Sebagai dokter kulit dan ibu yang akan menjadi ibu pertama kali, saya telah menjelajahi web (dan rak-rak toserba) untuk mencari produk perawatan kulit yang aman bagi bayi. Semakin saya mempelajari bahan-bahannya, semakin banyak produk yang saya temukan dapat bermanfaat bagi orang dewasa juga! Produk yang dibuat untuk bayi cenderung lebih lembut, bebas pewangi, dan lebih cocok untuk kulit sensitif, dan saya pikir ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari perawatan kulit yang kita terapkan pada anak-anak yang amat kita cintai. Berikut ini adalah rangkuman produk bayi yang saya pikir dapat ditambahkan ke dalam rutinitas kita sendiri sesekali sebagai orang dewasa.

Pasta Seng Oksida untuk Ruam Popok

Saya tahu apa yang Anda pikirkan, mengapa produk ini direkomendasikan untuk orang dewasa? Ternyata sama seperti bayi yang mengalami ruam di pantatnya, banyak dari kita mengalami ruam di area tempat kita berkeringat atau di mana kulit kita bergesekan, seperti di bawah area dada atau di antara paha. Saya merekomendasi pasta seng oksida pada pasien setiap hari untuk memerangi jenis ruam ini. Oleskan lapisan tebal pasta ke kulit sensitif dan bersihkan di penghujung hari. Pasta ini akan melindungi kulit Anda dari keringat dan iritasi sepanjang hari.

Tabir surya

Kebanyakan tabir surya yang diformulasikan untuk bayi memiliki formula SPF 30-50, berspektrum luas (artinya menghalangi sinar UVA yang menyebabkan photoaging dan sinar UVB yang membuat kulit rentan terkena kanker kulit) dan terbuat dari mineral murni, baik seng oksida atau titanium dioksida.

Singkatnya, ada dua jenis tabir surya, yakni fisik dan kimia. Sederhananya, tabir surya fisik seperti seng oksida dan titanium dioksida berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari radiasi UV dengan membelokkan sinar. Tabir surya kimia menyerap radiasi UV dan mengubahnya menjadi energi panas. 

Tabir surya fisik, juga dikenal sebagai tabir surya mineral, cenderung menyebabkan iritasi dan alergi yang lebih ringan bagi orang-orang dengan kulit sensitif, dan saya juga merekomendasikannya untuk siapa saja yang akan terkena paparan matahari untuk jangka waktu yang lama (tentu saja, mengoleskan ulang setiap dua jam). Tabir surya bayi juga merupakan pilihan yang cocok untuk orang dewasa, terutama orang dewasa dengan kulit sensitif atau rentan iritasi!

Item lain yang dapat Anda cari meliputi tabir surya tahan air untuk atlet atau mereka yang berencana untuk berenang atau berada di dekat air, dan Anda selalu dapat mencari berbagai bentuk tabir surya. Sebagai contoh, terkadang tabir surya untuk anak-anak berbentuk semprotan, yang lebih mudah diaplikasikan pada anak-anak yang bergerak aktif, dan mudah menempel di punggung atau bagian yang sulit dijangkau untuk orang dewasa. Satu-satunya tips dari saya perihal tabir surya semprot adalah jangan menggunakannya langsung di wajah agar Anda tidak menghirup senyawa aerosol. Untuk anak-anak dan orang dewasa, semprotkan tabir surya aerosol ke telapak tangan, gosok secara bersamaan, lalu oleskan ke wajah. 

Tabir surya untuk bayi juga tersedia dalam bentuk stik tabir surya, yang lebih mudah untuk diaplikasikan. Saya suka menggunakan stik tabir surya untuk area sensitif di sekitar mata. Sering kali pasien saya menemukan bahwa tabir surya cair atau losion cenderung mengenai mata terutama pada hari-hari yang panas saat sedang berkeringat atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Stik tabir surya memiliki tekstur yang lebih berminyak dan lengket serta cenderung menempel di tempat yang dioleskan.

Salep Terapi Petrolatum

Petrolatum menjadi pilihan saya untuk melembapkan kulit kering yang pecah-pecah atau teriritasi. Petrolatum dapat digunakan sebagai pelembap tebal bebas pewangi atau dioleskan di atas luka dan goresan untuk melindungi kulit dan memberikan kelembapan untuk menyembuhkan. Saya merekomendasikan petrolatum kepada orang dewasa sebagai pelembap, terutama untuk pasien dengan kulit kering atau rawan eksem. Saat Anda keluar dari kamar mandi, saat kulit masih lembap, oleskan lapisan jeli di area yang Anda butuhkan. Anda dapat mengoleskannya di mana saja, seperti pada kutikula kuku, siku, lutut, atau bagian tubuh lainnya yang cenderung sedikit lebih kering dan memerlukan kelembapan ekstra. Saya juga sangat suka mengoleskannya sedikit ke bibir dan membiarkannya semalaman; ini berfungsi sebagai masker yang sangat menghidrasi dan Anda akan bangun dengan bibir yang halus dan lembap.

Pembersih Tangan Berbusa

Anda takkan percaya jumlah kasus kekeringan dan ruam tangan yang saya lihat dalam sehari! Banyak orang dewasa mengalami ruam tangan yang membuat gatal pada telapak tangan dan jari, biasanya karena iritasi atau paparan alergi. Salah satu iritasi terbesar yang menjadikan kulit tangan kering, gatal, dan bersisik sebenarnya karena Anda terlalu sering mencuci tangan. Sebagai calon ibu baru, saya tahu tangan saya akan terkena air sepanjang hari, mulai dari memandikan bayi hingga melakukan pekerjaan rumah. Salah satu cara untuk menghindari iritasi dan kekeringan pada tangan Anda adalah dengan menggunakan pembersih tangan agar Anda tidak terus-menerus mencuci tangan. 

Carilah pembersih tangan yang diformulasikan dengan bahan-bahan seperti ekstrak oat dan aloe untuk menenangkan kulit sensitif. Selain itu, perhatikan untuk membeli pembersih tangan bebas alkohol. Alkohol bertindak sebagai iritan kuat yang menjadikan kulit kering dan oleh karenanya menyebabkan penipisan pada pelindung kulit. Hindari alkohol di semua produk perawatan kulit Anda sebisa mungkin.

Tisu Tangan dan Wajah Bayi 

Alasan menggunakan tisu tangan dan wajah sama dengan alasan menggunakan pembersih tangan berbusa, yakni semakin jarang Anda terkena air dan bahan kimia (termasuk sabun), maka kulit Anda semakin terlindungi dari ruam dan kerak kering. Tisu tangan dan wajah berguna untuk membersihkan dan menyanitasi tanpa membuat kulit Anda terlalu kering. Cari tisu yang mengandung aloe, vitamin Eatau bahan menenangkan lainnya untuk membantu menenangkan kulit yang meradang.

Sabun dan Sampo Bayi 

Tidak pedih di mata, hypoallergenic, serta bebas paraben dan minyak mineral, sabun dan sampo ultra lembut yang dirancang untuk si kecil akan bekerja dengan baik untuk membersihkan rambut dan kulit orang dewasa juga. Saya menyukai produk yang berfungsi ganda sebagai sampo dan sabun mandi, sebab formulasinya yang halus cukup lembut untuk mencegah iritasi pada kulit orang dewasa yang paling sensitif dan teriritasi. Bonus tambahannya adalah sabun dan sampo bayi tidak mengiritasi mata, jadi jika Anda secara tidak sengaja memasukkannya ke mata, Anda takkan merasakan sensasi menyakitkan yang mengerikan itu!

Sabun Batang Bayi

Sabun batang bayi, menurut saya, lebih unggul dari sabun batang dewasa. Banyak sabun batang dewasa yang akhirnya membuat kulit benar-benar kering karena orang dewasa menyukai sensasi “bersih berderit” setelah menyabuni area tubuh. Sabun batang bayi, di sisi lain, secara khusus diformulasikan untuk memberikan hidrasi tambahan, karena menggabungkan krim pelembap langsung di dalam batangnya. Selain itu, sabun bayi dibuat tanpa pewarna, paraben, ftalat, dan hypoallergenic serta diformulasikan secara khusus dengan formula pH netral, bagus untuk kulit dewasa yang sensitif.

Minyak Bayi

Minyak bayi merupakan produk multifungsi yang baik, karena dapat digunakan untuk mengatasi kerak kering di kulit kepala dan kulit kering di bagian tubuh mana pun. Banyak bayi yang lahir dengan dermatitis seboroik, yang biasa disebut “cradle cap,” yang terlihat sebagai kerak kuning di kulit kepala. Minyak bayi sangat baik untuk melembapkan kulit kering tersebut. Bayi juga sering mengalami eksem, dan minyak bayi bisa menjadi cara yang lembut untuk melembapkan bagian yang kering tersebut. Orang dewasa juga dapat memperoleh manfaat dari efek pelembap minyak bayi yang lembut, pada area yang sama di tubuh.

Tambahkan produk-produk ini ke dalam rutinitas harian Anda, dan Anda akan memiliki kulit yang halus, lembut, dan sehat, seperti bayi.