Seiring bertambahnya usia, kulit kita mengalami serangkaian perubahan karena berbagai pemicu lingkungan yang telah memberikan paparan selama bertahun-tahun. Perubahan yang terjadi sebagai respons terhadap racun seperti polusi, radiasi UV dari sinar matahari, stres, dan tembakau dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi kendur disertai kerutan dan perubahan warna berupa bintik hitam dan putih. Antipenuaan telah menjadi industri bernilai miliaran dolar, tetapi apa saja bahan yang benar-benar berfungsi untuk melawan perubahan ini?

‌‌‌‌Apa Penyebab Penuaan pada Kulit?

Sebelum kita membahas bahan-bahannya, mari kita lihat apa yang dilakukan penuaan terhadap kulit pada tingkat sel. Ada dua jenis penuaan: penuaan alami yang terjadi seiring berjalannya waktu, dan photoaging, yang disebabkan oleh sinar matahari. Seiring waktu, kulit kita kehilangan elastin, yang membuat kulit kenyal dan elastis, serta kolagen, yang membantu menjaga struktur kulit. Kita juga kehilangan asam hialuronat, yang merupakan humektan alami yang membantu kulit mempertahankan kelembapan. 

Lalu ada penuaan akibat sinar matahari, yang terjadi akibat radiasi UVA dan UVB. Hal itu menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar, pertumbuhan pembuluh darah dan bintik-bintik merah, perubahan warna cokelat, dan kerutan.

Sekarang setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan penuaan pada kulit, bahan apa saja yang bisa dicari untuk ditambahkan ke dalam rejimen perawatan kulit untuk mencegah dan mengatasi perubahan ini? Kita akan membahas tiga bahan penting hari ini: vitamin C, asam hialuronat, dan antioksidan.

‌‌‌‌Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, merupakan sejenis antioksidan yang membantu menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan polutan seperti radiasi UV, asap, dan stres. Vitamin C memiliki beberapa manfaat bagi kulit, yakni dalam hal produksi kolagen, memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, bahkan mencerahkan kulit yang gelap serta memudarkan flek hitam.

Saya sudah menyebutkan sebelumnya bahwa kolagen merupakan senyawa yang memberi kulit Anda struktur dan mempertahankan bentuknya. Vitamin C sebenarnya diperlukan dalam langkah penting pembentukan kolagen. Para peneliti telah menemukan bahwa vitamin C dapat membantu sel-sel kulit dalam cawan petri menghasilkan lebih banyak kolagen, dan secara teori, vitamin C yang digunakan pada kulit manusia dapat membantu menghasilkan lebih banyak molekul ini yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

Vitamin C memberikan manfaat antipenuaan melalui sifat antioksidannya dengan mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan polutan. Penggunaan vitamin C secara teratur membantu meminimalkan serta mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Vitamin C juga membantu memudarkan dan mencegah berkembangnya bintik-bintik cokelat dan kulit yang menggelap akibat sinar matahari dalam beberapa cara. Pertama, vitamin C menghambat langkah tertentu dalam produksi melanin, atau pigmen, di kulit. Kedua, melalui sifat antioksidannya, ia mengubah melanin, atau pigmen di kulit, menjadi bentuk yang tidak berwarna, bukan tampilan warna cokelat gelap.

Vitamin C selalu berubah-ubah dan sulit untuk distabilkan, dan Anda harus berhati-hati dengan formulasi yang dibeli guna memastikan bahwa produk yang Anda gunakan benar-benar memberikan manfaat sesuai klaim. Vitamin C dapat terurai oleh cahaya, panas, dan paparan oksigen, jadi pastikan untuk menyimpan vitamin C di tempat yang dingin dan gelap (seperti lemari es), dan bungkus botolnya dengan aluminium foil untuk mencegah paparan cahaya. Apabila berubah warna menjadi tembaga gelap atau cokelat, kemungkinan vitamin C telah teroksidasi, dan tidak lagi efektif.

‌‌‌‌Apa Itu Asam Hialuronat?

Bahan ampuh lainnya dalam dunia antipenuaan adalah asam hialuronat, humektan alami yang membantu mempertahankan kelembapan di kulit. Faktanya, satu molekul asam hialuronat dapat menahan hingga 1000 kali beratnya di dalam air! Seiring bertambahnya usia, kita secara alami kehilangan asam hialuronat, sehingga menyebabkan kulit kering dan keriput. Saya selalu menyarankan untuk membeli pelembap atau serum yang mengandung asam hialuronat untuk membantu mengisi kembali persediaan Anda. Karena asam hialuronat membantu kulit menahan air, ini menghasilkan tampilan yang lebih muda, lebih bervolume, dan bercahaya. Zat ini juga dapat membantu menghambat produksi garis-garis halus dan kerutan, karena saat kering, kulit lebih cenderung membentuk garis dengan gerakan berulang.

Asam hialuronat akan memberikan hasil maksimal apabila digunakan dalam pelembap, serum, atau ampul di sekitar mata. Kulit di sekitar mata sangat tipis, sensitif, dan mudah berkerut. Dan, menggunakan pelembap berbasis asam hialuronat dapat sangat membantu memperbaiki tampilan area ini.

‌‌‌‌Apa Itu Antioksidan?

Kita sudah membahas sedikit tentang antioksidan di bagian atas karena vitamin C adalah salah satu jenis antioksidan, namun masih banyak antioksidan lain yang ada di dunia perawatan kulit yang dapat digunakan untuk mendukung antipenuaan. Saat kulit kita terpapar polutan, stres, rokok, radiasi, dan radiasi UV (di antara pemicu lainnya yang tak terhitung jumlahnya), muncul spesies oksidatif reaktif yang tidak stabil, yang sebenarnya merusak kolagen dan berkontribusi terhadap penuaan. Antioksidan merupakan golongan senyawa penting yang membantu menetralkan kerusakan tersebut, sehingga membantu mencegah dan mengobati tanda-tanda penuaan pada kulit.

Selain Vitamin C, beberapa senyawa lainnya yang merupakan antioksidan meliputi vitamin A, vitamin E, resveratrol, niacinamide, koenzim Q10, dan flavonoid.

  • Vitamin A, juga dikenal sebagai retinol atau dalam resep umumnya dikenal sebagai retinoid, merupakan produk paling ampuh bagi para dermatolog. Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan retinoid pada kulit dapat membantu merangsang pertumbuhan kolagen dan meningkatkan ketebalan kulit Anda, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan, bintik hitam dan tekstur kasar serta pori-pori yang membesar. Saat memulai penggunaan retinoid, pastikan untuk melakukannya secara perlahan, cukup gunakan seukuran kacang polong untuk seluruh wajah beberapa kali dalam seminggu, karena retinoid dapat benar-benar mengiritasi dan membuat kulit kering saat pertama kali digunakan. Saat wajah Anda sudah terbiasa dengan sifat pengelupasan vitamin A, Anda dapat mulai menggunakannya setiap malam. 
    Produk yang patut dicoba: Sympli Beautiful, Revitalizing Vitamin A Complex
  • Vitamin E umumnya digunakan bersama vitamin C untuk membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri; faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa efek antioksidannya lebih kuat bila digunakan bersama. 
    Produk yang patut dicoba: Dear, Klairs, Freshly Juiced Vitamin E Mask
  • Resveratrol berasal dari bluberi, kranberi, anggur merah dan anggur, yang dapat membantu melawan pemicu stres dari lingkungan serta mengurangi munculnya kemerahan dan iritasi pada kulit. Resveratrol umumnya digunakan dalam krim malam dan serum untuk membantu menciptakan tampilan yang lebih segar dan muda. 
    Produk yang patut dicoba: Andalou Naturals Resveratrol Q10 Night Repair Cream
  • Niacinamide, juga disebut vitamin B3, merupakan antioksidan ampuh yang juga digunakan untuk membantu mengatasi bintik-bintik merah dan perubahan warna cokelat pada kulit. Niacinamide juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan inflamasi yang menyebabkan hiperpigmentasi. Saya juga menggunakannya di klinik untuk mengobati kondisi klinis seperti rosasea. 
    Produk yang patut dicoba: Olay, Regenerist Luminous, Tone Perfecting Treatment
  • Koenzim Q10 merupakan enzim alami yang sangat diperlukan untuk produksi energi, dan juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan kadar koenzim Q10, sebagian karena kerusakan radiasi dari sinar matahari. Penelitian telah menunjukkan bahwa saat sel-sel kulit terpapar koenzim Q10, kemampuan sel untuk menetralkan kerusakan akibat radikal bebas meningkat dan kemampuan antioksidan menjadi semakin baik. 
    Produk yang patut dicoba: Trilogy, Age-Proof, CoQ10 Booster Oil
  • Flavonoid merupakan polifenol yang berasal dari tumbuhan yang membantu mengurangi inflamasi, kemerahan, dan stres oksidatif akibat radiasi UV. Flavonoid sangat berguna dalam krim mata karena lembut untuk kulit sensitif di area sekitar mata. Flavonoid juga sering digunakan untuk mengobati kemerahan dan lingkaran hitam di bawah mata. 
    Produk yang patut dicoba: Avalon Organics, Vitamin C Renewal, Revitalizing Eye Cream

Kebutuhan kulit Anda berubah seiring waktu, tetapi penting untuk memastikannya mendapatkan nutrisi yang tepat di setiap tahapnya. Dengan banyaknya manfaat dan sedikit kerugian yang ditimbulkan, tak perlu menunda lagi untuk menambahkan bahan-bahan ini ke dalam rejimen perawatan kulit Anda kapan saja!