Siapa yang tidak suka permen karet, terutama ketika dipenuhi dengan ramuan ashwagandha yang luar biasa? Permen karet mewakili salah satu cara termudah untuk mengonsumsi suplemen Anda sambil membiarkan Anda menikmati makanan lezat tanpa rasa bersalah. Ketika berbicara tentang permen karet, permen karet ashwagandha adalah hal terbaru yang tidak ingin Anda lewatkan!

Inilah alasannya.

‌‌‌‌Apa yang Dimaksud dengan Ashwagandha?

Jika Anda pernah tertarik pada obat herbal, melangkahkan kaki ke toko makanan kesehatan, atau berbelanja herbal secara online, maka Anda pasti pernah mendengar tentang ashwagandha. Ashwagandha memiliki beberapa nama berbeda, seperti ginseng India dan buah ceri musim dingin, tetapi nama ilmiah resminya adalah Withania somnifera. Ashwagandha menggambarkan semak cemara kecil yang sederhana dengan akar yang mengemas pukulan kuat. Akar tanaman menghasilkan khasiat kesehatan yang mendalam, dan sebagian besar suplemen ashwagandha berasal dari akar tanaman. Ashwagandha berasal dari India, Afrika utara, dan Timur Tengah, tetapi dapat tumbuh dalam iklim sedang secara global.

Tanaman ajaib ini adalah anggota dari keluarga Solanaceae atau Nightshade. Keluarga ini mencakup banyak tanaman yang cukup umum seperti tomat, kentang, dan terong, tetapi tidak ada yang umum tentang ashwagandha. Ramuan populer ini memiliki beberapa khasiat luar biasa.

‌‌‌‌Ashwagandha Adalah Adaptogen Kekuatan

Ashwagandha biasanya dikategorikan sebagai adaptogen. Adaptogen adalah ramuan yang membantu tubuh melawan efek merusak dari stres sambil meningkatkan fungsi dan proses tubuh normal. Adaptogen, seperti ashwagandha, terbukti bermanfaat dalam memperkuat tubuh dalam menghadapi stresor seperti pekerjaan yang menuntut, bos yang sombong, atau olah raga yang intens.

Adaptogen membantu melindungi tubuh terhadap efek merusak dari stres kronis.

Sepertinya semua orang sedikit (atau lebih) stres akhir-akhir ini, tetapi itu tidak membuat stres menjadi lebih sedikit berbahaya. Efek stres kronis tidak dapat dilebih-lebihkan. Stres jangka panjang biasanya dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti sakit kepala, kualitas tidur yang buruk, kecemasan, depresi, masalah berat badan, dan gangguan memori.

Karena kerugian yang dapat ditimbulkan oleh stres jangka panjang pada tubuh, mengonsumsi adaptogen seperti ashwagandha dapat membantu tubuh menangani dan mengurangi stres secara lebih efektif.

Studi menunjukkan bahwa efek adaptogenik dari ashwagandha dihasilkan dari pengaktifan protein khusus yang disebut protein kejutan panas yang melindungi dari kerusakan sel. Protein tersebut juga meningkatkan produksi energi sel dengan meningkatkan produksi adenosin trifosfat (adenosine triphosphate, ATP), mencegah kematian sel, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

‌‌‌‌Ashwagandha Dapat Membantu Mengurangi Kecemasan

Penelitian menunjukkan bahwa ashwagandha dapat sangat bermanfaat bagi penderita kecemasan. Salah satu studi menemukan ashwagandha untuk membantu meningkatkan peristiwa dan kecemasan pada tingkat yang lebih besar daripada plasebo atau psikoterapi saja.

Studi lain menunjukkan bahwa ashwagandha menurunkan kadar kortisol pagi hari selain mengurangi tingkat stres yang tinggi. Kortisol adalah hormon steroid yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap stres. Salah satu fungsi utama dari kortisol adalah untuk meningkatkan glukosa darah atau kadar gula darah sambil menekan fungsi yang tidak penting, mempersiapkan tubuh untuk situasi lari atau melawan. Tingkat kortisol yang tinggi sering kali dikaitkan dengan kondisi tidak menyenangkan seperti tingkat deposisi lemak perut yang lebih tinggi, resistensi insulin, dan obesitas.

‌‌‌‌Ashwagandha Dapat Mendukung Kesehatan Tiroid

Sementara ashwagandha dapat membantu mengurangi tingkat stres, meskipun hanya salah satu dari banyak manfaatnya. Studi menunjukkan bahwa ashwagandha dapat meningkatkan kesehatan tiroid dengan meningkatkan hipotiroidisme atau fungsi tiroid yang rendah. Salah satu studi mengkaji peserta yang menderita hipotiroidisme subklinis (bentuk fungsi tiroid rendah yang sering kali mendahului fungsi tiroid rendah) dan membandingkan perserta yang menggunakan ashwagandha dengan peserta yang menggunakan plasebo.

Mereka yang menggunakan ashwagandha mengalami peningkatan yang signifikan dalam fungsi tiroid mereka dibandingkan dengan kelompok plasebo. Studi lain menunjukkan bahwa ashwagandha meningkatkan kadar tiroksin atau T4 dalam tubuh. T4 adalah bentuk hormon tiroid yang tidak aktif secara biologis. Hal ini berarti bahwa T4 tidak memiliki efek yang terlihat pada cara fungsi tubuh. Sebaliknya, T4 kemudian diubah menjadi triiodothyronine atau T3, bentuk hormon tiroid yang aktif secara biologis yang berinteraksi dan memengaruhi tubuh. Hormon tiroid memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Contohnya, hormon tersebut berkontribusi pada metabolisme, pencernaan, kesehatan tulang, fungsi otot, dan bahkan fungsi otak. Ashwagandha dapat memiliki efek menguntungkan pada tubuh.

Sementara meningkatkan fungsi tiroid cukup mengesankan, ashwagandha juga dipelajari efeknya pada peningkatan fungsi kognitif atau otak. Penelitian menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu meningkatkan perhatian, waktu reaksi, dan bahkan fungsi eksekutif. Fungsi eksekutif mengacu pada kemampuan mental untuk memiliki pemikiran, perencanaan, dan pengendalian diri yang fleksibel, bersama dengan keterampilan otak lainnya.

‌‌‌‌Ashwagandha Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada juga bukti bahwa ashwagandha dapat membantu manajemen berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa ashwagandha membantu meningkatkan indeks massa tubuh (body mass index, BMI) dan penambahan berat badan secara menyeluruh. Diperkirakan untuk melakukan hal tersebut dengan memerangi peradangan, mengurangi mengidam makanan tidak sehat yang terkait dengan stres, dan meningkatkan level energi.

Karena ashwagandha yang memiliki begitu banyak manfaat, hal apa yang tidak disukai? Namun, mengapa permen ashwagandha adalah permen terbaru?

Hal tersebut disebabkan karena permen karet menawarkan salah satu bentuk suplemen paling sederhana dengan kenyamanan yang tidak tertandingi! Permen karet menghilangkan kebutuhan untuk mengukur atau membersihkan kekacauan seperti yang ada dengan bedak. Permen tersebut biasanya mudah dicerna, yang mengabaikan kebutuhan akan segelas air untuk menelan kapsul atau tablet. Selain itu, rasanya enak!

Permen karet berada dalam kategori yang hampir ajaib dari sesuatu yang secara bersamaan terasa enak sekaligus enak untuk Anda! Anda tidak akan merasa bersalah karena meminum dosis harian kebaikan permen karet yang sehat ketika mengonsumsi suplemen dalam bentuk permen karet. Pasti tidak bisa dikemukakan untuk permen lain seperti permen yang hanya menawarkan nol kalori.

Selain itu, bukti menunjukkan bahwa suplemen dalam bentuk permen karet dapat sama tersedianya secara hayati—jumlah suplemen atau zat yang masuk ke aliran darah untuk digunakan tubuh setelah suplemen tertelan—jika tidak lebih dari kapsul. Salah satu studi menunjukkan bahwa permen karet vitamin D jauh lebih tersedia secara hayati daripada tablet vitamin D dengan dosis yang sama.

Alasan lain permen karet ashwagandha muncul dan datang adalah karena permen karet tersebut membantu mendapatkan dosis ramuan yang lebih terapeutik ke dalam tubuh. Kadang-kadang hal tersebut tidak mungkin terjadi jika hanya mengambil ramuan itu sendiri atau bentuk kapsul dari ramuan.

‌‌‌‌Poin Penting

Permen karet Ashwagandha adalah cara yang bagus dan mudah untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari ramuan ini. Ketika Anda menggabungkan potensi manfaat kesehatan ashwagandha dan rasa permen karet yang nyaman dan bebas dari rasa bersalah, Anda tidak akan salah!

Referensi:

  1. Panossian A, Wikman G. Effects of Adaptogens on the Central Nervous System and the Molecular Mechanisms Associated with Their Stress-Protective Activity. Pharmaceuticals (Basel). 2010;3(1):188-224. Published 2010 Jan 19. doi:10.3390/ph3010188
  2. Pratte MA, Nanavati KB, Young V, Morley CP. An alternative treatment for anxiety: a systematic review of human trial results reported for the Ayurvedic herb ashwagandha (Withania somnifera). J Altern Complement Med. 2014;20(12):901-908. doi:10.1089/acm.2014.0177
  3. Lopresti AL, Smith SJ, Malvi H, Kodgule R. An investigation into the stress-relieving and pharmacological actions of an ashwagandha (Withania somnifera) extract: A randomized, double-blind, placebo-controlled study. Medicine (Baltimore). 2019;98(37):e17186. doi:10.1097/MD.0000000000017186
  4. Incollingo Rodriguez AC, Epel ES, White ML, Standen EC, Seckl JR, Tomiyama AJ. Hypothalamic-pituitary-adrenal axis dysregulation and cortisol activity in obesity: A systematic review. Psychoneuroendocrinology. 2015;62:301-318. doi:10.1016/j.psyneuen.2015.08.014
  5. Sharma AK, Basu I, Singh S. Efficacy and Safety of Ashwagandha Root Extract in Subclinical Hypothyroid Patients: A Double-Blind, Randomized Placebo-Controlled Trial. J Altern Complement Med. 2018;24(3):243-248. doi:10.1089/acm.2017.0183
  6. Gannon JM, Forrest PE, Roy Chengappa KN. Subtle changes in thyroid indices during a placebo-controlled study of an extract of Withania somnifera in persons with bipolar disorder. J Ayurveda Integr Med. 2014;5(4):241-245. doi:10.4103/0975-9476.146566
  7. Ng QX, Loke W, Foo NX, et al. A systematic review of the clinical use of Withania somnifera (Ashwagandha) to ameliorate cognitive dysfunction. Phytother Res. 2020;34(3):583-590. doi:10.1002/ptr.6552
  8. Choudhary D, Bhattacharyya S, Joshi K. Body Weight Management in Adults Under Chronic Stress Through Treatment With Ashwagandha Root Extract: A Double-Blind, Randomized, Placebo-Controlled Trial. J Evid Based Complementary Altern Med. 2017;22(1):96-106. doi:10.1177/2156587216641830
  9. Wagner CL, Shary JR, Nietert PJ, Wahlquist AE, Ebeling MD, Hollis BW. Bioequivalence Studies of Vitamin D Gummies and Tablets in Healthy Adults: Results of a Cross-Over Study. Nutrients. 2019;11(5):1023. Published 2019 May 7. doi:10.3390/nu11051023