Selama beberapa tahun terakhir, kecantikan Korea, yang juga dikenal sebagai K-beauty, telah menjadi perbincangan yang populer. Tampaknya perawatan kulit Asia hadir dan terus bertahan, bukan karena menyenangkan dan klise, melainkan karena perawatan ini benar-benar efektif. Jika Anda lebih suka perawatan kulit yang lebih mudah dibanding proses 10 langkah K-beauty yang populer tetapi masih ingin mencoba sesuatu yang baru, cobalah untuk menengok huruf alfabet lain: J.  

Ya, benar. J-beauty (atau kecantikan ala Jepang) bisa menjadi rejimen perawatan kulit Asia untuk Anda. Tanpa sadar, Anda mungkin pernah menggunakan beberapa produk kecantikan Jepang. Tahukah Anda bahwa pembersihan ganda, masker lembar, dan esens sebenarnya berasal dari Jepang? Beberapa produk perawatan kulit paling populer yang digandrungi di pasaran berasal dari Jepang. 

Jika Anda pernah mendengar tentang Jepang atau J-beauty dan bertanya-tanya apa itu, apa bedanya dengan K-beauty, dan apa manfaatnya, tak perlu mencari lagi. Hari ini kita akan mendalami seputar J-beauty sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda siap untuk menambahkan filosofi perawatan kulit ini ke dalam rutinitas kecantikan Anda.

Apa yang Membuat J-Beauty Berbeda dari yang Kita Ketahui?

Filosofi perawatan kulit Jepang berpusat pada pendekatan proaktif bukan reaktif. Target utama dari J-beauty adalah untuk menutrisi kulit, sehingga kulit menjadi cerah alami, lembut, bercahaya, terhidrasi, dan sehat. Cahaya alami tanpa ribet merupakan inti dari rutinitas J-beauty. 

Sebagian besar dari kita sudah mengenal dasar-dasar rejimen perawatan kulit J-beauty: membersihkan, mengencangkan, dan melembapkan kulit. Tetapi jika Anda menginginkan kulit bercahaya, menurut J-beauty, Anda harus mengambil langkah yang lebih jauh. 

Langkah-langkah dasar harian dari rutinitas perawatan kulit J-Beauty terdiri dari pembersihan ganda, menghidrasi dengan esens atau losion, merawat dengan serum, dan melembapkan kulit. Perlindungan terhadap sinar matahari, pengelupasan kulit, dan penggunaan masker secara berkala juga merupakan komponen dari rutinitas yang bermanfaat ini.

Meskipun sebagian besar dari kita di wilayah Barat terbiasa mengoleskan pelembap atau krim yang tebal, kecantikan ala Jepang mengusung penggunaan serum ringan, losion, emulsi, gel, dan susu yang diserap ke dalam kulit dengan sangat mudah. Dengan teksturnya yang tipis, produk-produk ini juga mudah melapisi satu sama lain dan terasa ringan di kulit.

Apa Perbedaan Antara J-Beauty dan K-Beauty?

K-beauty mungkin telah menggemparkan dunia barat dengan kemasannya yang trendi dan berbagai langkah perawatan kulit, tetapi J-beauty membawa perubahan yang menyegarkan bagi kita yang lebih menyukai rutinitas yang lebih simpel dan sistematis.

Baik J-beauty maupun K-beauty berfokus pada kulit yang bersih dan bercahaya, hidrasi, dan pentingnya tabir surya. Namun, ada banyak perbedaan utama di antara keduanya.

K-Beauty

K-beauty berfokus pada hasil instan, kemasan berwarna cerah, gimik, tren, dan bahan-bahan yang tidak biasa (lendir siput, ada yang pernah mencoba?). Dikenal akan rejimen perawatan kulit dalam beberapa langkah yang ekstensif, kesederhanaan bukanlah bagian dari permainan ini. Target akhir dari rutinitas K-beauty adalah untuk menghidrasi secara menyeluruh dan mendapatkan “kulit kaca”, kulit tak berpori, bercahaya, dan transparan. 

Rejimen K-beauty umumnya merupakan proses 10 langkah tetapi bisa menyertakan 15 langkah (atau paling sedikit 5 langkah jika Anda benar-benar mencoba untuk menyederhanakannya). Tak peduli berapa banyak langkah yang harus diikuti, rutinitas K-beauty yang khas mencakup tiga hal: 

  • Esens sebenarnya berasal dari Jepang tetapi menjadi kian populer berkat K-beauty. Esens merupakan cairan encer yang sangat ringan yang memberikan hidrasi intens saat mempersiapkan kulit sehingga produk yang diaplikasikan di atasnya lebih mudah diserap. Kita akan berbicara lebih jauh lagi seputar esens di bawah ini.
  • Ampul biasanya mengandung konsentrasi tinggi bahan aktif dan dikenal lebih ampuh dibandingkan serum.
  • Masker lembar yang berlimpah! Saya yakin sebagian dari kebangkitan K-beauty berasal dari popularitas masker lembar. Ada berbagai merek masker untuk setiap masalah kulit yang bisa ditambahkan ke dalam daftar keinginan.

Jika Anda adalah seseorang yang menikmati ritual perawatan kulit dan menyukai keragaman, kemasan yang lucu dan bermain dengan tekstur serta formula yang berbeda, K-beauty akan menjawab keinginan Anda.

J-Beauty

Kecantikan ala Jepang jauh lebih mudah, sederhana, dan halus. Lupakan gimik, warna-warna cerah yang lucu, dan yang paling penting, 10-15 langkah yang harus diikuti. J-beauty hadir untuk waktu yang lama dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memberikan hasil yang nyata. 

J-beauty berfokus pada estetika desain yang lebih sederhana dan hanya menggunakan beberapa langkah yang disengaja yang melibatkan produk multitugas untuk memberikan efektivitas maksimal. Rejimen perawatan kulit yang sistematis ini dirancang untuk memberi semua yang Anda butuhkan tanpa basa-basi. 

Berbeda dengan “kulit kaca,” target dari rutinitas J-beauty adalah “kulit moci,” dengan tekstur yang montok, kenyal dan halus, dengan tingkat kelembapan maksimal. 

Rejimen dasar kecantikan ala Jepang meliputi: 

  • Losion atau esens yang dioleskan ke kulit. Keduanya memberikan hidrasi yang intens dan tidak berminyak melalui penggunaan bahan-bahan alami. Teksturnya yang berair memungkinkan keduanya untuk menembus kulit secara mendalam.
  • Meskipun SPF menjadi bahan penting dalam rutinitas K-beauty dan J-beauty, Jepang dikenal dengan formulasi tabir suryanya yang canggih.
  • Minyak sangat berlimpah dalam perawatan kulit Jepang. Minyak digunakan untuk menghapus riasan selama proses pembersihan ganda dan untuk melembapkan kulit.

Sebagai seorang multi-tasker, saya menghargai keindahan dan kesederhanaan rutinitas J-beauty untuk wanita yang sibuk. 

Rutinitas Harian J-Beauty yang Sempurna

Ikuti langkah-langkah penting ini, dan Anda akan mendapatkan kulit cantik, cerah, dan bercahaya.

Langkah 1: Pembersihan Ganda

Komponen penting dari kecantikan Jepang adalah pembersihan ganda. Banyak orang Barat menambahkan pembersihan ganda ke dalam rutinitas malam mereka tanpa menyadari sejarahnya. Ritual pembersihan ini sudah ada sejak abad ke-14, saat pembersih minyak diperlukan untuk menghilangkan bedak putih tradisional wanita Jepang yang menempel di wajah. Setelah itu, pembersih berbusa digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa minyak. 

Dengan pembersihan ganda, langkah pertama dirancang untuk menghilangkan riasan yang menempel di kulit secara lembut tanpa mengelupas permukaannya, menghapus riasan di kulit Anda. Langkah kedua menghilangkan kotoran, minyak, dan membersihkan pori-pori sehingga kulit menjadi bersih dan siap untuk mengikuti langkah perawatan kulit selanjutnya. Sekarang mari kita bahas tentang proses pembersihan ganda dan produk yang digunakan.

Langkah pertama dari pembersihan ganda adalah menghapus riasan Anda dengan pembersih minyak. Balsam juga dapat digunakan untuk langkah ini, meskipun pembersih minyak lebih umum digunakan. 

Orang mungkin berpikir bahwa menggunakan balsam atau pembersih minyak kental dapat menyebabkan jerawat atau menyumbat pori-pori. Sebaliknya, produk-produk ini bekerja secara efektif menghilangkan kelebihan minyak, riasan yang menempel kuat, maskara (bahkan yang tahan air), dan tabir surya sekaligus memberi nutrisi pada kulit.

Pembersihan minyak (atau balsam) merupakan langkah pertama dari rutinitas kecantikan malam hari ala Jepang.

Setelah pembersih minyak atau balsam dibilas dari kulit dengan air, pembersih berbusa lembut digunakan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh dan mempersiapkannya untuk mengikuti langkah-langkah perawatan kulit selanjutnya. 

Karena proses pembersihan ganda secara menyeluruh nan lembut ini, banyak wanita menyadari bahwa mereka dapat membersihkan wajah hanya dengan air di pagi hari. Namun, jika Anda merasa air saja tidak cukup, gunakan pembersih berbusa lembut. 

Langkah 2: Kondisioner Kulit

Kondisioner kulit dalam perawatan kulit Jepang biasanya disebut dengan losion atau esens pertama. Sama seperti toner, losion atau esens digunakan sebagai langkah pascapembersihan dan juga memiliki konsistensi yang encer. Tetapi hanya sampai di situ persamaanya. Perbedaan utama antara losion Jepang dan losion barat (atau yang biasa dikenal sebagai toner) adalah bahwa kondisioner kulit ini tidak kasar dan tidak mengandung sifat astringen. Banyak yang tidak memiliki aroma dan terasa seperti air saat dioleskan ke kulit.

Losion dan esens Jepang memiliki bahan bermanfaat yang dirancang untuk menghidrasi dan melembutkan kulit bukan mengelupas kulit. 

Padahal, mengaplikasikan kondisioner kulit sebelum melembapkan kulit akan meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit. Karena tambahan kandungan airnya, kulit juga akan tampak lebih cerah dan sehat. Kerap kali, losion dan esens juga memiliki pengkondisian kulit yang menguntungkan dan sifat antipenuaan lainnya. Bahan kondisioner kulit yang umum adalah lidah buaya, asam hialuronat, dan seramid.

Karena konsistensi dan kandungannya, kondisioner kulit lebih mudah diserap ke dalam kulit dibandingkan jenis produk perawatan kulit lainnya. Kondisioner kulit juga mampu menembus kulit lebih dalam dan membantu mempersiapkan kulit untuk menerima produk yang akan diaplikasikan di atasnya.

Esens dan losion dapat digunakan pagi dan malam dan sebaiknya ditekan atau ditepuk-tepuk ke kulit dengan jari-jari Anda dibandingkan diusap ke seluruh permukaan kulit dengan kapas.

Langkah 3: Serum

Serum mengandung sebagian besar vitamin bermanfaat dan bahan aktif yang dioleskan ke kulit dan mengatasi masalah kulit tertentu seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik, kulit kering, atau kusam. Serum sering disalahartikan sebagai losion dan esens, tetapi konsistensinya sedikit lebih kental dan biasanya memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi.

Langkah 4: Pelembap

Fokus kecantikan ala Jepang adalah pelapisan, sehingga kulit tidak terbebani dengan produk berat. Alih-alih mengoleskan krim berat, J-beauty menggunakan gel, krim gel, susu, dan emulsi untuk menambah kelembapan pada kulit sambil menyegel bahan aktif dan hidrasi di bawahnya.

Langkah 5: Tabir surya

Jika ada satu produk perawatan kulit yang paling terkenal di Jepang, jawabannya adalah tabir surya. Tahukah Anda bahwa sistem peringkat UVA dikembangkan di Jepang? Benar sekali! Pada satu titik waktu, kita hanya mengetahui berapa banyak SPF (peringkat UVB) yang terkandung dalam tabir surya. Berkat teknologi Jepang yang canggih, kini kita dapat melihat tingkat perlindungan UVA yang diberikan produk tabir surya dengan melihat peringkat PA+ hingga PA++++-nya. 

Tabir surya Jepang dikenal karena teksturnya yang cepat menyerap, efektif, halus, dan tidak lengket. Wanita Jepang memakai tabir surya setiap hari, ke mana pun mereka pergi atau apa pun yang mereka lakukan, di dalam atau di luar ruangan. Masuk akal jika tabir surya Jepang dikenal karena formulasi terbaiknya yang sangat istimewa di dunia. Jika Anda belum mencobanya, mungkin sekaranglah saatnya!

Langkah Mingguan untuk Menyempurnakan Rutinitas J-Beauty Anda

Beberapa ritual kecantikan ala Jepang tidak perlu dilakukan setiap hari agar efektif. Menambahkan satu atau dua langkah ekstra ke dalam rejimen perawatan kulit Anda hanya sekali atau dua kali seminggu dapat menjadi perawatan yang memanjakan dan mampu memperbaiki kulit Anda lebih jauh lagi.

Eksfoliator

Anda tidak akan menemukan lulur atau alat yang keras dalam kecantikan ala Jepang. Kebanyakan lulur barat mengandung bahan-bahan seperti cangkang aprikot atau gula, yang dapat menyebabkan robekan kecil yang tidak terlihat di kulit. Kecantikan ala Jepang sangat menolak hal ini karena kelembutan menjadi prioritas utama. 

Sebagai gantinya, Anda akan menemukan gel dan eksfoliasi yang akan mengelupas kulit secara halus dan lembut. Eksfoliator Jepang dioleskan pada kulit kering, di mana eksfoliator mengikat minyak wajah Anda dan membentuk formasi bola kecil. Setelah memijat dan mengelupas, kulit yang lebih cerah dan lebih sehat akan terlihat.

Pengelupasan seminggu sekali sudah lebih dari cukup, meskipun, orang-orang yang memiliki kulit berminyak/kombo sebaiknya melakukan eksfoliasi sebanyak dua kali. 

Pijat Limfatik

Mempraktikkan pijat limfatik secara teratur dapat mengurangi munculnya pori-pori, bengkak, dan kerutan. Praktik ini juga dikenal mampu meningkatkan warna kulit dan sirkulasi serta meningkatkan elastisitas kulit, kadar kolagen, dan tentu saja, drainase limfatik. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan rol wajah atau dengan memijat wajah Anda dengan tangan. Bagaimanapun, kontribusi Anda pada perawatan wajah sangatlah besar!

Penggunaan Masker

Masker lembar sederhana merupakan bahan pokok yang menjadi target dalam setiap rutinitas kecantikan ala Jepang. Anggap penggunaan masker sebagai cara memanjakan diri setiap minggu. Jangan ragu untuk mencoba berbagai masker untuk melihat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. 

Akankah J-Beauty Membantu Mencapai Target Perawatan Kulit Anda?

Rutinitas dan produk kecantikan ala Jepang telah memberikan hasil antipenuaan dan tekstur kulit yang indah selama bertahun-tahun. Jadi, jika target Anda adalah memiliki kulit yang seimbang, tenang, dan terhidrasi sehingga Anda dapat meminimalkan riasan, ini bisa menjadi rangkaian perawatan kecantikan yang Anda butuhkan. 

Tergantung rutinitas kecantikan Anda saat ini, J-beauty bisa atau tidak memakan waktu lebih lama. Anda mungkin belum siap untuk melakukan perombakan perawatan kulit secara menyeluruh. Dalam hal ini, menambahkan produk J-beauty ke dalam rutinitas Anda saat ini masih bisa memberikan perbedaan besar dalam kemurnian, penampilan, dan kondisinya. 

Ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk rutinitas perawatan kulit yang mudah dan sederhana yang telah ada selama ratusan tahun. Saat suatu hal berhasil, artinya itu berhasil. Anda hanya perlu melihat kulit cantik wanita Jepang yang telah mempraktikkan J-beauty selama berabad-abad. Layak untuk dicoba, bukan?