Anda mungkin sudah memulai perubahan gaya hidup bebas gluten , dan mencari cara tambahan untuk mempertahankan diet baru Anda. Atau mungkin Anda telah mengikuti diet bebas gluten selama bertahun-tahun, tetapi sedang mencari ide baru. Panduan ini akan mengulas hal-hal penting seputar diet bebas gluten yang membuatnya lebih mudah untuk dilanjutkan atau jika ingin memulai kehidupan bebas gluten. Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya!

Apa itu Gluten?

Gluten merupakan segala sesuatu yang mengandung gandum, barli, atau gandum hitam. Selain itu, oat terkontaminasi gluten selama pemrosesannya, tetapi sertifikat bebas gluten dapat dibeli melalui beberapa perusahaan. Agar produk diberi label bebas gluten di Amerika Serikat, produk tersebut harus memiliki kandungan gluten kurang dari 20 ppm (bagian per juta). Ini merupakan jumlah yang dikatakan tidak memperburuk penyakit Seliak. Di negara lain, untuk mendapatkan label bebas gluten, kandungannya harus kurang dari 5 ppm.

Sertifikasi Bebas Gluten

Di sinilah hal tersebut menjadi rumit. Pertama, pelabelan bebas gluten bersifat opsional. Selain itu, pengujian untuk gluten dalam produk juga opsional. Jadi, jika Anda memiliki penyakit Seliak atau alergi atau kondisi yang sangat terganggu oleh kontaminasi gluten, Anda harus mencari produk bersertifikat bebas gluten. Sertifikasi ini berarti bahwa produsen menguji produk secara teratur. Ada berbagai logo dan label yang menunjukkan sertifikasi pada produk. Namun, hal terpenting adalah mencari kata “bersertifikat.” 

Esensi Diet Bebas Gluten

1. Suplemen Berlabel Bebas Gluten

Pelabelan bebas gluten pada suplemen juga bersifat opsional bagi produsen. Jadi, saat Anda mencari suplemen bebas gluten, Anda harus membaca deskripsi dan label bahan untuk melihat apakah produk tersebut bebas gluten. Bebas gandum tidak berarti bebas gluten, jadi penting untuk mencari istilah “bebas gluten.”

Gluten dapat ditemukan dalam pengisi pati pada suplemen seperti dekstrosa atau pati lainnya. Namun, secara umum, pati ini terbuat dari jagung atau beras. Terkadang, suplemen mencantumkan bahwa pati terbuat dari beras atau dengan jelas menyatakan bahwa produk tersebut bebas gluten. 

Sumber gluten umum lainnya adalah gandum yang mengandung gluten, rumput barli, atau oat. Rumput gandum secara alami bebas gluten, tetapi sering kali ada gluten yang menyelinap masuk selama proses produksi dari seluruh pabrik. Oleh karena itu, produk yang mengandung rumput gandum atau oat harus menyatakan bahwa produk tersebut bebas gluten.

2. Oat Bersertifikat Bebas Gluten

Seperti yang sudah disebutkan, Anda mungkin harus mencari oat yang bersertifikat bebas gluten saat mengikuti diet bebas gluten. Oat dan oatmeal secara alami bebas gluten tetapi sering terkontaminasi dengan gandum, barli, atau gandum hitam selama proses produksi.

Oat bersertifikat bebas gluten mulai muncul di sebagian besar toko kelontong, namun, ini merupakan item yang mungkin perlu Anda beli secara online atau di toko makanan kesehatan, tergantung ketersediaan di daerah Anda. 

3. Kinoa

Kinoa sebenarnya merupakan biji-bijian semu yang berarti secara teknis adalah benih! Oleh karena itu, kinoa secara alami bebas gluten dan juga dilengkapi dengan protein. Ini menjadikan kinoa sebagai bahan pokok dapur yang wajib Anda sertakan ke dalam makanan apa pun sepanjang minggu. Anda bahkan dapat mengganti sarapan Anda dari krim gandum atau sereal biasa menjadi kinoa yang dimasak. Masak saja sesuai dengan petunjuk pada kemasan, kemudian taburi dengan buah, kacang, dan rempah-rempah favorit Anda!

4. Tepung Kue Bebas Gluten

Item ini wajib Anda miliki jika Anda gemar memanggang di rumah.  Campuran tepung bebas gluten ini umumnya merupakan campuran tepung tapioka, beras, dan/atau kentang. Produk ini menawarkan kemudahan untuk menggantikan tepung berbasis gandum menjadi campuran tepung bebas gluten. Anda dapat membuat kue, muffin, panekuk, dan banyak lagi. Pilihan lainnya adalah mengganti tepung terigu dengan tepung almon atau tepung kelapa atau tepung kacang. Campuran tepung bebas gluten kian marak di toko bahan makanan setempat, tetapi mungkin hanya satu merek yang dijual. Jika Anda mencari campuran khusus bahan bebas gluten, cobalah untuk membelinya secara online.

5. Kulit Tortilla Bebas Gluten

Kulit tortilla bebas gluten menjadi pilihan yang layak saat menyiapkan makan siang cepat. Ada banyak pilihan kulit tortilla bebas gluten baru yang tersedia di pasaran seperti kulit tortilla kelapa. Beberapa kulit tortilla ini mungkin diberi label sebagai “paleo,” yang berarti dibuat tanpa biji-bijian. Alih-alih biji-bijian, kulit tortilla ini sering menggunakan campuran benih, kelapa, dan/atau tapioka. 

Produk seperti ini memberikan sedikit lebih banyak lemak dan protein untuk menjaga agar makanan tetap seimbang dan bernutrisi. Anda akan menemukan ada banyak sekali pilihan kulit tortilla atau kraker bebas biji-bijian yang memberikan variasi untuk makan siang dan membantu menyeimbangkan gaya hidup bebas gluten. Kami biasa membeli kulit tortilla kelapa secara online karena umumnya ada lebih banyak variasi rasa dan ketersediaannya. Selanjutnya, cukup tambahkan isian makan siang biasa seperti daging tanpa lemak atau legum, sayuran, dan bumbu pilihan Anda ke dalam roti!

6. Pasta Bebas Gluten

Produk ini menjadi salah satu pilihan favorit saya untuk makan malam di hari kerja dan bahan pokok yang harus tersedia di dapur. Pasta lentil, buncis, atau kacang polong secara alami bebas gluten dan tinggi protein untuk membantu menjaga agar makanan malam hari tetap sederhana. Pilihan lain yang menawarkan rasa paling ringan untuk si pemilih makanan adalah pasta beras merah, yang memiliki rasa yang enak mirip dengan pasta gandum biasa dan menawarkan pilihan gandum utuh. Anda bisa mencari pasta bebas gluten lainnya yang merupakan campuran jagung, kinoa, dan/atau nasi. Produk ini lebih mudah ditemukan di toko bahan makanan setempat. Namun, jika Anda menginginkan bentuk atau bahan tertentu, lebih baik berbelanja secara online.

7. Adonan Kerak Pizza Bebas Gluten

Mungkin di daerah tempat tinggal Anda tidak ada yang menjual pizza bebas gluten, dan Anda harus membuatnya sendiri. Atau, Anda mungkin ingin lebih sering memasak di rumah. Menyimpan adonan kerak pizza di rumah akan mempermudah Anda saat menginginkan pizza untuk menu makan malam. Produk ini merupakan adonan kering yang cukup ditambahkan dengan air untuk membuat adonan. Prosesnya jauh lebih sederhana dibandingkan adonan pizza biasa: cukup campur dan panggang! Selanjutnya, tambahkan topping favorit Anda, dan Anda siap untuk menikmati makan malam dengan pizza.

8. Kecap Nira Kelapa

Kecap umumnya mengandung gandum dalam pengolahannya. Anda juga dapat membeli kecap berlabel bebas gluten. Ini hanyalah kecap yang dibuat tanpa gandum dan aman untuk gaya hidup bebas gluten. Kecap nira kelapa adalah pengganti untuk kecap asin biasa. Kecap nira kelapa memiliki rasa yang sangat mirip dengan kecap asin dan terbuat dari getah pohon kelapa. Anda juga bisa menemukan saus teriyaki dari nira kelapa, di mana umumya saus teriyaki menggunakan gandum dari kecap sebagai bahannya. Kecap nira kelapa bisa digunakan untuk menumis makanan dan mempermudah makan malam Anda di hari-hari kerja. 

9. Pati Umbi Garut atau Pati Jagung

Keduanya merupakan bubuk pati bebas gluten yang digunakan untuk mengentalkan makanan. Bubuk pati umbi garut adalah pati dari beberapa tanaman akar tropis. Salah satunya bisa menjadi pilihan Anda untuk mengentalkan sup atau saus. Terkadang keduanya juga digunakan dalam masakan panggang. Secara umum, tepung terigu digunakan untuk membuat saus atau mengentalkan sup. Tapi, Anda dapat dengan mudah menggantinya dengan pati bebas gluten! Produk ini sangat membantu di masa liburan saat Anda lebih sering memasak saus.

10. Perawatan Pribadi Bebas Gluten

Yang terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, Anda harus memperhatikan produk perawatan pribadi jika Anda sensitif terhadap gluten. Terlebih lagi, carilah produk perawatan pribadi bebas gluten dan kosmetik bebas gluten yang Anda pakai di wajah seperti lipstik dan krim wajah. Losion merupakan produk perawatan pribadi yang pada umumnya mengandung gandum. Ini lebih sulit dikenali pada label karena mungkin tidak ada deskripsi bebas gluten pada produk. Lebih baik membaca daftar bahan dan mencari gandum sebagai bahannya. 

Poin Penting

Gaya hidup bebas gluten tidaklah sulit. Tantangannya adalah item bebas gluten mungkin tidak tersedia di kota Anda. Atau, mungkin Anda tidak yakin apa lagi yang harus disertakan dalam diet Anda. Untungnya, selama lima tahun terakhir, produk bebas gluten kian marak dijual di toko dan pasar online. Setelah dapur Anda terisi dengan beberapa item penting ini, pola makan bebas gluten tidak lagi membuat Anda stres dan menjadi semakin mudah. 

Referensi:

  1. Biesiekierski JR. What is gluten? Journal of Gastroenterology and Hepatology. 2017;32(S1):78-81. doi:10.1111/jgh.13703
  2. Home. Gluten Intolerance Group of North America - GFCO. Accessed June 29, 2021. https://gfco.org