Komunitas kecantikan telah bergeser dan berubah arah selama bertahun-tahun. Kecuali jika Anda tertidur selama 24 bulan terakhir, yang mana, wajar jika Anda melakukannya, semuanya menjadi sulit! Anda akan melihat peningkatan signifikan dominasi perawatan kulit di dunia kosmetik. Munculnya perawatan kulit juga memberi jalan bagi banyaknya tren perawatan kulit yang populer dan berkembang, yang mengantarkan kita pada pembahasan hari ini: minimalisme perawatan kulit. Dalam postingan ini, kita akan membahas asal mula tren perawatan kulit minimalis, dan cara memulainya. Mari kita selami lebih dalam.

Apa itu Minimalisme Perawatan Kulit?

Minimalisme perawatan kulit persis seperti kedengarannya, yakni rutinitas perawatan kulit minimal dengan biaya yang lebih sedikit, yang tetap mengatasi masalah perawatan kulit Anda dan memberikan hasil yang baik. Akan tetapi, dari mana tren ini muncul?

Pakar-pakar kecantikan dapat menengok kembali dan mengacu ke tahun 2015 saat komunitas kecantikan di ruang digital mulai berkembang. Perkembangan dunia kecantikan di internet, dan lebih khusus lagi aksesibilitas YouTube untuk tutorial dan cara, membuat konsumen tiba-tiba dapat mencoba dan bereksperimen dengan produk dan tren kecantikan secara nyaman di rumah. Penggemar kecantikan mulai menyerbu produk yang direkomendasikan oleh tokoh online favorit mereka, dan komunitas online, yang dipimpin oleh influencer, dibentuk. Fokus yang paling dititik beratkan saat ini adalah pada riasan, dan banyak lagi. YouTuber Kecantikan dengan bangga menampilkan seluruh ruangan yang didedikasikan untuk koleksi riasan yang sangat banyak, dan rata-rata konsumen membeli produk-produk ini dengan antusias.

Bagaimana Awal Mula Tren Ini Berkembang?

Tren riasan terus berlanjut selama beberapa tahun, tetapi pada awal pandemi, perawatan kulit jelas menjadi hal utama dalam ruang kecantikan. Masker dan bekerja dari rumah menjadikan riasan sebagai alat yang dikesampingkan bagi banyak orang. Merawat kulit merupakan ritual perawatan diri yang dapat dilakukan di ruang Anda sendiri, jadi tidak mengherankan jika hal itu menjadi lebih populer di saat kita hanya tinggal di rumah. Namun, sikap terhadap konsumerisme dalam kecantikan juga mengalami perubahan secara signifikan; kesadaran dan kepedulian orang-orang akan lingkungan semakin meningkat, dan kekuatan mega-influencer yang memamerkan koleksi mereka dan mendorong pembelian secara besar-besaran semakin surut. Konsumen, dan khususnya pembeli perawatan kulit, jauh lebih cerdas dan lebih terarah dengan keputusan pembelian. Skinfluencer, dengan latar belakang ilmu kosmetik, telah muncul dan menawarkan edukasi seputar bahan dan formulasi perawatan kulit. Puncak dari faktor-faktor ini telah menggiring tren yang berbeda dalam menghilangkan BS pada pemasaran perawatan kulit, meminimalkan rutinitas perawatan kulit, serta mencari bahan dan produk multifungsi. Minimalisme perawatan kulit telah terbukti! 

Cara Mengurangi Rutinitas Perawatan Kulit Anda 

Untuk memperjelas, saya tidak menentang rutinitas perawatan kulit yang panjang dan lama. Pilihlah yang paling Anda sukai! Rutinitas multilangkah berhasil bagi kebanyakan orang, termasuk saya sendiri, dan dapat menargetkan banyak fokus kulit sambil memberikan bentuk relaksasi dan terapi untuk penggemar perawatan kulit.  Sangat menyenangkan mencoba produk yang berbeda dan bermain dengan berbagai tekstur dan formula. Tetapi, daya tarik untuk mengurangi rutinitas Anda juga bisa menjadi nyata.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, menerapkan rutinitas yang lebih sedikit akan sangat bermanfaat dan Anda bisa menggunakan produk sederhana nan efektif yang Anda tahu dan yakini. Mengurangi rutinitas Anda dapat menghemat waktu, sering kali lebih ramah lingkungan, dan yang terpenting, menghemat uang. Anda dapat mengurangi jejak konsumen dan tetap berpegang pada rutinitas yang andal dan bisa dibilang jauh lebih mudah dikelola.

Mengurangi langkah perawatan kulit bisa menjadi proses yang rumit jika Anda terbiasa dengan rutinitas sepuluh langkah, maka dari itu, inilah lima area utama yang harus disertakan saat mencari rangkaian produk perawatan kulit yang lebih minimal.

1. Membersihkan: Menjaga kulit Anda tetap bersih merupakan dasar dari setiap rutinitas perawatan kulit yang baik, dan merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan. Membersihkan wajah Anda dari kotoran, debu, riasan, serta tabir surya seharusnya bukan hal yang sulit, dan menggunakan pembersih padat yang nyaman dan lembut di kulit sangatlah penting.

2. Hidrasi: Hidrasi merupakan langkah yang secara pribadi mengubah kulit saya saat saya mulai menggunakan toner menghidrasi dan serum. Saya mempelajari akan pentingnya hidrasi untuk semua jenis kulit saat pindah ke Korea Selatan dan mulai mengikuti rutinitas perawatan kulit ala Korea. Untuk meminimalkan langkah ini, gunakanlah serum toner yang menggabungkan fungsi untuk memperbaiki masalah perawatan kulit dan hidrasi.

3. Melembapkan: Melembapkan kulit diperlukan untuk semua jenis kulit untuk menjaga pelindung alami kulit Anda, baik menggunakan pelembap gel ringan untuk kulit berminyak, atau krim berbasis minyak yang sarat akan nutrisi untuk kulit kering. Mungkin saja serum Anda cukup melembapkan sehingga Anda tidak memerlukan ini sebagai langkah tambahan. Gunakan yang paling cocok untuk Anda, tetapi pastikan kulit Anda mendapatkan kelembapan yang diperlukan agar tetap sehat.

4. Melindungi: Tabir surya tidak boleh dilewatkan untuk semua jenis kulit dan warna kulit sepanjang tahun. Tabir surya tidak hanya mencegah tanda-tanda penuaan dini, kendati demikian ini merupakan manfaat terbesarnya, tabir surya secara signifikan mengurangi risiko kesehatan akibat penyerapan berlebih sinar UV yang berbahaya. Meskipun rutinitas perawatan kulit kita semakin sedikit, jangan menghilangkan langkah ini, dan ingatlah, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan pelembap atau produk riasan dengan tabir surya. SPF yang terkandung dalam produk tersebut tidak cukup untuk melindungi kulit Anda. Tetap gunakan tabir surya secara terpisah!

5. Merawat: Jika Anda ingin mengatasi masalah tertentu, baik itu pori-pori besar, diskolorasi, atau garis halus, Anda perlu mempertahankan langkah perawatan atau bahan dalam rutinitas Anda untuk mengatasi masalah ini secara aktif. Anda bisa menemukan serum untuk mengatasi masalah ini, yang juga dapat digunakan sebagai langkah untuk menghidrasi atau melembapkan kulit, atau tetap gunakan produk terpisah seperti produk eksfoliasi. 

Bahan Perawatan Kulit Multifungsi

Tidak diragukan lagi, perawatan kulit merupakan komponen utama dalam hal menua dengan penuh gaya. Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami berbagai perubahan termasuk munculnya garis-garis halus dan kerutan atau noda hitam, serta kehilangan cahayanya. Untungnya, kami memiliki tips, trik, dan produk yang dapat membantu meningkatkan rutinitas dan membuat Anda bersemangat dalam merawat kulit Anda saat ini. Menggunakan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. 

Jika Anda memutuskan untuk mengurangi rutinitas yang biasa dilakukan, ada bahan yang harus diperhatikan yang dapat berfungsi untuk mengobati berbagai masalah kulit dalam satu sentuhan. Ini merupakan bahan multifungsi favorit saya pribadi!

Lendir Siput

Resep kuno namun berkhasiat, khususnya dalam perawatan kulit masyarakat Korea, lendir siput memiliki banyak manfaat. Dua dari manfaatnya yang paling menonjol berdasarkan pengalaman panjang saya seputar produk lendir siput adalah fungsi memperbaiki sembari menenangkan sensitivitas kulit serta melembapkan kulit. Lendir siput membantu menenangkan sekaligus mendorong pertumbuhan sel baru untuk diperbaiki. Karenanya, saya mendapati lendir siput sebagai bahan yang dapat diandalkan saat kulit sedang sensitif, teriritasi, atau berjerawat. Dengan mendorong pertumbuhan sel baru, lendir siput juga berpotensi memudarkan garis-garis halus. Lendir siput juga melembapkan kulit, jadi Anda bisa menganggapnya sebagai pilihan menyeluruh untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan kulit.

Niasinamida

Niasinamida sangat umum dalam perawatan kulit orang Korea dan itulah yang membuat saya menjadi begitu akrab dengannya. Awalnya saya beralih ke produk yang mengandung niasinamida dengan tujuan untuk mencerahkan kulit, karena senyawa ini bekerja dengan baik untuk mengatasi pigmentasi dan warna kulit gelap. Tetapi, saya segera mengetahui bahwa itu merupakan bahan yang sangat serbaguna dan juga telah terbukti meningkatkan hidrasi sekaligus mengoptimalkan kinerja produk pelembap, mengurangi munculnya pori-pori, menenangkan kemerahan, dan secara keseluruhan membantu mengatasi efek penuaan dini pada kulit.

Propolis

Propolis merupakan pilihan yang tepat untuk bahan perawatan kulit serbaguna dan tersedia dalam berbagai jenis produk. Sejarah penggunaan propolis yang paling dikenal adalah untuk penyembuhan luka karena sifat antibakteri dan antiinflamasinya. Mereka yang memiliki jerawat serta iritasi atau kondisi kulit lainnya akan merasakan manfaat propolis yang luar biasa dalam menyembuhkan dan memperbaiki kulit, serta menenangkan dan mengurangi peradangan. Banyak produk propolis yang berfungsi untuk melembapkan yang membantu mengatasi beberapa area perawatan kulit utama sekaligus! 

Retinol

Retinol merupakan jenis retinoid, sekelompok turunan Vitamin A, dan dipuji-puji sebagai revolusionis dalam rutinitas perawatan kulit. Retinol, tersedia dalam produk OTC dengan resep yang keras atau yang lebih lembut, biasanya digunakan untuk mengurangi garis-garis halus atau untuk mengobati jerawat, karena bahan tersebut mempercepat pergantian sel dan meningkatkan kolagen. Retinol juga dapat mencerahkan, menghaluskan tekstur, meratakan warna kulit, dan mengontrol pori-pori. Retinol diketahui memberikan hasil yang baik, tetapi harus selalu dimulai secara perlahan untuk mengetahui toleransi kulit Anda.

Dari Multilangkah ke Multifungsi

 Kesimpulan: Meminimalkan rutinitas perawatan kulit dapat berarti bahwa Anda masih mendapatkan semua manfaat dari rutinitas biasa sambil menghemat waktu, uang, dan ruang di kamar mandi Anda! Produk dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, dan kita telah membahas berbagai bahan yang dapat mengatasi banyak masalah sekaligus. Rutinitas yang lebih panjang memang menyenangkan, tetapi apakah Anda mengetahui manakah yang akan memberikan hasil bagi Anda, dan apakah Anda akan konsisten dengan rutinitas tersebut? Jika tidak, mengurangi rutinitas perawatan kulit dapat menjamin Anda memilih produk yang sudah Anda ketahui dan rasakan manfaatnya bagi kulit, dan Anda dapat mengatur rutinitas yang efektif serta mudah untuk dilakukan. Menguntungkan, bukan? 

PENAFIAN: Blog ini tidak dimaksudkan untuk memberikan diagnosis, pengobatan, atau saran medis. Konten yang disajikan di blog ini hanya untuk tujuan informasi. Harap berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya terkait pilihan pengobatan atau diagnosis yang berhubungan dengan kesehatan atau medis. Informasi pada blog ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti saran dari profesional kesehatan. Klaim yang dibuat terkait produk tertentu melalui blog ini tidak disetujui untuk mendiagnosis, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit.