aman dan dapat ditoleransi dengan baik. Hindari mengonsumsi ekstrak tomat mutiara jika Anda alergi terhadap tomat. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum memulai suplemen makanan baru.

Referensi:

  1. Meléndez-Martínez AJ, Mapelli-Brahm P, Benítez-González A, Stinco CM. A comprehensive review on the colorless carotenoids phytoene and phytofluene [published correction appears in Arch Biochem Biophys. 2017 Oct 1;631:30]. Arch Biochem Biophys. 2015;572:188-200. doi:10.1016/j.abb.2015.01.003
  2. Cooperstone JL, Tober KL, Riedl KM, et al. Tomatoes protect against development of UV-induced keratinocyte carcinoma via metabolomic alterations. Sci Rep. 2017;7(1):5106. Published 2017 Jul 11. doi:10.1038/s41598-017-05568-7
  3. Aust O, Stahl W, Sies H, Tronnier H, Heinrich U. Supplementation with tomato-based products increases lycopene, phytofluene, and phytoene levels in human serum and protects against UV-light-induced erythema. Int J Vitam Nutr Res. 2005;75(1):54-60. doi:10.1024/0300-9831.75.1.54
  4. Lodish H, Berk A, Zipursky SL, et al. Molecular Cell Biology. 4th edition. New York: W. H. Freeman; 2000. Section 22.3, Collagen: The Fibrous Proteins of the Matrix. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK21582/
  5. Rembe JD, Fromm-Dornieden C, Stuermer EK. Effects of Vitamin B Complex and Vitamin C on Human Skin Cells: Is the Perceived Effect Measurable?. Adv Skin Wound Care. 2018;31(5):225-233. doi:10.1097/01.ASW.0000531351.85866.d9
  6. Sugawara T, Kikuchi K, Tagami H, Aiba S, Sakai S. Decreased lactate and potassium levels in natural moisturizing factor from the stratum corneum of mild atopic dermatitis patients are involved with the reduced hydration state. J Dermatol Sci. 2012;66(2):154-159. doi:10.1016/j.jdermsci.2012.02.011