Bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa saya memiliki cara yang bisa Anda terapkan untuk menghemat uang, waktu, tanpa ribet, sekaligus membantu menyalurkan kreativitas Anda?! Nah, saya punya caranya, dan itu adalah mengecat kuku Anda di rumah! Saya tahu gagasan tersebut (khususnya mengecat tangan yang tidak dominan) terdengar tidak mudah, tetapi saya berjanji kepada Anda bahwa dengan alat yang tepat dan sedikit latihan, Anda akan bertanya-tanya mengapa Anda tidak melakukan manikur di rumah sejak dulu!

Cara Melakukan Manikur Sendiri di Rumah

Langkah ke-1: Mulailah dengan Kuku yang Bersih


Pertama-tama, saya selalu memulai dengan kuku yang bersih karena produk atau residu yang tertinggal di kuku Anda dapat menyebabkan produk tidak bekerja dengan kemampuan terbaiknya. Saya melakukannya dengan menggunakan penghapus cat kuku yang bagus, dan saya sangat menyukai produk Blossom Nail Polish Remover yang beraroma Lavender. Tidak hanya efektif, tetapi tampilannya cukup cantik saat di taruh di atas meja rias Anda!

Langkah ke-2: Potong dan Bersihkan Kuku


Untuk langkah selanjutnya, saya akan menghilangkan kulit mati di sekitar tepi kuku saya dan memotong kuku yang tidak bisa dibentuk menggunakan kikir kuku. Untuk langkah ini, produk seperti Revlon Nail Clipper dan Revlon Cuticle Nipper dapat memberikan hasil terbaik.

Langkah ke-3: Gunakan Pembersih Kutikula


Sebuah langkah yang baru-baru ini saya tambahkan ke dalam rutinitas saya adalah membersihkan kutikula. Beberapa bulan yang lalu, saya bahkan tidak tahu ada produk seperti itu, dan sekarang rutinitas saya tidak lengkap tanpanya! Saya telah menggunakan Nutra Nail Natural Cuticle Remover, yang bekerja dengan sangat baik. 

Setelah dioleskan, diamkan pembersih kutikula selama beberapa saat sebelum mulai menggunakan penekan atau tongkat manikur. Dan, produk Denco Cuticle Pusher ini memiliki kualitas yang sangat bagus.

Langkah ke-4: Kikir dan Poles untuk Membentuk dan Menghaluskan Kuku

Sebelum mengecat kuku (baik cat kuku transparan atau cat berkilau warna hijau neon), saya menggunakan pemoles kuku, dan Revlon Shape-N-Buff Nail Buffer ini merupakan produk favorit yang telah saya gunakan untuk waktu yang lama. Produk ini berfungsi untuk membentuk, meratakan, menghaluskan, memoles, dan mengilapkan tanpa menghabiskan banyak tempat! Jika Anda memerlukan kikir terpisah, kikir kuku kaca memiliki tampilan yang cantik dengan berbagai fungsi.

Langkah ke-5: Bersihkan Dengan Sikat Kuku

Setelah mengikir dan menggosok kuku, bersihkan sisa-sisa serpihannya, dan saya telah menemukan bahwa sikat kuku sangat efektif untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran tersebut. Gosok kuku kering Anda dengan lembut, lalu bilas tangan Anda dengan air.

Langkah ke-6: Oleskan Lapisan Dasar

Setelah kulit di sekitar kuku, kutikula, dan kuku Anda sendiri telah siap, kini saatnya untuk mengecat! Percayalah, ketahanan yang Anda dapatkan dari manikur akan membuatnya sepadan dengan usaha ekstra yang Anda lakukan! Bagi saya, saat melakukan perawatan kuku di rumah, saya selalu memulai dengan lapisan dasar. Lapisan dasar membuat warna menempel, dan ini akan mencegah kemungkinan noda kuku alami Anda karena pigmen dalam cat kuku yang Anda pilih untuk digunakan. Produk Probelle Nail Strengthener Base Coat tidak hanya bagus untuk digunakan sebagai dasar cat kuku berwarna, tetapi juga akan berfungsi untuk memperkuat kuku Anda di saat bersamaan.

Langkah ke-7: Saatnya Mengecat!

Jika Anda memilih untuk menambahkan warna pada kuku serta beberapa hiasan atau polosan, inilah langkah yang harus Anda lakukan. Sayangnya, di sinilah kebanyakan orang menganggap bahwa manikur di rumah tidak cocok untuk mereka. Namun, saya ingin memberi tahu Anda sekalian bahwa, baik Anda memiliki kuku pendek, kuku panjang, mengalami kesulitan melakukan sesuatu dengan tangan yang tidak dominan, atau salah satu dari banyak alasan lain yang saya dengar, Anda benar-benar dapat menguasai keterampilan ini! Jika Anda baru mencoba mengecat kuku Anda di rumah, saya sarankan mulailah dengan warna terang. Warna gelap akan lebih banyak menunjukkan kesalahan, jadi jika catnya berantakan, warna terang tidak akan terlalu mencolok dan lebih mudah untuk dibersihkan.  

Tips lain yang saya pelajari sejak lama yang membuat saya memulai manikur di rumah yang terlihat seperti dilakukan di salon kuku adalah tidak mengecat sampai ke bagian bawah kuku. Peluang Anda bisa melakukannya tanpa menumpuk cat kuku atau tanpa sengaja mengecat kulit Anda sangatlah kecil sehingga yang terbaik adalah menghindari godaan tersebut. Sebaliknya, menjauhlah sedikit dari pangkal kuku. Ya, kuku Anda tidak tertutupi seluruhnya, tetapi hampir tidak terlihat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan garis yang jauh lebih rapi dan pembersihannya akan lebih mudah. Metode ini juga berfungsi dengan baik saat berbicara tentang sisi kuku Anda. Jika Anda mencoba untuk sedekat mungkin dengan ujung kuku Anda, cat kuku kemungkinan besar akan menyentuh kulit Anda, dan jika Anda sedang terburu-buru dan tidak punya waktu untuk membersihkannya, ini akan mengganggu pikiran Anda sepanjang hari seperti halnya saya!  

Memenuhi ruang yang sangat kecil di antara ujung kuku di mana cat kuku mulai dioleskan adalah rencana yang jarang berhasil. Yang terakhir, saat akan melapisi sisa kuku Anda, sebaiknya letakkan kuas di tengah kuku, dekat tapi tidak di dasarnya, dan sapukan. Setelah itu, tanpa menambahkan cat kuku lagi, sebarkan cat kuku tersebut ke sisi lain, sapukan dari dekat dasar ke kanan dan kemudian dari dekat dasar ke kiri. Saran saya adalah lapisan tipis dengan banyak lapisan (biasanya dua (2) sudah cukup jika Anda menggunakan cat kuku berkualitas tinggi) dibandingkan satu (1) lapisan tebal. 

Langkah ke-8: Tutupi dengan Lapisan Atas


Jika Anda pernah mengalami masalah dengan kuku terkelupas dan kusam saat mengecat kuku Anda sendiri di masa lalu, alasannya mungkin karena Anda tidak mengaplikasikan lapisan atas! Terkait lapisan atas, dengan segala kesibukan kita, saya sarankan agar Anda menggunakan lapisan atas yang cepat kering dibandingkan lapisan atas biasa atau lewati tahap lapisan atas. Produk Probelle Top Coat Sealer dapat mengering dengan cepat, dengan warna yang lebih berkilau dan serpihan yang lebih sedikit.

Langkah ke-9 (dan konstan): Rawat Kuku Anda dengan Minyak Kutikula dan Serum Pertumbuhan

Langkah favorit saya dalam proses ini tentunya yang paling terakhir! Itu berarti Anda telah melakukan pekerjaan yang menjemukan untuk memperpanjang masa pakai cat kuku Anda (jika Anda memakai cat kuku), dan inilah saatnya untuk menuai hasilnya! Sebagai langkah terakhir dan sesuatu yang akan saya terapkan sesuai kebutuhan di hari-hari berikutnya, saya menggunakan minyak atau balsam kutikula. Ini akan menjaga kulit di sekitar kuku saya terlihat terhidrasi dan, nantinya, akan mengurangi kemungkinan kulit kering dan pecah-pecah. 


Produk Badger Company Organic Cuticle Care in Soothing Shea Butter benar-benar telah membuat saya terkesan. 

Saya juga kesulitan menumbuhkan kuku yang panjang dan kuat, jadi setelah membaca ulasan untuk Sally Hansen NailGrowth Miracle Serum, saya tahu saya harus mengujinya!

Tips Lain untuk Manikur yang Tahan Lama di Rumah

Jika Anda tidak mahir dalam mengecat kuku Anda dan merasa tidak akan menjadi seorang ahli dalam waktu dekat (walaupun saya berpendapat bahwa setiap orang bisa menjadi lebih baik jika mereka mendedikasikan waktu dan energi untuk hal tersebut!), mungkin saya sarankan untuk menggunakan kuku palsu?! 

Kuku Ardell Nail Addict Premium in Nude Jeweled mudah dipakai, dapat bertahan beberapa minggu jika dipersiapkan dan dirawat dengan cara yang tepat, dan terlihat sangat cantik! Jika Anda menyukai ide ini tetapi tidak menyukai rangkaian khusus ini, Anda beruntung karena Ardell memiliki beberapa pilihan lainnya.

Satu rekomendasi terakhir yang saya dapatkan dari seorang influencer bernama Simply Nailogical adalah jangan pernah mandi, berendam, berenang, dll., saat kuku Anda tidak terlindungi! Seperti yang mungkin telah Anda perhatikan, kuku Anda biasanya terasa lebih lembek setelah terendam air selama beberapa saat, dan satu-satunya hal untuk membantu memeranginya adalah dengan melapisi kuku Anda. Bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan proses 9 langkah yang saya sebutkan di atas, selalu luangkan waktu beberapa menit untuk mengaplikasikan lapisan bening untuk melindungi kuku Anda agar tidak rusak akibat terendam air!

Kini, pergilah keluar rumah tanpa perlu menghabiskan uang di salon kuku, dan pamerkan keterampilan manikur Anda kepada semua teman dan keluarga Anda. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menjadi seorang profesional, dan mereka akan meminta tips dari Anda! Dan tentu saja, bersenang-senanglah dengannya: Jika terlihat berantakan, gunakanlah penghapus cat kuku!