Orang-orang yang memiliki kulit bersih, bercahaya, dan tampak cerah tentunya memiliki kulit yang sehat. Sementara kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki penampilan kulit dari luar, kunci sebenarnya untuk kulit tampak muda adalah nutrisi yang tepat dan kebiasaan sehat yang menutrisi kulit dari dalam atau kecantikan dari dalam.

Selain strategi kesehatan pola makan dan gaya hidup mendasar, ada banyak senyawa alami yang dapat membantu, baik secara topikal maupun internal. Dan salah satu yang paling penting adalah suplemen makanan yang jarang diperbincangkan padahal sangat populer dalam olahan topikal untuk mencegah kerutan dan kekeringan yang menyebabkan kulit tampak lebih tua. Saya membahas tentang asam hialuronat (HA).

Apa Itu Asam Hialuronat?

Asam hialuronat merupakan salah satu bahan kimia yang paling penting dalam tubuh manusia. HA mendukung jaringan ikat longgar yang menahan kulit dan organ dalam pada tempatnya serta kekuatan jaringan ikat fibrosa seperti tendon, ligamen, dan tulang rawan. Intinya, asam hialuronat adalah "perekat" sebenarnya yang menyatukan tubuh kita. Zat ini bekerja sama dengan kolagen, protein utama jaringan ikat. Anggap saja kolagen sebagai batu bata di rumah bata dan HA sebagai mortar yang menyatukan batu bata.

Mempertahankan tingkat kesegaran HA (dan kolagen) dalam jaringan tubuh merupakan strategi antipenuaan yang penting. Salah satu penyebab munculnya garis dan kerutan pada kulit kita adalah karena hilangnya HA dan kolagen. Pada saat kebanyakan orang mencapai usia 70 tahun, kandungan HA dalam tubuh menurun sekitar 80% dari saat berusia 40 tahun. Setelah mencapai usia 45 tahun atau lebih, kadar HA di kulit mulai mengalami penurunan secara drastis.

Salah satu metode paling populer untuk meningkatkan HA dalam tubuh adalah melalui injeksi. Secara khusus, sejak tahun 2003, bentuk HA yang dapat disuntikkan telah disetujui untuk penggunaan medis serta banyak digunakan untuk menutupi kerutan wajah dan menambah volume bibir yang menipis. 

Injeksi hialuronat menyamarkan kerutan dengan menambah volume di bawah kulit untuk sementara waktu, dengan efek yang umumnya berlangsung selama enam bulan. Selain menggunakan bentuk asam hialuronat yang dapat disuntikkan untuk menutupi kerutan, bentuk HA yang dapat disuntikkan juga disetujui sebagai perawatan medis untuk membantu meredakan radang sendi.

Apakah injeksi menjadi satu-satunya cara untuk meningkatkan kadar HA? Tentu saja tidak. Suplementasi HA secara oral juga menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan kadar HA dan menghasilkan manfaat yang signifikan bagi kesehatan kulit maupun persendian. Aplikasi topikal HA pada kulit juga memiliki efek yang menguntungkan.

Manfaat Kesehatan dari Suplementasi Asam Hialuronat

Sebagian besar suplemen makanan HA yang diedarkan di pasaran dirancang untuk mendukung kesehatan sendi. Studi klinis telah memvalidasi keamanan dan efektivitas klinis suplementasi HA oral dalam meningkatkan kesehatan sendi. Dengan menggunakan HA yang sangat murni, para peneliti menemukan subjek yang diberi 200 mg HA per hari selama delapan minggu terbukti mengalami peningkatan yang signifikan dalam kesehatan sendi dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Studi klinis pada manusia juga menemukan suplemen HA oral dapat meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi kedalaman kerutan, serta meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit. HA bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kulit kering dan kasar. Suplementasi HA menunjukkan kemampuan luar biasa untuk meningkatkan kandungan air dalam kulit pada orang-orang ini. 

Sebagai contoh, dalam sebuah studi buta ganda, suplementasi HA menghasilkan peningkatan kandungan air dalam kulit yang signifikan sebesar 46% setelah empat bulan penggunaan pada orang-orang yang memiliki kulit kering dan kasar. Dengan hidrasi yang lebih tinggi, garis-garis halus menghilang atau memudar, dan kulit menjadi lebih bercahaya. Singkatnya, suplementasi HA dapat memperbaiki tampilan kulit secara signifikan. Dosis yang digunakan dalam uji klinis umumnya berkisar antara 120 mg HA setiap hari, dengan hasil yang terlihat setelah sekitar satu bulan penggunaan.

Manfaat Asam Hialuronat Topikal untuk Kulit

Asam hialuronat topikal menjadi bahan populer dalam produk kulit topikal. HA adalah humektan yang ampuh, artinya ini merupakan zat yang dapat menarik air. 

HA dapat menarik hingga 1.000 kali beratnya di dalam air. Selain mengonsumsi suplemen makanan HA untuk meningkatkan hidrasi kulit, mengoleskan HA secara langsung ke kulit juga terbukti membantu meningkatkan hidrasi kulit. Selain itu, HA topikal dapat menjadikan kulit terasa lembut dan lembap sepanjang hari.

HA topikal juga membantu melindungi dari kerusakan kulit serta memperlambat efek penuaan. HA dapat menjadikan kulit terasa ringan dan segar serta umumnya tidak menimbulkan jerawat atau memicu reaksi pada kulit sensitif.

Ingatlah bahwa penggunaan produk HA di iklim kering dapat memberikan hasil yang berbeda dengan penggunaan di iklim yang lebih lembap. Di iklim kering, HA mungkin tidak mampu menarik kelembapan yang cukup dari udara. Akibatnya, zat ini dapat menarik air dari cadangan kulit. Untuk mencegah efek ini di iklim kering, gunakan produk yang mengandung asam hialuronat dan campuran bahan pelembap lainnya alih-alih menggunakan produk yang hanya mengandung HA.

Referensi:

  1. Sato T, Iwaso H. An effectiveness study of hyaluronic acid(Hyabest® J) in the treatment of osteoarthritis of the knee on the patients in the United States. New Rem Clin. 2009;58(3)
  2. Michelotti A, Cestone E, De Ponti I, et al. Oral intake of a new full-spectrum hyaluronan improves skin profilometry and ageing: a randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial. Eur J Dermatol. 2021 Dec 1;31(6):798-805. 
  3. Sato T, Sakamoto W, Odanaka W, Yoshida K, Urushibata O. Clinical effects of hyaluronic acid diet for dry and rough skin. Aesthetic Dermatol 2002;12:109-20.
  4. Bravo B, Correia P, Gonçalves Junior JE, Sant'Anna B, Kerob D. Benefits of topical hyaluronic acid for skin quality and signs of skin aging: From literature review to clinical evidence. Dermatol Ther. 2022 Dec;35(12):e15903.
  5. Pavicic T, Gauglitz GG, Lersch P, Schwach-Abdellaoui K, Malle B, Korting HC, Farwick M. Efficacy of cream-based novel formulations of hyaluronic acid of different molecular weights in anti-wrinkle treatment. J Drugs Dermatol. 2011 Sep;10(9):990-1000.