Mike Tyson dianggap sebagai salah satu petinju kelas berat terhebat sepanjang masa meskipun ada banyak rintangan yang menghalanginya untuk mencapai usia dewasa. Ia menjadi petinju termuda yang memenangkan gelar kelas berat di usia 20 tahun. Yang selalu saya sukai dari pria ini adalah betapa transparan dan nyatanya dia. Dikotomi ekspresinya tentang siapa dirinya bisa sangat ekstrem. Saya mengagumi kejujuran itu. Dia tidak takut menunjukkan kemanusiaannya kepada dunia. Pernah dikenal sebagai “Orang Paling Bengal di Planet Ini,” dia juga bisa menunjukkan sisi terdalam yang tak terduga dengan kerendahan hati, kesadaran diri, kerentanan, dan kepekaan.

Ia masih tetap tangguh di usianya yang ke-57. Akan tetapi, kini ia berfokus pada lawan yang berbeda, namun tetap imbang, yaitu penuaan. Melihat pola makan Mike, jelas sekali bahwa dia bermaksud untuk mendukung kesehatannya secara optimal melalui pola makan dan suplemen makanan. Ini merupakan program komprehensif yang menangani banyak target kesehatan dan fungsi tubuh yang berbeda. 

Belanja koleksi lengkapnya di sini.  

Yang ingin saya lakukan dalam ulasan ini adalah menjawab pertanyaan mendasar, “Mengapa Mike Tyson mengonsumsi suplemen ini?”  

Kebutuhan Suplemen Harian

Yang jelas, Mike Tyson memahami pentingnya membangun fondasi yang kuat. Kebanyakan atlet, pembangun, seniman, dll., mengetahui bahwa jika Anda ingin membangun atau menjadi ahli dalam suatu hal, itu dimulai dari hal-hal mendasar. Dalam hal suplemen makanan, Mike telah membangun dasar yang sangat baik. 

Orang-orang umumnya fokus membeli suplemen terbaru untuk masalah kesehatan utama mereka. Namun, jika tubuh kekurangan nutrisi “penting”, tubuh mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik. Mobil adalah analogi yang tepat. Jika banyak bagian penting yang hilang, rusak, atau tidak berfungsi, kulit terluar yang indah tak akan ada artinya.

Mari kita lihat kebutuhan suplemen harian Mike.

1. Multivitamin

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting. Faktanya adalah bahkan di Amerika Serikat, kekurangan satu atau beberapa vitamin atau mineral merupakan hal yang sering terjadi. Mike memberi tubuhnya cukup nutrisi penting dengan mengonsumsi multivitamin berkhasiat tinggi, yang disebut sebagai “polis asuransi nutrisi” Mike.

 Sebuah penelitian klinis pada manusia baru-baru ini yang dilakukan pada pria sehat berusia di atas 67 tahun menyoroti salah satu manfaat dari mengonsumsi berbagai suplemen vitamin/mineral, karena terdapat potensi peningkatan status nutrisi dan peningkatan produksi energi sel.1 

Pelajari selengkapnya:  Multivitamin: Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Bahan Bermanfaat Ini + 10 Bahan yang Harus Dihindari

2. Vitamin D3 

Sejumlah besar riset menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D cukup sering terjadi, terutama pada individu berkulit gelap. Uji klinis terbaru dengan suplementasi vitamin D3 menunjukkan manfaat yang signifikan. 

Pelajari selengkapnya: Alasan Mengapa Lebih dari 200 Ilmuwan Dan Dokter Menganjurkan Peningkatan Vitamin D Bagi Semua Orang.

3. Minyak Ikan 

 Minyak ikan berkualitas tinggi menyediakan konsentrasi asam lemak omega-3 rantai panjang EPA dan DHA yang tinggi, yang berperan penting dalam kesehatan sel di seluruh tubuh, terutama sel otak. 

Selain itu, suplementasi minyak ikan dapat membantu meningkatkan suasana hati. Sebuah uji klinis terbaru menunjukkan bahwa efek peningkatan suasana hati sangat berguna pada orang-orang yang menghadapi stres sosial yang cukup tinggi.4

Pelajari selengkapnya: Asam Lemak Omega-3: Manfaat + Alasan Mengapa Sangat Diperlukan.

4. Benfotiamina 

Benfotiamina merupakan bentuk tiamina atau vitamin B1 yang larut dalam lemak, yang lebih efektif dalam meningkatkan kadar tiamina darah. Benfotiamina yang dikombinasikan dengan asam R-alfa lipoat akan menghasilkan efek sinergis. Mike juga mengonsumsi asam R-alfa lipoat (dibahas di bawah ini).

Pelajari selengkapnya: Apa Itu Benfotiamina? Inilah Lima Manfaat Kesehatannya.

5. Mecobalamin (vitamin B12) 

Mecobalamin merupakan bentuk paling aktif dari vitamin B12. Karena B12 hanya ditemukan dalam makanan hewani, sangat penting bagi vegan, vegetarian, atau siapa pun yang tidak mengonsumsi makanan kaya vitamin B12 seperti daging dan ikan untuk melengkapi pola makannya dengan vitamin B12. Suplementasi mecobalamin dapat membantu beberapa orang meningkatkan kualitas tidur, kewaspadaan dan konsentrasi di siang hari, serta suasana hati. Dalam uji klinis terbaru terhadap subjek berusia di atas 45 tahun yang menunjukkan bukti penurunan fungsi mental, suplementasi vitamin B12 terbukti membantu meningkatkan perhatian, perhitungan, dan kemampuan visualisasi dibandingkan dengan kelompok kontrol.5   

Pelajari selengkapnya: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Vitamin B12 (Kobalamin).

6. Magnesium 

Asupan magnesium di Amerika cukup umum, karena rata-rata asupan hariannya hanya sekitar setengah dari Angka Kecukupan Gizi. Suplementasi magnesium dapat membantu mendukung berbagai aspek kesehatan Terkadang, manfaatnya terasa setelah kondisi kekurangan magnesium teratasi. Di sisi lain, hal ini disebabkan oleh peran magnesium dalam mengaktifkan reaksi dan proses kimia di dalam sel. Sebagai contoh, magnesium membantu mendukung kesehatan jantung.   Magnesium juga dapat memberikan efek menenangkan pada otak untuk membantu melawan stres dan meningkatkan kualitas tidur. 

Manfaat suplementasi magnesium dalam meningkatkan ketenangan dan kualitas tidur yang lebih baik diteliti dalam penelitian buta-ganda baru-baru ini pada pasien yang menjalani operasi jantung terbuka, di mana ini merupakan situasi yang sangat menegangkan. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi suplemen magnesium (500 mg per hari) mengalami kecemasan dan depresi yang lebih rendah serta kualitas tidur yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.6

Pelajari selengkapnya: Pentingnya Magnesium.

7. Kaldu Jamur 

Saya menyukai pilihan Mike yang ini. Kaldu jamur merupakan makanan super yang sudah ada sejak lama yang terbuat dari ragi yang dinonaktifkan (Saccharomyces cerevisiae). Ini merupakan sumber protein, vitamin B kompleks, dan mineral yang sangat baik. Kaldu jamur juga merupakan sumber yang kaya akan senyawa yang dikenal sebagai beta-glukan yang dapat mendukung kesehatan imun dan pencernaan.

Pelajari selengkapnya: Manfaat Kesehatan Kaldu Jamur + Resep Simpel

Suplemen Agar Tetap Aktif dan Awet Muda

1. Asam R-alfa Lipoat 

Asam R-alfa lipoat merupakan senyawa mirip vitamin yang terlibat dalam metabolisme energi. Dianggap sebagai antioksidan sempurna, asam R-alfa lipoat menetralkan radikal bebas yang larut dalam air dan lemak yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan.

Pelajari selengkapnya: Alasan Mengapa Asam Alfa-Lipoat Dianggap Sebagai Antioksidan Sempurna dari Alam

2. Kurkumin 

Mike menggunakan Theracurmin®, bentuk kurkumin dengan penyerapan dan dukungan ilmiah yang jauh lebih baik. Theracurmin® telah menunjukkan manfaat dalam uji coba terkontrol pada manusia untuk kesehatan sendi, hati, dan otak. Ini umumnya merupakan jaringan yang membutuhkan dukungan signifikan seiring bertambahnya usia. Pada usia 57 tahun, Mike memiliki riwayat stres di area tubuhnya tersebut. Dan seiring berlanjutnya olahraga pada tingkat elite, suplementasi kurkumin memberikan manfaat dengan membantu mengurangi nyeri otot dan peradangan setelah latihan.7

Pelajari selengkapnya: Kurkumin—Suplemen Terbaik untuk Antipenuaan.

3. Ginseng India 

Ginseng India merupakan salah satu obat herbal paling penting dan bersejarah di dunia. Mike mengonsumsi KSM-66, ekstrak Ginseng India terstandardisasi berkualitas tinggi yang memiliki banyak dukungan literatur medis. Ginseng India merupakan adaptogen dan telah menunjukkan hasil klinis yang mengesankan dalam membantu orang-orang mengatasi stres. Ginseng India juga dapat mengoptimalkan kadar energi, kualitas tidur, suasana hati, dan skor kualitas hidup.8 

Pelajari selengkapnya: Ginseng India—Suplemen Terbaik untuk Meringankan Stres

4. Kompleks Jamur Fungsional 

Jamur fungsional semakin populer, dan Mike Tyson sudah lebih dulu merasakan manfaatnya. Formulanya menghadirkan bubuk organik berspektrum penuh dari jamur berikut: Agaricus, Chaga, Cordyceps, Surai Singa, Maitake, Jamur Tiram, Reishi, Sanghwang, Shiitake, dan Turkey Tail. Target kesehatan yang dicapai dengan formula Mike ini antara lain mendukung fungsi imun dan otak serta memperpanjang umur.

Pelajari selengkapnya: 6 Jenis Jamur Fungsional: Khasiat, Resep Alternatif Kopi, Dan Lain-Lain.

5. Kompleks Perawatan Sendi 

Sendi Mike telah menerima pukulan keras dari latihannya di masa lalu, dan dia masih berlatih keras hingga saat ini. Jadi, persendiannya membutuhkan dukungan yang besar. Carilah kompleks perawatan sendi yang menyediakan koleksi komprehensif dukungan nutrisi khusus sendi, yang meliputi glukosaminkondroitinMSM dengan tingkat yang optimal, serta nutrisi penting lainnya untuk tulang rawan dan jaringan ikat. Ini merupakan pendekatan dengan manfaat yang “jauh lebih besar dari yang diperlukan” yang baik bagi kesehatan sendi. 

Pelajari selengkapnya: Dukungan Alami untuk Sendi.

6. Peptida Kolagen

Kolagen merupakan protein struktural yang penting untuk kesehatan jaringan ikat di seluruh tubuh, terutama kulit, sendi, dan tulang. Suplementasi kolagen menjadi cara yang tepat untuk mengoptimalkan bahan penyusun bagi tubuh untuk membentuk struktur kolagennya sendiri. 

Penelitian klinis menunjukkan manfaat suplementasi kolagen dalam meningkatkan kesehatan sendi, kulit, rambut, dan kuku. Penelitian ini umumnya memberikan dosis 5 gram sehari. Sebuah penelitian terbaru pada tahun 2023 menunjukkan potensi manfaat kesehatan dari suplementasi peptida kolagen pada orang dewasa paruh baya yang aktif seperti Mike. Subjek uji coba mengonsumsi plasebo, 10 g peptida kolagen, atau 20 g peptida kolagen setiap hari selama 9 bulan. Hasil menunjukkan bahwa konsumsi 10 sampai 20 g suplemen peptida kolagen setiap hari meningkatkan fungsi sendi dan persepsi nyeri lutut. Selain itu, peningkatan kualitas hidup dan fungsi mental juga dicatat dalam penelitian tersebut.9 

Pelajari selengkapnya: Peptida Kolagen: 4 Manfaatnya Bagi Tubuh Anda.

Kebutuhan Suplemen Kesehatan

1. Berberin

Berberin merupakan alkaloid yang ditemukan pada tanaman seperti goldenseal, barberry, dan goldthread. Ini merupakan salah satu senyawa tanaman yang paling banyak dipelajari dalam uji klinis buta-ganda. Manfaat kesehatan dari berberin meliputi aktivasi AMPk, perubahan menguntungkan pada mikrobiom, efek positif pada sistem imun, serta meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Pelajari selengkapnya: Panduan Singkat seputar Berberin.

 2. Formula Kesehatan Hati 

Hati merupakan organ terbesar kedua di tubuh (kulit adalah yang terbesar). Selain mendetoksifikasi senyawa berbahaya, hati melakukan lebih dari 500 pekerjaan terpisah. Saat hati bekerja terlalu keras atau tidak mendapat dukungan, hal ini dapat menyebabkan kadar energi yang rendah dan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Formula kesehatan hati yang komprehensif dapat membantu meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan. Bahan utama, seperti bentuk khusus dari milk thistle yang dikenal sebagai Siliphos, juga dapat disertakan. Siliphos dapat sangat membantu mendukung kesehatan hati karena dapat diserap lebih baik dan memiliki banyak manfaat dibandingkan ekstrak milk thistle biasa.12 Selain itu, carilah formula yang mengandung glukuronat. Hati menggunakan senyawa ini untuk mengikat racun guna membantu menyingkirkannya dari sistem. Faktanya, dari sekian banyak reaksi kimia yang terjadi pada sel hati, pelekatan glukuronat pada zat beracun dianggap sebagai yang paling penting.  Saat glukuronat dikonsumsi sebagai suplemen makanan, ini dapat membantu mengurangi stres pada hati dan meningkatkan kemampuan hati untuk mendetoksifikasi senyawa berbahaya.  Asam alfa-lipoat adalah komponen penting lainnya dari formula ini karena mampu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga membantu meningkatkan reaksi detoksifikasi. 

Pelajari selengkapnya: Ekstrak Milk Thistle: Manfaat, Detoksifikasi, Kesehatan Hati, dan Banyak Lagi.

3. N-asetilsistein (NAC) 

N-asetilsistein (NAC) merupakan bentuk asam amino sistein, yakni asam amino utama dari glutation. Suplemen makanan NAC umumnya dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar glutation dalam sel di seluruh tubuh. 

Selama 100 tahun riset, lebih dari 100.000 makalah ilmiah telah menetapkan bahwa mempertahankan kadar glutation seluler merupakan salah satu kunci terpenting dalam mempertahankan fungsi seluler yang tepat, kesehatan imun, dan memperlambat penuaan. Suplementasi NAC dapat meningkatkan kadar glutation dan sangat membantu dalam mendukung kesehatan hati, paru-paru, saluran pernapasan, serta saluran pencernaan.

Pelajari selengkapnya: Glutation: 5 Manfaat Utama Bagi Kesehatan + Pentingnya Bagi Fungsi Imun.

4. Formula Prostat Komprehensif 

Masalah prostat memengaruhi sekitar 50% pria berusia 50-an, 70% pria berusia 60-an, dan 80% pria berusia di atas 70 tahun. Formula yang mengandung campuran ekstrak herbal, nutrisi, dan fitokimia yang telah diteliti secara ilmiah untuk mendukung kesehatan kelenjar prostat sangatlah penting. 

Beberapa bahan yang mendukung pendekatan herbal untuk kesehatan prostat antara lain ekstrak saw palmetto, sterol tanaman, ekstrak jelatang yang menyengat, serta Pygeum africanumSelenium, vitamin D3 dan B6seng, dan likopen juga dapat memberikan manfaat. Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam mendukung kesehatan prostat.

Pelajari selengkapnya: 7 Suplemen Alami untuk Kesehatan Prostat.

Referensi: 

  1. Michels AJ, Butler JA, Uesugi SL, Lee K, Frei BB, Bobe G, Magnusson KR, Hagen TM. Multivitamin/Multimineral Supplementation Prevents or Reverses Decline in Vitamin Biomarkers and Cellular Energy Metabolism in Healthy Older Men: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Study. Nutrients. 2023 Jun 9;15(12):2691
  2. Heileson JL, Anzalone AJ, Carbuhn AF, Askow AT, Stone JD, Turner SM, Hillyer LM, Ma DWL, Luedke JA, Jagim AR, Oliver JM. The effect of omega-3 fatty acids on a biomarker of head trauma in NCAA football athletes: a multi-site, non-randomized study. J Int Soc Sports Nutr. 2021 Sep 27;18(1):65.
  3. Madison AA, Kiecolt-Glaser JK, Malarkey WB, Belury MA. Omega-3 fatty acids reduce depressive symptoms only among the socially stressed: A corollary of the social signal transduction theory of depression. Health Psychol. 2023 Jul;42(7):448-459.
  4. Zhou L, Bai X, Huang J, Tan Y, Yang Q. Vitamin B12 supplementation improves cognitive function in middle aged and elderly patients with cognitive impairment. Nutr Hosp. 2023 Aug 28;40(4):724-731.
  5. Saba S, Faizi F, Sepandi M, Nehrir B. Effect of short-term magnesium supplementation on anxiety, depression and sleep quality in patients after open-heart surgery. Magnes Res. 2022 Apr 1;35(2):62-70.
  6. Mallard AR, Briskey D, Richards BExSSc A, Rao A. Curcumin Improves Delayed Onset Muscle Soreness and Postexercise Lactate Accumulation. J Diet Suppl. 2021;18(5):531-542. 
  7. Mikulska P, Malinowska M, Ignacyk M, et al.. Ashwagandha (Withania somnifera)-Current Research on the Health-Promoting Activities: A Narrative Review. Pharmaceutics. 2023 Mar 24;15(4):1057. 
  8. Kviatkovsky SA, Hickner RC, Cabre HE, Small SD, Ormsbee MJ. Collagen peptides supplementation improves function, pain, and physical and mental outcomes in active adults. J Int Soc Sports Nutr. 2023 Dec;20(1):2243252. 
  9. Yi L, Maier AB, Tao R, Lin Z, et al. The efficacy and safety of β-nicotinamide mononucleotide (NMN) supplementation in healthy middle-aged adults: a randomized, multicenter, double-blind, placebo-controlled, parallel-group, dose-dependent clinical trial. Geroscience. 2023 Feb;45(1):29-43.
  10. Panigrahi A, Mohanty S. Efficacy and safety of HIMABERB® Berberine on glycemic control in patients with prediabetes: double-blind, placebo-controlled, and randomized pilot trial. BMC Endocr Disord. 2023 Sep 7;23(1):190. 
  11.  Méndez-Sánchez N, Dibildox-Martinez M, Sosa-Noguera J, et al. Superior silybin bioavailability of silybin-phosphatidylcholine complex in oily-medium soft-gel capsules versus conventional silymarin tablets in healthy volunteers. BMC Pharmacol Toxicol . 2019; 20 (1): 5.
  12. Al Alawi AM, Majoni SW, Falhammar H. Magnesium and Human Health: Perspectives and Research Directions. Int J Endocrinol. 2018 Apr 16;2018:9041694.
  13. Sasaki H, Sunagawa Y, Takahashi K, et al. Innovative preparation of curcumin for improved oral bioavailability. Biol Pharm Bull. 2011;34(5):660-5.
  14. Kanai M, Imaizumi A, Otsuka Y, et al. Dose-escalation and pharmacokinetic study of nanoparticle curcumin, a potential anticancer agent with improved bioavailability, in healthy human volunteers. Cancer Chemother Pharmacol. 2012 Jan;69(1):65-70.
  15. Sunagawa Y, Hirano S, Katanasaka Y, et al. Colloidal submicron-particle curcumin exhibits high absorption efficiency-a double-blind, 3-way crossover study. J Nutr Sci Vitaminol (Tokyo). 2015;61(1):37-44.
  16. Miglio F, Rovati LC, Santoro A, Setnikar I. Efficacy and safety of oral betaine glucuronate in non-alcoholic steatohepatitis. A double-blind, randomized, parallel-group, placebo-controlled prospective clinical study. Arzneimittelforschung. 2000 Aug;50(8):722-7.
  17. Rahmanabadi A , Mahboob S , Amirkhizi F , Hosseinpour-Arjmand S , Ebrahimi-Mameghani M . Oral α-lipoic acid supplementation in patients with non-alcoholic fatty liver disease: effects on adipokines and liver histology features. Food Funct. 2019 Aug 1;10(8):4941-4952.