Saat memilih produk perawatan kulit, kita semua mengejar satu tujuan utama: agar kulit kita dapat merasakan hasilnya. Produk seperti pembersih dan pelembap cenderung lebih terang-terangan dalam fungsinya. Meskipun memberikan hasil yang lebih baik pada kulit, tujuan pembersih adalah untuk membersihkan, dan pelembap adalah untuk melembapkan. Jadi, apa tujuan penggunaan serum? Ini merupakan pertanyaan penting yang sering ditanyakan! Memahami peran serum dalam rutinitas perawatan kulit akan memperkuat hasil, dan kami hadir untuk membagikan semua detailnya!

‌‌‌‌Apa Itu Serum?

Serum wajah sering disebut-sebut sebagai pengoptimal dalam rutinitas perawatan kulit. Pembersih, toner, pelembap, dan masker semuanya berperan penting. Meskipun serum merupakan produk yang memberikan hasil maksimal, tetap saja tidak dapat menggantikan produk lainnya.

Umumnya, serum diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi, seperti Vitamin C atau Retinol, sehingga memberikan hasil yang lebih baik setiap kali digunakan. Selain itu, tekstur serum cenderung lebih ringan dan menawarkan tingkat penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan pelembap. Tekstur ini memungkinkan bahan aktif menyerap lebih dalam ke dalam kulit untuk mendorong hasil yang lebih maksimal.   

‌‌‌‌Siapa Saja yang Memerlukan Serum dan Bagaimana Cara Memilihnya?

Serum dapat (dan harus) ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit, apa pun jenis atau masalah kulit Anda. Serum sangat penting jika Anda merasa perlu meningkatkan rutinitas ke tahap berikutnya atau jika ingin mencapai hasil yang lebih maksimal untuk mendapatkan kulit impian.

Namun, ada banyak serum yang beredar di pasaran, dan Anda mungkin merasa bingung saat menentukan yang terbaik bagi kulit Anda. Saat mencari serum, ada 3 pertanyaan kunci yang perlu diperhatikan. 

1. Apa Jenis Kulit Saya?

Ada 2 “pengidentifikasi kulit” saat memikirkan kulit Anda, yang pertama adalah jenisnya, dan yang kedua adalah tujuan (atau masalah). Keputusan yang Anda buat dalam memilih suatu produk harus dimulai dengan mempertimbangkan jenis kulit Anda.

Jenis kulit merupakan indikasi seberapa berminyak atau keringnya kulit Anda secara umum. Meskipun hal ini dapat berubah berdasarkan musim, produk, dan berbagai faktor eksternal lainnya, kebanyakan orang cenderung memiliki satu jenis kulit. Ini bisa berupa kulit kering (kekurangan minyak), berminyak (minyak berlebih), kombinasi (zona T berminyak dan pipi lebih kering), atau seimbang.

Banyak serum di pasaran yang cocok untuk semua jenis kulit dan sebagian besar serum cenderung difokuskan untuk mencapai tujuan perawatan kulit Anda. Namun, beberapa serum juga diformulasikan dengan mempertimbangkan jenis kulit tertentu. Jika suatu produk memenuhi tujuan Anda tetapi diformulasikan untuk jenis kulit yang berbeda, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah dengan mencari serum yang sesuai untuk jenis kulit Anda.

2. Apa Tujuan Utama Perawatan Kulit Anda?

Setelah mengidentifikasi serum yang sesuai dengan jenis kulit Anda, fokuslah pada tujuan Anda, yang juga disebut sebagai “masalah perawatan kulit”. Tujuan Anda mungkin untuk mengurangi tampilan kerutan, meningkatkan kecerahan, mengurangi jerawat, atau meningkatkan kekencangan. Selain itu, jenis kulit Anda mungkin bisa menjadi tujuan, seperti keinginan untuk mengurangi dan mengontrol minyak berlebih.

Jika tidak yakin dengan tujuan perawatan kulit Anda, tanyakan pada diri sendiri hal apa yang ingin dicapai dengan rutinitas perawatan kulit ini. Jawaban atas pertanyaan tersebut akan menjadi tujuan Anda.

Tetapi, bagaimana jika saya memiliki lebih dari satu tujuan?

Ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan dan bersifat valid. Sering kali, kita memiliki beberapa hal yang ingin dicapai dengan kulit kita, dan tentunya kita bisa melakukannya! Namun, penting untuk memikirkan rutinitas perawatan kulit Anda dengan cara yang sama seperti yang Anda pikirkan tentang makanan. Hanya satu makanan tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pola makan yang seimbang. Hal yang sama berlaku untuk rutinitas perawatan kulit Anda. Meskipun produk dapat melakukan banyak tugas (dan umumnya begitu!), tidak mudah untuk menemukan produk yang bisa mencapai banyak tujuan. Untuk hasil terbaik, karena serum melakukan pekerjaan berat dalam rutinitas Anda, pilih serum berdasarkan tujuan utama Anda. Setelah itu, pilih produk lainnya untuk mendukung tujuan sekunder Anda.

Setelah mengidentifikasi tujuan utama dan mempersempit pencarian untuk jenis kulit Anda, carilah serum yang memanfaatkan bahan-bahan yang secara khusus sesuai dengan tujuan Anda. Pendekatan ini akan memastikan hasilnya sambil menjaga keseimbangan dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

3. Seberapa Besar Keinginan Saya untuk Mencapai Tujuan?

Pertanyaan terakhir yang ingin ditanyakan adalah seberapa besar kesediaan Anda untuk berkomitmen memberikan tambahan ke dalam rutinitas Anda. Sebagai ahli kecantikan berlisensi, saya sering menemukan bahwa pertanyaan ini sering kali terabaikan, yang mengakibatkan suatu rutinitas menjadi terlalu rumit atau terlalu sederhana untuk memenuhi kebutuhan aktual orang yang menggunakannya.

Tidak ada yang lebih buruk dari menghamburkan uang untuk membeli produk yang sejatinya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan. Apakah saya bersedia untuk menggunakan produk ini pagi dan malam hari? Apakah saya bersedia menggunakan produk yang berbeda untuk pagi dan malam hari? Apakah saya ingin menggunakan beberapa lapis serum? Apakah saya bersedia menggunakan produk ini setiap malam? Berdasarkan jawaban tersebut, Anda dapat menemukan solusi yang tepat.

Contohnya, jika Anda tidak tertarik menggunakan produk yang berbeda untuk pagi dan malam, maka penting untuk memastikan produk Anda dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Retinol, misalnya, hanya disarankan 1x sehari pada malam hari. Oleh karenanya, itu bukan pilihan yang tepat jika Anda menginginkan serum untuk pagi dan malam hari, tetapi itu akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari produk yang hanya digunakan pada malam hari. 

Elemen terpenting untuk mencapai hasil perawatan kulit adalah konsistensi. Jadi, pastikan Anda mau dan mampu menggunakan produk yang Anda pilih untuk kulit Anda!

‌‌‌‌Bagaimana Cara Mengaplikasikan Serum?

Setelah memutuskan serum yang tepat untuk Anda, penting untuk mengetahui cara mengaplikasikannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun setiap produk memiliki cara pengaplikasian yang berbeda, dan penting untuk membaca petunjuknya, serum umumnya dioleskan ke kulit langsung setelah menggunakan toner sebelum mengaplikasikan pelembap.

Karena serum memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, cukup gunakan sedikit saja. Mulailah dengan mengeluarkan produk seukuran kacang dan tekan serum secara perlahan di antara kedua tangan. Setelah tersebar di telapak tangan, tekan serum dengan lembut ke kulit. Berhati-hatilah jangan sampai menarik atau menyeret kulit. Lanjutkan dengan pelembap favorit Anda.

Tip Pro: Untuk penyerapan yang lebih baik, aplikasikan serum ke kulit yang masih sedikit lembap sehabis menggunakan toner! Dan, ingatlah untuk mengoleskan ke area leher dan décolleté, apa pun produk perawatan kulit Anda!

‌‌‌‌Kapan Saya Bisa Merasakan Hasilnya?

Hasil dapat terlihat setelah beberapa waktu. Penting bagi Anda untuk bersabar dan tetap konsisten.

1.     Pilih produk dan terus gunakan. Berikan waktu bagi produk untuk menunjukkan hasilnya. Kecuali Anda mengalami iritasi atau reaksi negatif, disarankan untuk menggunakan produk setidaknya 6-8 minggu sebelum memutuskan apakah produk tersebut sesuai untuk Anda. Umumnya diperlukan waktu sekitar 8 minggu untuk melihat hasil yang nyata karena kulit membutuhkan waktu untuk berubah!

2.     Jangan lewatkan pengaplikasian. Jika Anda menggunakan produk lebih jarang dari yang direkomendasikan, hasilnya akan terpengaruh. Inilah alasan mengapa penting untuk mempertimbangkan seberapa besar keinginan Anda untuk menggunakan produk tersebut. Jangan memilih produk yang membutuhkan aplikasi 2x sehari jika Anda hanya dapat menggunakannya 1x.

3.     Lanjutkan seluruh rangkaian rutinitas Anda. Seefektif apa pun serum, tetap saja tidak bisa melakukan semuanya. Sama seperti makanan Anda, setiap produk memiliki perannya masing-masing. Jika Anda berhenti melembapkan atau mengeksfoliasi kulit, hasil serum akan terpengaruh karena rutinitas tersebut berkontribusi pada kesehatan kulit dan hasil secara keseluruhan. 

 Dengan mengetahui cara memilih dan mengaplikasikan serum terbaik untuk kulit Anda, serta mengetahui apa yang diharapkan, Anda pasti akan merasakan peningkatan hasil dan selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan perawatan kulit Anda!