Menjelang tahun baru ini, Anda mungkin ingin membuat perubahan yang dapat berdampak positif pada kesehatan Anda. Beberapa sasaran kesehatan tahun 2024 yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan antara lain tidur yang lebih baik, tingkat stres yang lebih rendah, dan energi yang lebih tinggi.

Sasaran Kesehatan 1: Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur adalah bagian yang sangat penting dalam kesehatan kita secara keseluruhan. Rekomendasi terkini menyarankan agar orang dewasa berusia 18 hingga 65 tahun sebaiknya mendapatkan tidur selama 7 jam atau lebih lama. Banyak orang tidak mendapatkan tidur malam sebanyak yang disarankan. Hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang tidak cukup dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, kanker tertentu, dan peningkatan risiko demensia. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas. Riset menunjukkan bahwa tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan peningkatan sekresi hormon yang meningkatkan nafsu makan, yang akhirnya menyebabkan pertambahan berat badan.

Mendapatkan tidur yang cukup mungkin salah satu sasaran kesehatan paling penting pada tahun 2024.

Kiat untuk Tidur yang Lebih Baik

Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Higiene Tidur yang Baik

Higiene tidur adalah serangkaian kebiasaan sehat yang membantu mendukung istirahat malam yang baik.

Beberapa aspek higiene tidur antara lain tidur di kamar yang gelap dan sejuk, naik ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan memiliki rutinitas sebelum tidur seperti mandi atau berendam dalam rendaman yang menentramkan. Penambahan lavender ke dalam rendaman mandi atau tidur dengan sedikit minyak esensial diteteskan ke bantal dapat membantu memperbaiki tidur.

Sebuah penelitian buta-ganda, acak, dan terkontrol berfokus pada efek minyak lavender pada tidur. Penelitian tersebut menemukan bahwa peserta yang menggunakan patch dengan minyak lavender dan higiene tidur melaporkan kualitas tidur yang lebih baik dan perasaan segar pada saat bangun.

Hindari Layar Sebelum Tidur

Menghindari cahaya biru yang dipancarkan layar sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Banyak penelitian menemukan bahwa paparan cahaya biru dikaitkan dengan penurunan kualitas tidur, rasa kantuk yang berkurang, dan durasi tidur yang lebih singkat.

Makanan untuk Tidur yang Lebih Baik

Menambahkan makanan yang mendukung tidur ke strategi higiene tidur yang kuat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebagai contoh, makanan seperti pistaciooat, dan beras hitam adalah makanan yang kaya akan melatonin, yaitu hormon yang mendukung tidur dan mengatur ritme sirkadian tubuh. Mengonsumsi segenggam pistacio atau 1/2 cangkir oatmeal 2 hingga 4 jam sebelum tidur dapat membantu memperbaiki tidur. Makanan lain yang kaya akan melatonin antara lain susu sapi, tomat, dan lentil.

Suplemen untuk Tidur yang Lebih Baik

Meski strategi higiene tidur yang kuat dan pola makan yang sehat mungkin sangat penting untuk tidur yang baik, penambahan suplemen dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

Melatonin

Sebagai contoh, beberapa orang dapat memperoleh manfaat dari konsumsi melatonin secara langsung untuk mendukung tidur yang lebih baik. Banyak penelitian menunjukkan bahwa melatonin dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Meski melatonin dapat bermanfaat untuk mendukung tidur, beberapa orang dapat mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi melatonin dosis tinggi dan lebih memilih bahan pendukung tidur lainnya.

Kersen

Meski kersen tidak seterkenal melatonin, penelitian menunjukkan bahwa kersen mungkin dapat membantu mendukung tidur yang lebih baik.

Sebuah penelitian buta-ganda, acak, dan terkontrol-plasebo bertujuan untuk mengukur efek sari buah kersen pada tidur. Penelitian tersebut melibatkan 20 peserta dan menemukan bahwa sari buah kersen dikaitkan dengan peningkatan waktu di atas tempat tidur, total waktu tidur, dan kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

Safron

Safron adalah rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativa. Riset menunjukkan bahwa safron dapat mendukung tidur yang lebih baik.

Sebuah penelitian buta-ganda, acak, dan terkontrol-plasebo berfokus pada efek safron terhadap gangguan tidur ringan hingga sedang. Penelitian ini melibatkan 66 peserta. Setelah 6 minggu, suplementasi safron meningkatkan kualitas tidur, menurunkan waktu yang diperlukan untuk tertidur, dan meningkatkan durasi tidur.

Sasaran Kesehatan 2: Mengurangi Tingkat Stres

Stres kerap kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari memulai olahraga baru hingga menyelesaikan proyek dengan tenggat ketat, stres berperan dalam menentukan cara tubuh merespons lingkungannya. Meski stres jangka pendek dapat membantu kita menyelesaikan proyek atau memenangkan lomba lari cepat, stres yang tidak diatasi dapat menimbulkan gangguan pada tubuh.

Penelitian menunjukkan kaitan antara stres tingkat tinggi dengan peningkatan risiko kematian. Stres jangka panjang telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit kardiovaskular, dan kesehatan mental yang buruk. Karena itu, salah satu sasaran utama untuk mencapai kesehatan yang lebih baik pada tahun 2024 adalah tingkat stres yang lebih rendah. Tingkat stres yang lebih rendah dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya dikaitkan dengan penurunan kematian, tetapi juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan lain, seperti kesehatan mental yang lebih baik dan tekanan darah yang lebih rendah.

Kiat untuk Tingkat Stres yang Lebih Rendah

Upaya mengurangi stres dapat mencakup bersyukur dan mindfulness (kesadaran penuh) serta menghabiskan lebih banyak waktu di alam.

Bersyukur

Salah satu cara yang dapat membantu mengurangi stres adalah bersyukur. Penelitian menunjukkan bahwa bersyukur dapat membantu mengurangi stres dan membawa pada pandangan yang lebih positif.

Dua penelitian jangka panjang mengikuti peserta yang sedang mengalami peristiwa hidup yang menekan, seperti semester pertama di perguruan tinggi. Dua penelitian tersebut menemukan bahwa bersyukur dikaitkan dengan tingkat stres dan depresi yang lebih rendah.

Menguasai Mindfulness

Mindfulness atau kesadaran penuh adalah praktik mengarahkan perhatian pada pikiran saat pikiran itu muncul, mengakui keberadaan pikiran tersebut dengan lembut, dan bersikap sadar sepenuhnya. Kebiasaan mindfulness telah menjadi populer karena potensi manfaat kesehatannya.

Penelitian-penelitian menunjukkan bahwa mempraktikkan mindfulness dapat membantu mengurangi stres. Sebuah studi meta-analisis yang meninjau data dari 20 penelitian berbeda menemukan bahwa mempraktikkan mindfulness dapat membantu mengurangi stres sehari-hari dan stres dari peristiwa hidup yang lebih besar.

Menghabiskan Lebih Banyak Waktu di Alam

Menghabiskan lebih banyak waktu di alam dapat bermanfaat untuk mengurangi stres. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang melibatkan 153 karyawan suatu perusahaan besar menyurvei para karyawan tersebut terkait respons mereka terhadap stres dan penggunaan mereka atas kawasan hijau milik perusahaan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa peningkatan kontak dengan lingkungan alam di luar ruangan dapat menurunkan rasa cemas secara signifikan. Penelitian-penelitian menunjukkan bahwa beberapa suplemen juga dapat membantu mengurangi stres.

Suplemen untuk Mengurangi Stres

Berikut ini adalah beberapa suplemen yang dapat membantu Anda menurunkan tingkat stres.

Ginseng India

Ginseng India dikenal luas sebagai adaptogen. Adaptogen, yang biasanya herba, membantu tubuh untuk mengelola stres dengan lebih baik. Adaptogen juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.

Riset menunjukkan bahwa ginseng India dapat membantu mengurangi stres. Sebuah penelitian buta-ganda dan terkontrol-plasebo menemukan bahwa ginseng India dikaitkan dengan penurunan persepsi kecemasan dan kadar kortisol pagi yang lebih rendah.

Kortisol adalah hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres.

L-teanin

L-teanin merupakan asam amino yang terkandung dalam teh hijau. Riset menunjukkan bahwa L-teanin dapat bermanfaat bagi orang yang mengalami stres mental. Sebuah studi tinjauan sistematik mengamati data dari 9 penelitian acak terkontrol pada manusia yang berfokus pada efek L-teanin pada stres dan kecemasan.

Studi tersebut menemukan bahwa L-teanin dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan pada orang yang sedang mengalami pengalaman hidup yang menekan.

Sasaran Kesehatan 3: Lebih Berenergi

Memiliki lebih banyak energi untuk dapat menyelesaikan semua tanggung jawab merupakan sasaran bagus untuk tahun 2024. Energi yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan produktivitas dan memperbaiki kualitas hidup.

Untuk memiliki energi yang lebih tinggi, kita mungkin perlu lebih banyak berolahraga dan meminum lebih banyak air.

Olahraga Dapat Membantu Meningkatkan Energi

Olahraga mungkin salah satu penambahan paling penting pada rutinitas kesehatan yang dapat meningkatkan energi.

Penelitian-penelitian mengaitkan aktivitas fisik dengan penurunan kelelahan dan tingkat energi yang lebih tinggi pada orang dewasa. Sebuah penelitian menyelidiki data yang berfokus pada olahraga dan tingkat energi orang dewasa dari 12 penelitian berbeda mulai dari tahun 1945 hingga 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang dewasa yang melaporkan olahraga rutin memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dibandingkan orang yang memiliki gaya hidup kurang gerak.

Meningkatkan aktivitas fisik bisa sesederhana melakukan jalan-jalan singkat setelah makan atau menggunakan tangga sebagai ganti naik lift.

Meminum Lebih Banyak Air Dapat Membantu Meningkatkan Energi

Air adalah salah satu senyawa paling melimpah dalam tubuh. Tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik karena air membantu melindungi, melumasi, dan membuang sampah.

Penelitian-penelitian menunjukkan bahwa meminum lebih banyak air dapat membantu meningkatkan energi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi airnya mengalami penurunan kantuk dan peningkatan energi.

Suplemen untuk Energi

Meski lebih banyak berolahraga dan minum air dapat membantu meningkatkan tingkat energi, beberapa suplemen dapat membantu mendukung peningkatan energi.

Koenzim Q10

Koenzim Q10, yang lebih dikenal sebagai coQ10, adalah suatu antioksidan yang dibentuk tubuh. Tubuh menghasilkan lebih sedikit coQ10 seiring pertambahan usia, yang dapat berkontribusi pada tingkat energi yang lebih rendah.

Sebuah studi meta-analisis mengamati data dari 14 penelitian dan menemukan bahwa suplementasi coQ10 dikaitkan dengan peningkatan energi yang signifikan.

Ginseng Siberia

Ginseng Siberia, yang dikenal juga sebagai Eleutherococcus atau eleuthero, adalah adaptogen yang dapat membantu meningkatkan energi. Sebuah uji acak terkontrol menemukan bahwa keparahan rasa lelah dan durasi peserta mengalami kelelahan sangat berkurang dengan suplementasi ginseng Siberia.

Poin Penting

Kesehatan yang lebih baik pada tahun 2024 dapat dimulai dengan tiga sasaran kesehatan utama: tidur yang lebih baik, tingkat stres yang lebih rendah, dan energi yang lebih tinggi. Pendekatan yang menyeluruh, yang melibatkan pola makan, perubahan gaya hidup, dan penggunaan suplemen, dapat membantu Anda mencapai sasaran-sasaran tersebut pada tahun 2024 dan seterusnya.

Referensi:

  1. Alex M. Wood, John Maltby, Raphael Gillett, P. Alex Linley, Stephen Joseph, The role of gratitude in the development of social support, stress, and depression: Two longitudinal studies, Journal of Research in Personality, Volume 42, Issue 4, 2008, Pages 854-871, ISSN 0092-6566, https://doi.org/10.1016/j.jrp.2007.11.003. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0092656607001286)
  2. Association of sleep duration in middle and old age with incidence of dementia. Sabia S, Fayosse A, Dumurgier J, van Hees VT, Paquet C, Sommerlad A, Kivimäki M, Dugravot A, Singh-Manoux A. Nat Commun. 2021 Apr 20;12(1):2289. doi: 10.1038/s41467-021-22354-2. PMID: 33879784.
  3. Chaput JP, McHill AW, Cox RC, et al. The role of insufficient sleep and circadian misalignment in obesity. Nat Rev Endocrinol. 2023;19(2):82-97. doi:10.1038/s41574-022-00747-7
  4. Chattu VK, Manzar MD, Kumary S, Burman D, Spence DW, Pandi-Perumal SR. The Global Problem of Insufficient Sleep and Its Serious Public Health Implications. Healthcare (Basel). 2018;7(1):1. Published 2018 Dec 20. doi:10.3390/healthcare7010001
  5. Howatson G, Bell PG, Tallent J, Middleton B, McHugh MP, Ellis J. Effect of tart cherry juice (Prunus cerasus) on melatonin levels and enhanced sleep quality. Eur J Nutr. 2012;51(8):909-916. doi:10.1007/s00394-011-0263-7
  6. Lillehei AS, Halcón LL, Savik K, Reis R. Effect of Inhaled Lavender and Sleep Hygiene on Self-Reported Sleep Issues: A Randomized Controlled Trial. J Altern Complement Med. 2015;21(7):430-438. doi:10.1089/acm.2014.0327
  7. Lopresti AL, Smith SJ, Malvi H, Kodgule R. An investigation into the stress-relieving and pharmacological actions of an ashwagandha (Withania somnifera) extract: A randomized, double-blind, placebo-controlled study. Medicine (Baltimore). 2019;98(37):e17186. doi:10.1097/MD.0000000000017186
  8. Lopresti AL, Smith SJ, Malvi H, Kodgule R. An investigation into the stress-relieving and pharmacological actions of an ashwagandha (Withania somnifera) extract: A randomized, double-blind, placebo-controlled study. Medicine (Baltimore). 2019;98(37):e17186. doi:10.1097/MD.0000000000017186
  9. Meng X, Li Y, Li S, et al. Dietary Sources and Bioactivities of Melatonin. Nutrients. 2017;9(4):367. Published 2017 Apr 7. doi:10.3390/nu9040367
  10. Okely JA, Weiss A, Gale CR. The interaction between stress and positive affect in predicting mortality. J Psychosom Res. 2017;100:53-60. doi:10.1016/j.jpsychores.2017.07.005
  11. Pachikian BD, Copine S, Suchareau M, Deldicque L. Effects of Saffron Extract on Sleep Quality: A Randomized Double-Blind Controlled Clinical Trial. Nutrients. 2021;13(5):1473. Published 2021 Apr 27. doi:10.3390/nu13051473
  12. Paul Grossman, Ludger Niemann, Stefan Schmidt, Harald Walach, Mindfulness-based stress reduction and health benefits: A meta-analysis, Journal of Psychosomatic Research, Volume 57, Issue 1, 2004, Pages 35-43, ISSN 0022-3999, https://doi.org/10.1016/S0022-3999(03)00573-7. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022399903005737)
  13. Pross N, Demazières A, Girard N, et al. Effects of changes in water intake on mood of high and low drinkers. PLoS One. 2014;9(4):e94754. Published 2014 Apr 11. doi:10.1371/journal.pone.0094754
  14. Puetz TW. Physical activity and feelings of energy and fatigue: epidemiological evidence. Sports Med. 2006;36(9):767-780. doi:10.2165/00007256-200636090-00004
  15. Sara P. Perrins, Usha Varanasi, Edmund Seto, Gregory N. Bratman, Nature at work: The effects of day-to-day nature contact on workers’ stress and psychological well-being, Urban Forestry & Urban Greening, Volume 66, 2021,127404, ISSN 1618-8667, https://doi.org/10.1016/j.ufug.2021.127404. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1618866721004313)
  16. Silvani MI, Werder R, Perret C. The influence of blue light on sleep, performance and wellbeing in young adults: A systematic review. Front Physiol. 2022;13:943108. Published 2022 Aug 16. doi:10.3389/fphys.2022.943108
  17. Zisapel N. New perspectives on the role of melatonin in human sleep, circadian rhythms and their regulation. Br J Pharmacol. 2018;175(16):3190-3199. doi:10.1111/bph.14116