Musim dingin merupakan waktu turunnya salju, berseluncur, dan menikmati cokelat panas di dekat perapian. Saya sangat menikmati euforia musim dingin, tetapi tahukah Anda apa yang tidak saya sukai dari bulan-bulan yang dingin? Cara kulit saya bereaksi terhadap cuaca musim dingin yang keras.

Kekeringan, pengelupasan, kerentanan, dan dehidrasi hanyalah beberapa dari masalah kulit yang dapat terjadi selama musim dingin. Di beberapa bagian negara, orang-orang sudah bersiap untuk menyambut datangnya Musim Semi, tetapi bagi Anda yang masih bergelut dengan iklim dingin dan kering, jangan lewatkan artikel ini! Kita akan meninjau metode pendekatan perawatan kulit Anda selama setahun ini, dan lima bahan terbaik untuk menjaga kulit Anda agar tetap cerah bersinar hingga matahari musim panas muncul!

Pendekatan Perawatan Kulit Musiman

Banyak pengguna perawatan kulit secara keliru melanjutkan rutinitas perawatan kulit yang sama sepanjang tahun, atau hanya menggunakan lapisan pelembap ekstra saat cuaca dingin. Tetapi perubahan cuaca signifikan yang terjadi di beberapa bagian Amerika Utara membuat kulit kita menghadapi kondisi dan tantangan yang sangat berbeda dari musim ke musim. Beralih dari musim panas yang lembap ke musim gugur dan musim dingin yang kering membuat kulit kita bereaksi terhadap kondisi yang berubah. Sama seperti Anda mengganti cara berpakaian, Anda juga harus mengganti rutinitas perawatan kulit. Tidak harus mengubah rutinitas secara menyeluruh, tetapi menambahkan bahan-bahan bernutrisi dan memahami cara merawat kulit Anda dapat membantu Anda mempertahankan kulit yang lembut dan sehat sepanjang tahun. 

Humektan, Emolien, dan Oklusif

Sebelum kita membahas bahan-bahan spesifik itu sendiri, penting untuk memahami jenis zat yang ingin Anda cari dalam produk perawatan kulit kita, sehingga Anda dapat menyusun rutinitas perawatan kulit musim dingin yang cocok untuk jenis kulit Anda. Anda mungkin pernah mendengar kata-kata “humektan”, “emolien”, dan “oklusif” terlontar saat berbicara seputar perawatan kulit, tetapi apa sebenarnya zat-zat ini?

Humektan, emolien, dan oklusif masuk ke dalam kategori produk perawatan kulit. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda bagi kulit kita.

Humektan merupakan bahan yang menarik air ke dalam kulit kita. Semua kulit harus terhidrasi dengan baik agar tetap kenyal, halus, dan sehat, tak peduli apakah kulit Anda berminyak, kering, atau apa pun kondisinya! Emolien adalah pelembap yang membantu mengatasi kekeringan dan memperkuat pelindung kulit yang lemah sekaligus melembutkan kulit. Dengan membantu menjaga pelindung alami kulit, emolien juga membantu melindungi kulit dari kekurangan air. Emolien penting untuk dipertimbangkan selama cuaca dingin dan keras. Oklusif membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit yang mengunci kelembapan kulit. Oklusif biasanya jauh lebih berat dan bisa sangat berguna untuk rutinitas perawatan kulit musim dingin saat Anda mencoba melindungi kulit. Ringkasnya, setiap rutinitas perawatan kulit harus menambahkan humektan dan emolien, dan kulit yang sangat kering atau rusak dapat memperoleh manfaat dari oklusif.

Bahan Terbaik Untuk Perawatan Kulit Musim Dingin

Sekarang setelah kita memiliki pemahaman dasar tentang berbagai kategori produk perawatan kulit yang dapat bermanfaat, mari kita kenali lima bahan paling ampuh untuk memastikan kulit Anda tetap sehat dan ternutrisi dari rutinitas perawatan kulit musim dingin Anda.

Asam Hialuronat

Asam hialuronat merupakan salah satu humektan paling terkenal di pasar perawatan kulit dan menambahkan bahan ini ke dalam perawatan kulit musim dingin dapat menjamin kulit Anda tetap terhidrasi. Asam hialuronat dapat menahan 1000 kali bobotnya di dalam air dan formula perawatan kulit yang mengandung bahan ini membantu membawa air ke permukaan kulit Anda. Efek yang akan terasa? Kulit menjadi kenyal dan terhidrasi sehingga terlihat awet muda dan elastisitasnya meningkat. Kekurangan air bisa menjadi masalah utama selama musim dingin karena cuaca kering mengisap air dari kulit Anda. Menambahkan asam hialuronat ke dalam rutinitas Anda, bersama dengan bahan lain untuk membantu kulit menahan air, dapat membantu mengatasinya. Carilah toner dan pelembap yang mengandung bahan yang sangat bagus ini.

Seramid

Mengalami pengelupasan dan iritasi kulit di musim dingin? Seramid dapat menjadi sahabat baru Anda. Seramid merupakan lemak alami yang ditemukan di lapisan luar kulit kita dan meskipun sudah terdapat pada sel kulit, seramid berkurang seiring waktu. Menambahkan seramid ke dalam rutinitas perawatan kulit musim dingin Anda dapat membantu memperkuat pelindung kulit terhadap kondisi musim dingin yang keras yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Hilangnya kelembapan merupakan masalah umum di musim dingin, yang menyebabkan kulit kering, kaku, dan bertekstur kasar. Dengan membantu mencegah hilangnya air di lapisan luar kulit, seramid dapat mengunci kelembapan, menjaga kesehatan kulit sehingga kulit terasa nyaman, halus, dan bahkan tampak lebih muda. Iritasi juga merupakan keluhan kulit yang umum selama bulan-bulan musim dingin, baik dari kekeringan atau agresor eksternal yang dapat lebih mudah menembus kulit karena lemahnya pelindung kulit. Menambahkan seramid ke dalam perawatan kulit Anda dapat bekerja untuk melindungi kulit Anda dan membantu menenangkan serta mengurangi kemungkinan iritasi. Saya pribadi merasakan penggunaan seramid dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang sering saya alami dari cuaca yang lebih dingin.

Baik untuk pelembap bibir, krim wajah, atau pelembap tubuh, seramid merupakan bahan yang dapat diandalkan untuk perlindungan seluruh tubuh. Seramid bukanlah bahan yang mencolok dan terlalu menarik tetapi asam lemak ini bekerja sangat baik untuk memberi nutrisi serta meningkatkan kemampuan kulit kita untuk menahan air dan tetap sehat selama musim dingin.

Madu Manuka

Madu Manuka memiliki sejarah yang mengakar sebagai pengobatan topikal untuk berbagai macam kondisi kulit. Meskipun lebih dikenal karena khasiat penyembuhannya, produk madu Manuka dapat menjadi tambahan yang ampuh untuk rutinitas perawatan kulit musim dingin dan ditujukan untuk merawat bagian kulit yang kering.

Madu manuka merupakan bahan pelembap dan humektan, sehingga dapat menarik air ke dalam kulit dan membantu kulit mempertahankan air tersebut. Inilah yang benar-benar kita butuhkan saat cuaca dingin! Madu Manuka juga sangat ampuh untuk menenangkan kulit, jadi jika kulit terasa kasar atau teriritasi, produk ini menjadi pilihan yang cerdas. Jika pelindung kulit Anda terganggu, yang lebih sering terjadi selama musim dingin, ini membuat kulit Anda rentan terhadap bakteri, iritasi, dan kemungkinan berjerawat. Madu manuka memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat, lembap, dan tenang.

Propolis

Propolis dan madu adalah hal yang sama, bukan? Tidak! Meskipun propolis juga dikaitkan dengan lebah, propolis merupakan campuran alami dari lilin lebah, air liur lebah, serta material tanaman yang dibuat dan digunakan oleh lebah untuk membangun dan menutup sarangnya. Dalam perawatan kulit, propolis telah menjadi bahan yang sangat populer, dan seperti halnya madu Manuka, propolis memiliki fungsi ganda yang dapat merawat kulit selama musim dingin. Propolis sangat populer dalam perawatan kulit Korea.

Seperti madu Manuka, propolis dikenal luas karena sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamurnya. Meskipun tidak tampak seperti bahan khusus yang kita lihat untuk perawatan kulit khusus musim dingin, madu Manuka dapat membantu merawat kulit yang terasa pecah-pecah, rusak akibat cuaca, dan sensitif. Pelindung kulit yang melemah akibat cuaca kering dan dingin dapat menyebabkan berbagai efek pada kulit kita, dan sebagai bahan dengan fungsi ganda, propolis memiliki potensi untuk mengobati serta melindungi kulit dari masalah bakteri dan iritasi. Di saat pelindung kulit kita menghadapi lebih banyak tantangan selama musim dingin, menambahkan bahan-bahan ini ke dalam perawatan Anda adalah rencana yang tepat, seperti propolis dan madu Manuka, untuk membantu memulihkan dan merevitalisasi kulit kita.  

Skualan

Skualan adalah bahan yang sering diabaikan tetapi tidak boleh diremehkan. Ini merupakan minyak emolien dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit untuk melembapkan. Meskipun secara historis bersumber dari hati ikan hiu, untungnya sebagian besar skualan yang digunakan dalam perawatan kulit saat ini berasal dari tumbuhan. Pada tingkat yang paling sederhana, skualan merupakan pelembap yang menakjubkan. Skualan membantu menjaga pelindung kulit dengan meningkatkan lapisan pelindung dan memastikan kulit mempertahankan kelembapannya. Selanjutnya, lemak ini membantu menghaluskan kulit dan mengatasi bagian kulit yang kasar. Skualan juga dikenal memiliki sifat menenangkan, yang berarti dapat membantu mengatasi kemerahan dan iritasi yang mungkin dialami kulit Anda.

Skualan sering ditemukan dalam bentuk minyak, yang dapat ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit dalam berbagai cara. Secara pribadi, saya senang menambahkan beberapa tetes skualan pada krim malam sebagai nutrisi tambahan. Anda juga dapat menggosokkan beberapa tetes skualan di telapak tangan dan menepuknya dengan lembut ke kulit sebelum atau sesudah menggunakan pelembap. Cara apa pun yang dipilih, keduanya bekerja secara efektif untuk melembapkan dan menenangkan. 

Poin Penting

Kulit kita menghadapi banyak tantangan saat kondisi iklim dan cuaca berubah. Perubahan musim dingin yang nyata meliputi kulit yang terasa kasar, iritasi, kaku, kulit kering, mengelupas, dan ketidaknyamanan umum. Tetapi, jika Anda tidak melihat atau merasakan perubahan apa pun, penting untuk melindungi kulit Anda dengan metode yang mudah dan bahan-bahan bernutrisi ini. 

PENAFIAN: Blog ini tidak dimaksudkan untuk memberikan diagnosis, pengobatan, atau saran medis. Konten yang disajikan di blog ini hanya untuk tujuan informasi. Harap berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya terkait pilihan pengobatan atau diagnosis yang berhubungan dengan kesehatan atau medis. Informasi pada blog ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti saran dari profesional kesehatan. Klaim yang dibuat terkait produk tertentu melalui blog ini tidak disetujui untuk mendiagnosis, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit.