Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan orang terkasih untuk liburan atau cara memanjakan diri Anda di Tahun Baru, berikut adalah beberapa rekomendasi dari saya! Produk-produk ini merupakan beberapa yang paling direkomendasikan oleh dokter naturopati dan dapat membantu Anda dan orang terkasih agar tetap sehat di Tahun Baru.

1. Inositol

Inositol merupakan isomer glukosa yang pernah dianggap sebagai vitamin B. Saat dikonsumsi sebagai suplemen, inositol memiliki efek yang sangat menenangkan. Inositol dapat digunakan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan pensinyalan hormon pada penderita disfungsi hormonal, terutama PCOS. Inositol tidak memiliki dosis toksik, tidak ada efek samping, dan memiliki banyak manfaat, termasuk potensi antioksidannya. Itulah sebabnya saya memberi tahu semua klien saya tentang inositol! 

Inositol merupakan bagian dari kit pertolongan pertama kesehatan mental yang saya rekomendasikan kepada klien saya agar selalu tersedia di rumah, karena mengonsumsi inositol dalam dosis besar sekaligus sering kali dapat membantu menghentikan serangan panik. Meskipun Anda harus selalu mencari tahu akar penyebab kecemasan dan bekerja sama dengan dokter pengobatan naturopati atau fungsional untuk menghilangkannya dari sumbernya, inositol dapat menjadi bagian penting dari rencana penyembuhan kesehatan mental alami dan harganya cukup murah. 

Anda dapat mengonsumsi inositol dalam bentuk bubuk atau pil. Anda dapat mencampurkan bubuknya ke dalam air dan meminumnya secara perlahan sepanjang hari—jumlah yang harus Anda konsumsi bergantung pada riwayat dan kebutuhan kesehatan Anda. Seperti biasa, konsultasikan dengan profesional medis Anda sebelum memulai suplemen ini, tetapi setelah Anda mendapatkan semuanya, nikmati ketenangan ekstra dan peningkatan kesehatan hormonal yang Anda alami sebagai hasilnya!

2. Kolagen

Pernah bertanya-tanya apa yang membuat kulit tampak sehat dan montok? Sebagian, ini berlimpah kolagen, yang mempertahankan kelembapan dan membantu memberikan tekstur kencang pada kulit kita yang meminimalkan kerutan. Kolagen terbuat dari vitamin, mineral, dan asam amino. Ini adalah kumpulan nutrisi yang sulit didapat dari suplemen individu atau makanan nabati. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan benar-benar memakan kolagen langsung dari mamalia atau ikan lain, dengan mengambil kolagen mereka dan mengeringkannya menjadi bubuk atau mengonsumsinya dalam bentuk kaldu tulang. Jika Anda cukup terhubung dengan cara makan nenek moyang Anda, Anda mungkin juga telah tumbuh dewasa melihat orang tua Anda mengunyah bahan tulang rawan yang melekat pada tulang hewan. Itu juga cara yang sah untuk mengonsumsi lebih banyak kolagen! 

Untungnya, metode pembuatan makanan modern telah membuat konsumsi kolagen mudah, enak, dan bahkan manis. Anda dapat menggunakan kolagen bubuk dalam cairan panas atau smoothie, menambahkan krim kolagen ke kopi, atau bahkan meminumnya sebagai pil kolagen. Kolagen terbuat dari tulang atau kulit ikan atau hewan, jadi bukan vegan. Jika Anda seorang vegan dan ingin meningkatkan produksi kolagen, cobalah a suplemen pembangun kolagen vegan, yang mengandung semua bahan yang dibutuhkan untuk membangun kolagen yang sehat dan menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

3. Vitamin B1 (Tiamin)

Tiamin terkuras oleh konsumsi alkohol, dan sulit untuk mencukupinya setiap hari melalui makanan karena sumber makanan utamanya adalah daging babi, ikan trout, dan kacang hitam. Anda juga bisa mendapatkannya melalui nasi yang diperkaya, sereal yang diperkaya, dan mie telur yang diperkaya. Jika Anda tidak sering mengonsumsinya, atau sering mengonsumsi alkohol, Anda bisa berisiko kekurangan thiamin. Oleh karena itu, saya menyarankan agar orang-orang yang suka minum juga mengonsumsi thiamin secara teratur. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Anda bisa mendapatkan suplemen B1, suplemen pendukung hati yang mengandung B1, atau multivitamin dengan setidaknya 1mg thiamin di dalamnya.  

4. Vitamin B6 (piridoksin)

Vitamin B6 atau piridoksin diperlukan untuk lebih dari 100 reaksi enzimatik yang berbeda dalam tubuh, termasuk yang kita gunakan untuk membangun protein dan menjaga gula darah kita tetap stabil. B6 juga diperlukan untuk metabolisme estrogen dan untuk membuat dopamin dan adrenalin, serta senyawa detoksifikasi utama kami seperti glutathione. Ini dapat membantu mengurangi kembung dan ketidaknyamanan selama fase luteal (dua minggu sebelum menstruasi) dan memperbaiki gejala PMS secara alami. Saya juga menemukan bahwa ini membantu memperbaiki suasana hati yang tertekan ketika ada riwayat konsumsi vitamin ini yang tidak memadai dalam makanan. 

Sumber makanan teratas dari B6 adalah buncis, hati sapi, tuna, salmon, dan dada ayam. Jika Anda tidak sering makan ini, maka melengkapi dengan B6 adalah strategi yang baik untuk tetap sehat dalam jangka panjang. B6 dapat diperoleh di sebagian besar multivitamin, tetapi bentuk terbaik untuk digunakan adalah pyridoxal-5-phosphate, atau P5P, karena merupakan bentuk B6 yang paling mudah diserap dan digunakan tubuh. RDI untuk B6 adalah 1,5 mg sehari untuk kebanyakan orang dewasa, jadi pastikan Anda mengonsumsi setidaknya sebanyak ini untuk membuat perbedaan dalam kesehatan Anda. Karena B6 larut dalam air, kami tidak menyimpannya, jadi konsumsilah suplemen Anda setiap hari atau berkomitmenlah untuk mengonsumsi makanan sumber B6 yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Kemudian, nikmati semua manfaat kesehatan yang menyertainya!

5. Vitamin D

Vitamin D adalah kekurangan vitamin #3 di AS, dengan antara 8-30% individu diperkirakan kekurangan atau tidak mencukupi. Itu tidak mengejutkan, karena vitamin D berasal dari minyak ikan cod, ikan trout, dan salmon, serta matahari, dan banyak orang Amerika tidak cukup mengkonsumsi makanan ini atau menghabiskan cukup waktu di luar. Saya telah menulis posting blog di bagaimana menyeimbangkan vitamin D dan keamanan matahari yang harus Anda baca jika Anda adalah seseorang yang mencoba membuat vitamin D sendiri dari sinar matahari. Tapi, lebih baik mengonsumsi suplemen jika Anda tidak yakin akan mampu mengonsumsinya dengan cukup vitamin D setiap hari. 

6. Multivitamins

Kami baru saja berbicara tentang banyak vitamin, dan Anda bisa membeli tiga pil berbeda untuk masing-masing jika Anda tidak hati-hati. Ini sebabnya multivitamins ditemukan, untuk mengemas vitamin yang paling sering dibutuhkan menjadi satu pil. Meskipun Anda tidak boleh mengandalkan multivitamin sebagai pengganti makanan untuk mendapatkan nutrisi, ini adalah asuransi nutrisi yang bagus untuk hari-hari Anda tidak bisa makan cukup makanan untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien Anda. 

Jika Anda termasuk orang di dunia yang berpikir (seperti dulu) bahwa mudah untuk mendapatkan semua vitamin, mineral, asam amino, serat, dan omega 3 Anda setiap hari dari makanan, saya mengundang Anda untuk melacak makanan Anda. selama satu hari menggunakan pelacak nutrisi seperti Cronometer atau MyFitnessPal. Anda akan terkejut betapa sulitnya memenuhi 100% RDI dari setiap nutrisi hanya dalam tiga kali makan dan dua kali camilan. Untuk alasan itu, saya merekomendasikan multivitamin “untuk berjaga-jaga.” Tidak ada salahnya, dan mereka memang membantu! Penelitian menunjukkan, misalnya, bahwa suplementasi dengan vitamin D dan vitamin B meningkatkan kadar nutrisi ini dalam darah pada orang yang mengonsumsi suplemen secara teratur. Ini memiliki dampak besar pada kesehatan, biasanya beberapa sen sehari. 

Ambil multivitamin setiap hari dengan makan siang atau makan malam untuk menghindari mual yang dapat ditimbulkannya saat perut kosong, dan cobalah untuk tidak meminumnya tepat sebelum tidur, karena vitamin B yang dikandungnya dapat merangsang. Jika Anda seseorang yang tidak bisa minum pil, pertimbangkan multivitamin bergetah atau multivitamin cair. 

7. Omega-3s

Omega-3s menjaga membran sel kita fleksibel, membuat sebagian besar lemak sehat di saraf dan otak kita, dan menjaga peradangan terkendali. Mereka adalah bagian dari rencana diet sehat yang sering diabaikan dan banyak orang tidak cukup mengonsumsi sumber omega 3 teratas dalam makanan mereka, termasuk benih lenanbiji chiakenari, dan salmon. Untungnya, mudah untuk mengonsumsi omega 3 sebagai pil. 

Saya sarankan minimal 1-2 gram setiap hari selain banyak mengonsumsi makanan sumber omega 3, tergantung riwayat kesehatan Anda. Anda harus bertanya kepada dokter Anda berapa banyak omega-3 yang tepat untuk Anda, terutama jika Anda memiliki gangguan pendarahan atau operasi yang akan datang, karena omega 3 dapat mengganggu pembekuan. Jika Anda mencari cara yang lebih mudah untuk menyertakan omega 3 ke dalam pola makan Anda, pertimbangkan untuk menambahkan chia dan rami ke dalam makanan yang dipanggang, mengonsumsi kenari dalam campuran trail atau sebagai camilan, dan membuat makan malam lezat dengan salmon sebagai sajian utama. 

Referensi:

  1. Centers for Disease Control and Prevention, et al. CDC’s Second Nutrition Report: A Comprehensive Biochemical Assessment of the Nutrition Status of the U.S. Population Report Measures 58 Indicators of Diet and Nutrition New Report Uses NHANES Results. 2012.
  2. “Office of Dietary Supplements - Omega-3 Fatty Acids.” Nih.gov, 2015, ods.od.nih.gov/factsheets/Omega3FattyAcids-HealthProfessional/. Accessed 20 Oct. 2021.
  3. “Office of Dietary Supplements - Thiamin.” Nih.gov, 2013, ods.od.nih.gov/factsheets/Thiamin-HealthProfessional/. Accessed 20 Oct. 2021.