“Sleepy Girl Mocktail” kian digandrungi dan menjadi minuman trendi yang sangat bermanfaat untuk mendukung tidur malam yang nyenyak. Dengan kombinasi jus ceri asam dan magnesium, dua bahan utama yang dianggap mampu mendukung tidur yang lebih nyenyak, Sleepy Girl Mocktail menjadi salah satu tren media sosial yang patut untuk dicoba. 

Apa Itu Sleepy Girl Mocktail? 

Sleepy Girl Mocktail adalah minuman nonalkohol yang dibuat dengan magnesium dan jus ceri asam untuk mendukung tidur malam yang lebih nyenyak. Meskipun rasio dan bahan yang tepat dalam Sleepy Girl Mocktail dapat berbeda-beda, bahan utamanya adalah jus ceri asam dan bubuk magnesium.

Magnesium merupakan mineral penting yang memainkan berbagai peran penting dalam tubuh. Ini merupakan pelemas otot alami dan terlibat dalam relaksasi serta pemanjangan sel otot setelah kontraksi otot. Dengan mendorong relaksasi, magnesium membantu seseorang lebih mudah tertidur dan mengoptimalkan kualitas tidur.(Arab et al., 2023; Von Wienecke & Nolden, 2016) 

Ceri asam mengandung triptofan dan melatonin, keduanya merupakan penunjang tidur yang ampuh.(Losso et al., 2018) Melatonin merupakan hormon yang membantu tubuh merasakan kantuk saat gelap, sedangkan triptofan membantu tubuh memproduksi melatonin. 

Resep untuk Membuat Sleepy Girl Mocktail


Untuk satu porsi atau sekitar 8 ons.

Bahan-bahan: 

  • 1 sampai 2 sendok teh bubuk magnesium 
  • ½ cangkir jus ceri asam tanpa pemanis
  • ½ cangkir air soda tanpa rasa atau air soda lemon-jeruk nipis 

Petunjuk: 

  1. Tambahkan bubuk magnesium ke dalam gelas, lalu tuangkan jus ceri dan air soda. 
  2. Nikmati minimal satu sampai dua jam sebelum tidur.

Seputar Bahan Sleepy Girl Mocktail

Meskipun belum ada penelitian yang meneliti efektivitas Sleepy Girl Mocktail sebagai penunjang tidur, bahan-bahannya terdokumentasi dengan baik karena manfaat kesehatannya dan dalam mendukung tidur. 

Bahan utama dalam Sleepy Girl Mocktail adalah jus ceri asam dan bubuk magnesium. Beberapa resep juga memerlukan air soda tanpa pemanis atau soda lemon-jeruk nipis. Meskipun soda menambah rasa pada mocktail, soda juga dapat meningkatkan jumlah gula tambahan. Karena gula tambahan dapat meningkatkan kadar gula darah untuk sementara dan memiliki efek peningkatan energi, sebaiknya minimalkan asupan gula tambahan sebelum tidur.  

Jus Ceri Asam

Jus ceri asam terbuat dari pohon Prunus Cerasus yang menghasilkan buah ceri asam. Ceri jenis ini berukuran lebih kecil dibandingkan ceri Montmorency atau ceri manis yang biasa digunakan untuk membuat camilan, masakan, atau kue. 

Jus ceri asam kaya akan antioksidan! Faktanya, ceri asam mengandung antioksidan lima kali lebih banyak dibandingkan ceri manis.(Carlsen et al., 2010) Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari oksidasi, yang membantu mengurangi efek berbahaya radikal bebas pada fungsi fisiologis normal. Konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam buah ceri asam dapat mendukung fungsi kognitif, meningkatkan respons imun yang sehat, serta membantu melawan inflamasi.

Buah berwarna merah padat nutrisi ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti tembagakaliummangan, magnesium, zat besi, dan vitamin A

Ceri asam juga mengandung melatonin dan triptofan. Melatonin merupakan hormon yang diproduksi otak sebagai respons terhadap gelap, sehingga menyebabkan kantuk. Mengonsumsi buah ceri asam dapat membantu meningkatkan melatonin, hormon tidur alami tubuh.(Howatson et al., 2012; Losso et al., 2018)

Ceri asam juga menawarkan manfaat antiinflamasi.(Losso et al., 2018) Makanan antiinflamasi seperti ceri asam dapat membantu menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, sehingga membantu merilekskan otak dan tubuh. Makanan antiinflamasi lainnya meliputi tomat, minyak zaitun, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan collard hijau, kacang-kacangan seperti almon dan kenari, biji-bijian seperti biji chia dan biji rami, ikan berlemak seperti salmon dan tunabluberistroberi, dan jeruk. 

Magnesium

Magnesium merupakan mineral terbanyak keempat di dalam tubuh setelah kalsium, kalium, dan natrium. Magnesium terlibat dalam ratusan sistem enzim, setiap organ membutuhkan magnesium, dan terdapat lebih dari 3.700 tempat pengikatan magnesium di dalam tubuh! 

Mineral berkhasiat ini terlibat dalam berbagai fungsi di dalam tubuh, termasuk:

  • Mineralisasi tulang
  • Kesehatan jantung
  • Pembentukan protein
  • Aktivitas enzim
  • Kontraksi otot normal
  • Transmisi impuls saraf
  • Pembekuan darah  
  • Kesehatan gigi
  • Kesehatan sistem imun 

Magnesium juga merupakan katalis dalam pembentukan Adenosina Trifosfat (ATP), molekul pembawa energi tubuh, dan sangat penting dalam penggunaan glukosa oleh tubuh untuk energi serta sintesis protein dan lemak. Dengan kemampuannya untuk meningkatkan relaksasi fisik dan mental, magnesium merupakan penunjang tidur yang bermanfaat bagi sebagian orang dan merupakan bahan utama dalam “Sleepy Girl Mocktail.”

Riset menunjukkan setidaknya 50% orang dewasa AS kekurangan magnesium!!(DiNicolantonio et al., 2018) Makanan yang kaya akan magnesium secara alami meliputi brokoli, jus tomat, polong-polongan, tofu, kacang mete, halibut, artichoke, bayam, cokelat hitam, dan alpukat.

Sebaiknya, cobalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda melalui makanan utuh terlebih dahulu daripada hanya mengandalkan suplemen. Selain pola makan yang seimbang dan sehat, ada banyak bentuk suplemen magnesium yang dapat mendukung kadar magnesium yang optimal.  Garam mandi epsom juga merupakan sumber magnesium dan dapat mendukung tidur malam yang lebih nyenyak. 

Haruskah Anda Mencoba Sleepy Girl Mocktail?

Sleepy Girl Mocktail umumnya dianggap aman untuk orang dewasa yang sehat. Penderita diabetes, yang memantau kadar gula darahnya, atau mengonsumsi obat pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terdaftar sebelum menambahkan Sleepy Girl Mocktail ke dalam rejimen mereka untuk memastikan keamanannya dan tidak adanya interaksi dengan obat-obatan lain yang dikonsumsi. 

Jika Anda mencoba Sleepy Girl Mocktail, upayakan untuk meminumnya minimal satu sampai dua jam sebelum tidur. Mengonsumsi cairan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur karena akan membuat Anda ingin buang air kecil di tengah malam. Hindari meminum Sleepy Girl Mocktail sebelum mengemudi demi keselamatan Anda dan orang lain. 

Pengobatan Alami Lainnya untuk Tidur Lebih Nyenyak

Tidur adalah waktu tubuh untuk beristirahat, memulihkan diri, dan menyembuhkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur kronis, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, dapat mengganggu kesehatan ususkesehatan imun, fungsi kognitif, kesehatan hormonal, serta suasana hati dan kadar energi. 

Selain Sleepy Girl Mocktail, suplemen dan kebiasaan tidur sehat berikut ini dapat membuat tidur malam lebih nyenyak! Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menambahkan herba atau suplemen baru ke dalam program kesehatan Anda untuk memastikan keduanya aman bagi Anda dan tidak akan berinteraksi dengan obat-obatan lain yang dikonsumsi. 

Herba untuk Tidur Malam yang Lebih Nyenyak

Beberapa herba ini dapat dinikmati sebagai teh atau suplemen.

Kebiasaan Sehat untuk Tidur Lebih Nyenyak

Selain herba dan suplemen, menerapkan kebiasaan sehat berikut di siang hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari: 

  • Olahraga: Olahraga meningkatkan endorfin, membantu menghilangkan stres, dan mengeluarkan energi sehingga tubuh merasa lelah dan siap untuk tidur di penghujung hari. 
  • Hindari makan besar di malam hari: Makan besar atau pedas sebelum tidur dapat menyebabkan heartburn, yang dapat mengganggu tidur. Namun, makan kecil atau mencamil sebelum tidur dapat membantu sebagian orang tertidur dan menjaga keseimbangan kadar gula darah sepanjang malam. Roti panggang dengan selai kacang, semangkuk oatmeal dengan taburan kenari dan biji labu, atau pisang dengan selai kenari adalah contoh camilan sehat sebelum tidur. 
  • Turunkan suhu ruangan: Saat tubuh dalam keadaan dingin, kelenjar pineal otak melepaskan hormon melatonin. Kenakan pakaian katun yang longgar dan menyerap keringat, serta periksa termostat sebelum tidur. Menurut para ahli, suhu tidur yang ideal berkisar antara 60 sampai 65 derajat Fahrenheit. Akan tetapi, upayakan untuk mengatur suhunya agar terasa sejuk dan nyaman bagi Anda.
  • Buat ruangan tetap gelap: Cahaya dapat mengganggu kemampuan tubuh memproduksi melatonin, hormon yang membantu tubuh merasakan kantuk. Gunakan tirai atau gorden anti tembus pandang dan matikan semua lampu terang. 
  • Tidur dengan selimut berat: Selimut berat dapat merangsang produksi serotonin (hormon alami yang dapat meningkatkan suasana hati), meningkatkan kadar melatonin, serta mengurangi kortisol (hormon stres).
  • Batasi kafein: Konsumsi kafein dalam waktu enam jam sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur.(Drake et al., 2013) 
  • Batasi atau hindari alkohol: Konsumsi alkohol diketahui menyebabkan gangguan tidur seperti mendengkur atau apnea tidur. 
  • Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur: Menggunakan kamar tidur Anda hanya untuk tidur membantu otak dan tubuh mengasosiasikan ranjang dan kamar tidur dengan tidur. 
  • Batasi penggunaan barang elektronik sebelum tidur: Paparan cahaya biru, jenis cahaya yang dipancarkan ponsel dan komputer, dikaitkan dengan penurunan produksi melatonin.(Gooley et al., 2011) Batasi atau hindari paparan cahaya biru satu sampai dua jam sebelum tidur. 
  • Kelola stres: Menemukan cara untuk mengurangi dan mengelola stres dapat membantu otak dan pikiran merasa lebih rileks. Cara sehat untuk mengelola stres antara lain dengan berolahraga secara teratur, membaca buku, mandi, dan mencatat pemikiran, perasaan, atau membuat daftar tugas sebelum tidur untuk membantu mengosongkan pikiran. 
  • Meditasi: Meditasi dapat membantu menghilangkan stres, mengurangi kecemasan, merilekskan tubuh, serta mengistirahatkan pikiran yang sibuk. Latih pernapasan lambat dan ketenangan sebelum tidur untuk mendorong tidur malam yang nyenyak.  
  • Jurnal: Simpan jurnal di nakas untuk menuliskan pemikiran atau daftar hal yang harus dilakukan yang muncul di benak Anda. 
  • Cahaya Alami Pagi: Sinar matahari penting untuk mendukung “jam internal” tubuh, yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Dalam waktu 15 menit setelah bangun, keluarlah untuk mendapatkan paparan cahaya alami guna mendukung siklus tidur/bangun tubuh.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Jika mendapatkan tidur yang nyenyak adalah sebuah tantangan di malam hari, pertimbangkan untuk menerapkan kebiasaan tidur yang lebih sehat dan suplemen penunjang tidur alami, yang meliputi jus ceri asam dan “Sleepy Girl Mocktail” yang kaya akan magnesium ke dalam rutinitas Anda.

Perlu diingat, insomnia, kesulitan tidur, atau kesulitan untuk tetap tertidur dapat menjadi indikator adanya masalah kesehatan. Meskipun “Sleepy Girl Mocktail” dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, ini tidak akan sepenuhnya mengatasi akar penyebab gangguan tidur. 

Stres, PMS, perimenopause, menopause, kecemasan, depresi, dan berbagai hal lainnya dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur. Jika menggabungkan kebiasaan tidur yang sehat dan suplemen penunjang tidur alami tidak menghasilkan tidur yang konsisten, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan tepercaya untuk mencari tahu penyebab lainnya. 

Referensi:

  1. Arab A, Rafie N, Amani R, Shirani F. The Role of Magnesium in Sleep Health: a Systematic Review of Available Literature. Biol Trace Elem Res. 2023;201(1):121-128. doi:10.1007/S12011-022-03162-1
  2. Von Wienecke E, Nolden C. [Long-term HRV analysis shows stress reduction by magnesium intake]. MMW Fortschr Med. 2016;158(Suppl 6):12-16. doi:10.1007/S15006-016-9054-7
  3. Losso JN, Finley JW, Karki N, et al. Pilot Study of Tart Cherry Juice for the Treatment of Insomnia and Investigation of Mechanisms. Am J Ther. 2018;25(2):e194. doi:10.1097/MJT.0000000000000584
  4. Carlsen MH, Halvorsen BL, Holte K, et al. The total antioxidant content of more than 3100 foods, beverages, spices, herbs and supplements used worldwide. Nutr J. 2010;9(1):3. doi:10.1186/1475-2891-9-3
  5. Howatson G, Bell PG, Tallent J, Middleton B, McHugh MP, Ellis J. Effect of tart cherry juice (Prunus cerasus) on melatonin levels and enhanced sleep quality. Eur J Nutr. 2012;51(8):909-916. doi:10.1007/S00394-011-0263-7
  6. DiNicolantonio JJ, O’Keefe JH, Wilson W. Review: Subclinical magnesium deficiency: a principal driver of cardiovascular disease and a public health crisis. Open Heart. 2018;5(1):668. doi:10.1136/OPENHRT-2017-000668
  7. Drake C, Roehrs T, Shambroom J, Roth T. Caffeine effects on sleep taken 0, 3, or 6 hours before going to bed. J Clin Sleep Med. 2013;9(11):1195-1200. doi:10.5664/JCSM.3170
  8. Gooley JJ, Chamberlain K, Smith KA, et al. Exposure to Room Light before Bedtime Suppresses Melatonin Onset and Shortens Melatonin Duration in Humans. J Clin Endocrinol Metab. 2011;96(3):E463. doi:10.1210/JC.2010-2098