Mugwort bukanlah bahan perawatan kulit yang terdengar paling cantik, tapi itu menjadi salah satu bahan yang mungkin pernah Anda dengar jika Anda adalah penggemar K-Beauty. Bukan hal yang aneh bagi industri kecantikan Korea untuk beralih ke bahan tertentu jika manfaatnya menjanjikan, dan selama beberapa tahun terakhir, merek kecantikan Korea telah merilis seluruh rangkaian produk perawatan kulit yang menggunakan mugwort sebagai bahan utama. Produk perawatan kulit ini sebagian besar berfokus pada efek menenangkan dari ekstrak herbal karena penggemar kecantikan terus mencari produk untuk membantu sensitivitas kulit. 

Seperti bahan populer lainnya dalam industri perawatan kulit K-Beauty, seperti favorit pribadi saya dari ekstrak pegagan atau lendir siput, kecintaan pada mugwort telah melekat kuat. Pada blog hari ini, kita akan membahas lebih dalam seputar manfaat mugwort dan beberapa produk kecantikan mugwort terbaik yang telah saya coba dan uji.

Apa itu Mugwort?

Sebelum kita masuk ke perawatan kulit mugwort, mari kita lihat apa itu mugwort dan dari mana asalnya. Mugwort, atau artemisia seperti yang mungkin Anda lihat pada label produk perawatan kulit Anda, merupakan nama umum untuk tanaman aromatik dalam keluarga artemisia. Sekarang ini mugwort tumbuh secara alami di berbagai tempat di seluruh dunia tetapi aslinya berasal dari Eropa dan Asia Timur; untuk berbagai produk perawatan kulit K-Beauty yang menggunakan mugwort, tanaman ini ditanam secara lokal di Korea Selatan. 

Mugwort secara historis menjadi bahan penting dalam pengobatan tradisional Korea dan bahkan cerita rakyat. Pengalaman pertama saya yang tak terlupakan dengan ssuk, nama Korea untuk mugwort, adalah ketika saya tinggal di Seoul dan sering mengunjungi jjimjilbang (pemandian). Saya berendam di pemandian yang mengandung mugwort, yang membantu meredakan nyeri, meningkatkan sirkulasi, dan membantu mengatur siklus menstruasi.

Tanaman ini memiliki banyak manfaat medis, termasuk penggunaannya yang terdokumentasi dengan baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan kesehatan menstruasi wanita, sedangkan minyak esensial dari mugwort dikenal memiliki beragam sifat termasuk antioksidan, antibakteri, antijamur, dan bahkan sifat penolak serangga. Sebagian besar deskripsi tanaman juga mencatat aroma aromatiknya. Aroma herbal sering digambarkan sebagai aroma yang menenangkan dan ini berperan dalam penggunaannya dalam produk kecantikan.

Apa Manfaat Mugwort bagi Perawatan Kulit?

Dalam penggunaan topikal, mugwort digunakan di seluruh pasar kecantikan Eropa, Amerika, dan Asia, namun, perusahaan Korea Selatan-lah yang telah menunjukkan minat nyata pada bahan tersebut dan menjadikannya sebagai fokus utama dari sekian banyak produk perawatan kulit dalam beberapa tahun terakhir. Uji coba berbasis sel yang dilakukan di Korea Selatan menunjukkan bahwa mugwort yang difermentasi memiliki efek positif pada pembentukan pelindung sel, regenerasi sel, penyembuhan luka, sintesis kolagen, dan perbaikan kerutan. Mengandung banyak antioksidan, mugwort dapat membantu melindungi kulit kita dari agresor lingkungan dan penuaan dini. Banyaknya kebaikan yang diperoleh menunjukkan bagaimana produk berbasis mugwort bisa sangat bermanfaat bagi pemiliki kulit sensitif yang ingin menenangkan dan memperkuat kulit mereka, serta berpotensi memperlambat proses penuaan kulit.

Mayoritas perawatan kulit mugwort yang kita lihat di industri perawatan kulit Korea ditargetkan pada kulit sensitif, berdasarkan bukti anekdotal dan uji coba seperti yang dijelaskan di atas, mugwort menunjukkan manfaat untuk regenerasi, meringankan, dan menenangkan kulit. Berbagai penelitian juga menunjukkan sifat antiinflamasi dari ekstrak mugwort, contohnya membantu meredakan gejala seperti gatal dan respons peradangan lainnya. Sensitivitas menimpa berbagai jenis kulit, mulai dari kulit yang rentan jerawat hingga kulit kering, sehingga produk mugwort dapat digunakan di seluruh spektrum jenis kulit.

Produk Perawatan Kulit Mugwort yang Menenangkan

I’m From Mugwort Essence


Salah satu lini perawatan kulit mugwort yang paling terkenal adalah dari merek kecantikan Korea yang populer, I'm From. Esens ini merupakan salah satu produk terlaris mereka dan terus dibagikan serta dibicarakan di komunitas perawatan kulit Korea online. Satu-satunya bahan dalam esens ini? 100% ekstrak olahan Artemesia yang tumbuh di Korea Selatan dan tidak ada yang lain! Formulanya juga vegan dan tidak diujicobakan kepada hewan. Esens-nya merupakan konsistensi berair yang khas dan mudah ditambahkan ke dalam rutinitas pagi dan atau malam hanya dengan menepuk-nepuk kulit secara perlahan setelah dibersihkan. Menyerap dengan cepat, terasa langsung menenangkan kulit, dan bekerja dengan baik untuk hidrasi ringan serta untuk melawan penuaan dini. 

Huangjisoo Mugwort Rescue Soothing Pads


Kapas toner menjadi sangat populer dalam perawatan kulit Korea selama beberapa tahun terakhir, dan keserbagunaannya menjadikannya pilihan yang tepat untuk rangkaian perawatan kulit Anda. Kapas bulat tipis ini direndam dalam cairan berbahan dasar mugwort dan digunakan setelah membersihkan wajah untuk melembapkan dan menyeimbangkan kulit sambil memberikan efek menenangkan. Merek ini melaporkan bahwa mereka menggunakan mugwort yang berasal dari laut yang dikombinasikan dengan ekstrak Pegagan untuk memberikan efek menenangkan dan perlindungan maksimal pada kulit. Saya pribadi juga suka menggunakan beberapa kapas ini di pipi saya sebagai penenang kecil bagi kulit wajah dan biarkan selama 10 menit! Rutin melakukannya dapat membantu mengurangi kemerahan dan panas di kulit saya dan membuat wajah saya terasa lembut dan tenang.

I’m From Mugwort Cream


Pelengkap ideal untuk I'm From Mugwort Essence adalah krim pelembapnya. Krim ini memiliki konsistensi gel-krim ringan yang terasa sangat halus di kulit. Saat Anda memijatnya, formulanya yang begitu ringan membuat kulit terasa sangat bernutrisi. Daftar bahannya menggabungkan manfaat mugwort yang menenangkan dengan berbagai ekstrak tumbuhan fermentasi lainnya dan elemen pelembap untuk memberikan efek antipenuaan dan menutrisi kulit. Meskipun saya menyukai sesuatu yang sedikit lebih berat di malam hari untuk kulit kering saya, produk ini saya gunakan di siang hari sebagai pelembap yang menenangkan kulit sepanjang hari, dan aroma herbal yang luar biasa menjadikannya tambahan yang tepat untuk rutinitas saya.

Masker dari Mugwort

I’m From Mugwort Beauty Sheet Mask


Bocoran: ini merupakan masker lembar tingkat atas! Bahan tipis, yang disebut bahan I Cell, terbuat dari 100% nabati yang dapat terurai secara hayati, dan yang terpenting, bahan ini sepenuhnya melekat pada kulit, membantu penyerapan esens secara maksimal. Masker ini sangat lembut, memungkinkan kulit untuk bernapas, dan dirancang khusus untuk kulit sensitif. Masker ini dibasahi dengan esens mugwort gel cair, mengandung 91,45% ekstrak mugwort Korea dengan tujuan meringankan dan menenangkan kulit. Wajah saya terasa sangat tenang setelah sekitar 20 menit pemakaian dan ada sisa-sisa esens yang cukup untuk digunakan di leher, dada, dan lengan saya. Sederhananya, ini merupakan salah satu masker lembar favorit saya yang saya coba tahun ini dan saya merasa puas dengan hasil yang diperoleh. 

I’m From Mugwort Beauty Mask


Jika Anda mencari pengalaman spa sesungguhnya di rumah, tak perlu mencari yang lain, cobalah masker pembersih yang mengandung mugwort tanah dari Pulau Ganghwa Korea. Aroma masker yang menenangkan merupakan pengalaman yang sesungguhnya dan menambahkan elemen sensoris yang menakjubkan pada produk. Konsistensi yang kental seperti gel mudah dihaluskan di wajah dan langsung memberikan sensasi dingin dan menenangkan. Saya lebih suka menggunakan spatula silikon untuk mengaplikasikannya, tetapi Anda juga bisa menggunakan jari Anda. Saat saya membilasnya, kulit saya terasa lembut, sehat, dan tidak kering sama sekali. Saya menggunakan produk ini sekali atau dua kali seminggu diikuti dengan berbagai esens dan serum yang menghidrasi untuk meremajakan dan memanjakan kulit saya sepenuhnya! 

Isntree Real Mugwort Clay Mask


Sudah sekitar satu tahun, perawatan pembersih dari merek K-Beauty Isntree ini telah menjadi masker tanah liat favorit saya. Masker tanah liat membantu mengontrol minyak berlebih, namun sering kali bisa membuat kulit menjadi kering dan kasar. Tetapi tidak untuk produk ini! Masker tanah liat ini diformulasikan secara khusus agar aman untuk kulit sensitif dan tidak membuat kulit kering. Formulanya mengandung enam jenis tanah liat yang berbeda untuk penyerapan sebum maksimum bersama bahan eksfoliasi dan hidrasi untuk menghaluskan kulit dan ekstrak mugwort yang memberi efek menenangkan. Saya pribadi merasa berhasil mengurangi sebum di sekitar hidung dan dahi saya, sekaligus menghilangkan kemerahan. Setelah menggunakan masker ini, saya mengoleskan cukup banyak lapisan hidrasi dan hasilnya membuat kulit saya lembut, tenang, dan bercahaya.

Apakah Mugwort Baik untuk Kulit Anda?

Eksistensi mugwort telah diakui di industri perawatan kulit dan popularitasnya semakin berkembang. Ada banyak produk mugwort yang bisa dipilih, terutama dalam K-Beauty, dan pilihan yang diulas di atas akan tetap menjadi rutinitas saya. Dengan bukti tradisional, ilmiah, dan anekdot yang mendukung manfaatnya, mugwort mewakili bahan yang ideal untuk semua jenis kulit, tetapi khususnya yang berurusan dengan sensitivitas. Sudahkah Anda mencoba produk mugwort?

Referensi: 

  1. Farooq Anwar, Naveed Ahmad, Khalid M. Alkharfy, Anwar-ul-Hassan Gilani, Essential Oils in Food Preservation, Flavor and Safety, (London, UK: Academic Press, 2016), 573-579
  2. Ekiert, Halina, Joanna Pajor, Paweł Klin, Agnieszka Rzepiela, Halina Ślesak, and Agnieszka Szopa. 2020. "Significance of Artemisia Vulgaris L. (Common Mugwort) in the History of Medicine and Its Possible Contemporary Applications Substantiated by Phytochemical and Pharmacological Studies" Molecules 25, no. 19 (2020): 4415. https://doi.org/10.3390/molecules25194415
  3. Seul Park, Y.; He Nam, G.; Jo Jo, K.; Won Kawk, H.; Yoo, J.-G.; Dong Jang, J.; Moon Kang, S.; Yong Kim, S.; Min Kim, Y.” Adequacy of the Anti-aging and Anti-wrinkle Effects of the Artemisia vulgaris Fermented Solvent Fraction.” Korean Society for Biotechnology and Bioengineering Journal, no. 34 (2019): 199-206 http://dx.doi.org/10.7841/ksbbj.2019.34.3.199
  4. Watanabe M., Nakata K., Monji K., Nayeshiro H., Makino T. “Studies on anti-inflammatory effects of Mugwort extracts.” Journal of the Society of Cosmetic Chemists of Japan. no. 28 (1994): 178–182. https://doi.org/10.5107/sccj.28.178


PENAFIAN: Blog ini tidak dimaksudkan untuk memberikan diagnosis, pengobatan, atau saran medis. Konten yang disajikan di blog ini hanya untuk tujuan informasi. Harap berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya terkait pilihan pengobatan atau diagnosis yang berhubungan dengan kesehatan atau medis. Informasi pada blog ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti saran dari profesional kesehatan. Klaim yang dibuat tentang produk tertentu di seluruh blog ini tidak disetujui untuk mendiagnosis, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit.