Penuaan tidak dapat dihindari, tetapi apakah ini berarti tidak ada yang dapat dilakukan untuk memperlambat prosesnya? Adakah cara untuk menua di mana tubuh tidak mengalami efek buruk sepenuhnya yang terkait dengan penuaan? Penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai cara untuk memperlambat proses penuaan serta meningkatkan kesehatan hingga usia senja.

Apa Itu Penuaan?

Penuaan merupakan proses alami yang melibatkan peningkatan degenerasi proses seluler restoratif tubuh. Pada tingkat molekuler, ini berarti sel dan jaringan kehilangan keutuhannya dan tidak lagi dapat beregenerasi atau mengisi kembali dengan baik. Hilangnya keutuhan seluler ini menyebabkan penurunan fungsi tubuh secara keseluruhan. Dari rambut dan kulit hingga persendian dan otot, proses penuaan memengaruhi tubuh secara keseluruhan.

Tanda-tanda penuaan yang terlihat antara lain kulit kusam, kulit menipis, keriput, dan rambut beruban. Akan tetapi, ada juga tanda-tanda penuaan yang terjadi di dalam tubuh. Tanda-tanda ini meliputi hilangnya tulang rawan sendi, berkurangnya massa otot, serta hilangnya volume otak.

Tetapi, apa yang menyebabkan penuaan? Penelitian menunjukkan bahwa penuaan bersifat multifaktorial. Beberapa mekanisme yang dapat menyebabkan penuaan meliputi stres oksidatif, kerusakan asam deoksiribonukleat (DNA), kerusakan mitokondria, serta pemendekan telomer. Meskipun proses penuaan tidak dapat dihindari, penelitian menunjukkan bahwa proses penuaan dapat diperlambat atau ditunda dengan meningkatkan asupan antioksidan, menjaga kesehatan mitokondria, serta mengurangi inflamasi.

Manfaat Antioksidan dan Antipenuaan

Penelitian menunjukkan bahwa stres oksidatif berperan besar dalam proses penuaan. Stres oksidatif merupakan gangguan keseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang mengandung oksigen yang memiliki pasangan elektron yang tidak merata. Elektron merupakan partikel kecil bermuatan negatif yang suka berpasangan. Radikal bebas memiliki pasangan elektron yang tidak merata, yang menyebabkannya menjadi sangat tidak stabil. Ketidakstabilan ini menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh pada sel, jaringan, protein, dan DNA.

Alih-alih menjadi penyerbu dari luar, radikal bebas tercipta selama proses metabolisme normal tubuh yang berkontribusi terhadap stres oksidatif. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, penyakit ginjal kronis, serta penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Selain berperan dalam perkembangan berbagai penyakit kronis, penelitian menunjukkan bahwa stres oksidatif juga dapat meningkatkan kelemahan dan sarkopenia yang terkait dengan penuaan. Sarkopenia adalah hilangnya massa dan fungsi otot yang stabil yang sering terjadi seiring bertambahnya usia seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif, sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Antioksidan merupakan molekul yang dapat mencegah atau mengurangi kerusakan stres oksidatif dengan menyumbangkan elektron kepada radikal bebas. Sumbangan elektron ini membantu menstabilkan radikal bebas serta mencegah kerusakan sel dan jaringan. 

Vitamin C, Vitamin E, Kuersetin, dan Banyak Lagi

Ada berbagai jenis antioksidan termasuk vitamin seperti vitamin C dan vitamin E, serta nutrisi tanaman seperti kuersetin dan lutein. Penelitian menunjukkan bahwa hormon seperti melatonin pun memiliki sifat antioksidan yang bertindak untuk memperlambat penuaan.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C bertindak sebagai antioksidan ampuh yang dapat mengurangi stres oksidatif, melindungi dari kerusakan DNA, dan bahkan memperpanjang usia. Penelitian terhadap hewan maupun penelitian in vitro, atau tabung reaksi, telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat berperan penting dalam melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh penuaan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan seperti kuersetin dapat membantu melindungi DNA dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan dapat membantu memperbaikinya. Kuersetin juga terbukti dapat meningkatkan produksi glutation dalam tubuh. Glutation dianggap sebagai salah satu antioksidan paling kuat yang diproduksi oleh tubuh. Sayangnya, produksi glutation menurun seiring bertambahnya usia. Dengan penurunan produksi glutation, tubuh mengalami lebih banyak kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Meningkatkan asupan antioksidan dapat membantu memperlambat proses penuaan. Antioksidan dapat ditemukan dengan mudah di alam, terutama dalam makanan seperti alpukat, brokoli, wortel, asparagus, dan kubis. Cara untuk meningkatkan asupan antioksidan mungkin sesederhana mengonsumsi suplemen multivitamin berkualitas tinggi serta menambah asupan buah dan sayuran segar dalam makanan.

Mitokondria yang Sehat dan Antipenuaan

Mitokondria merupakan unit fungsional kecil yang hidup di dalam inti sel. Organel ini bertanggung jawab untuk memproduksi energi tubuh. Mitokondria umumnya digambarkan sebagai pembangkit tenaga sel. Fungsi mitokondria yang sehat juga dikaitkan dengan antipenuaan.

Sebaliknya, penelitian menghubungkan disfungsi mitokondria dengan percepatan penuaan. Disfungsi mitokondria terjadi saat energi yang dihasilkan mitokondria lebih sedikit dibandingkan dengan yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang tepat. Kesehatan mitokondria yang buruk dikaitkan dengan peningkatan inflamasi. Disfungsi mitokondria juga terkait dengan peningkatan produksi stres oksidatif serta kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat CoQ10 bagi Mitokondria

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan fungsi mitokondria dapat membantu memperlambat proses penuaan. Sebagai contoh, penelitian telah menunjukkan bahwa penuaan berkaitan dengan kadar koenzim Q10 yang lebih rendah, umumnya dikenal sebagai coQ10 atau ubikuinol, dalam darah. CoQ10 merupakan molekul yang tersebar luas di seluruh tubuh yang diperlukan untuk fungsi mitokondria. Kadar coQ10 yang lebih rendah juga dikaitkan dengan sejumlah gangguan seperti penyakit kardiovaskular, migrain, dan sklerosis multipel. Salah satu kondisi penting yang terkait dengan kadar coQ10 yang lebih rendah dalam darah adalah kelelahan, suatu kondisi yang diperparah dengan penuaan.

Penelitian menunjukkan bahwa coQ10 dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mendukung fungsi mitokondria. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa suplementasi coQ10 pada sukarelawan sehat terbukti membantu mengurangi kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik. Sebuah meta-analisis yang melibatkan delapan uji klinis berbeda menemukan bahwa individu dengan penyakit arteri koroner mengalami penurunan kadar kolesterol total saat mengonsumsi suplemen coQ10. Penyakit arteri koroner, serta penyakit kardiovaskular pada umumnya, merupakan kondisi umum yang terkait dengan penuaan.

Manfaat Kurkumin bagi Mitokondria

Meskipun coQ10 merupakan molekul buatan tubuh yang membantu mendukung kesehatan mitokondria, penelitian menunjukkan bahwa kurkumin juga bermanfaat bagi fungsi mitokondria. Kurkumin merupakan molekul berwarna oranye kekuningan dalam bumbu kunyit. Kurkumin dapat membantu mendukung kesehatan mitokondria dan memperlambat proses penuaan. Penelitian terhadap hewan telah menemukan bahwa suplementasi kurkumin dapat meningkatkan fungsi mitokondria pada hati. Penelitian terhadap manusia menunjukkan bahwa suplementasi kurkumin dan olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres oksidatif serta memperlambat proses penuaan.

Sebuah uji coba terkontrol acak menemukan bahwa suplementasi kurkumin selama satu bulan atau lebih terbukti membantu mengurangi tanda-tanda stres oksidatif dalam pemeriksaan darah. Penelitian lain yang melibatkan pria tua yang sehat dan wanita pascamenopause menemukan bahwa suplementasi kurkumin selama 12 minggu terbukti membantu mengurangi tanda-tanda stres oksidatif pada pembuluh darah. Selain dapat membantu mendukung fungsi mitokondria, penelitian menunjukkan bahwa antioksidan emas ini juga dapat membantu mengurangi inflamasi yang meningkat seiring bertambahnya usia.

Inflamasi dan Antipenuaan

Inflamasi merupakan proses yang diperlukan dan membantu yang melibatkan sistem imun dalam melawan penyerbu asing. Dalam kebanyakan kasus, setelah infeksi teratasi, jumlah inflamasi berkurang. Dengan penuaan, inflamasi bisa menjadi masalah jangka panjang karena tubuh berjuang keras untuk mengembalikan keseimbangan setelah mengalami infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa penuaan berkontribusi terhadap inflamasi tingkat rendah kronis, yang mempercepat proses penuaan. Interaksi antara penuaan dan inflamasi ini bertindak sebagai lingkaran setan. Oleh karena itu, mengurangi inflamasi dapat membantu memperlambat proses penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup menjadi salah satu cara untuk mengurangi inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa utusan sel antiinflamasi atau sitokin diproduksi selama tidur yang cukup. Penelitian ini menemukan bahwa sitokin antiinflamasi gagal diproduksi pada model hewan yang kerja bergilir dan mengalami jet lag jangka panjang, di mana tikus gagal mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Manfaat Melatonin untuk Inflamasi

Melatonin merupakan hormon tidur yang diproduksi oleh tubuh yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa selain perannya dalam siklus tidur-bangun, melatonin bertindak sebagai agen pelindung antioksidan, antiinflamasi, serta neurologis untuk sel-sel otak. Sebagai contoh, beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara penyakit degeneratif neurologis seperti penyakit Alzheimer dan kadar melatonin yang rendah dalam cairan tulang belakang otak dan darah. Seiring bertambahnya usia, kadar melatonin menurun, menyebabkan kurang tidur dan ritme sirkadian yang tidak teratur.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua melaporkan masalah kurang tidur serta kualitas tidur yang lebih buruk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang melaporkan masalah kurang tidur menunjukkan gangguan yang lebih besar dalam pengujian yang dirancang untuk menilai kinerja kognitif. Karena tidur berperan dalam daya ingat dan kognisi, kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan otak pada orang dewasa yang lebih tua.

Meningkatkan asupan melatonin, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua, dapat membantu memperbaiki ritme sirkadian dan tidur yang berkualitas. Perbaikan tidur yang berkualitas dapat membantu meningkatkan kognisi serta mengurangi tanda-tanda penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Poin Penting

Meskipun penuaan tidak dapat dihindari, penelitian menunjukkan bahwa terdapat cara untuk memperlambat proses penuaan. Karena penelitian menunjukkan bahwa penuaan dikaitkan dengan beberapa faktor, ada berbagai cara untuk menangkal proses tersebut. Cara-cara ini termasuk meningkatkan asupan antioksidan, mendukung fungsi mitokondria, serta mengurangi inflamasi.

Rutinitas yang memprioritaskan asupan antioksidan, dukungan mitokondria, serta pengurangan inflamasi dapat memperlambat proses penuaan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan untuk beberapa tahun mendatang.

Referensi:

  1. Barcelos IP, Haas RH. CoQ10 and aging. Biology (Basel). 2019;8(2):28. Published 2019 May 11. doi:10.3390/biology8020028
  2. Baril AA, Beiser AS, Redline S, et al. Systemic inflammation as a moderator between sleep and incident dementia. Sleep. 2021;44(2):zsaa164. doi:10.1093/sleep/zsaa164
  3. Benameur T, Soleti R, Panaro MA, et al. Curcumin as prospective anti-aging natural compound: focus on brain. Molecules. 2021;26(16):4794. Published 2021 Aug 7. doi:10.3390/molecules26164794
  4. Chung HY, Kim DH, Lee EK, et al. Redefining chronic inflammation in aging and age-related diseases: proposal of the senoinflammation concept. Aging Dis. 2019;10(2):367-382. Published 2019 Apr 1. doi:10.14336/AD.2018.0324
  5. Deepika, Maurya PK. Health benefits of quercetin in age-related diseases. Molecules. 2022;27(8):2498. Published 2022 Apr 13. doi:10.3390/molecules27082498
  6. Forman HJ, Zhang H. Targeting oxidative stress in disease: promise and limitations of antioxidant therapy [published correction appears in Nat Rev Drug Discov. 2021 Aug;20(8):652]. Nat Rev Drug Discov. 2021;20(9):689-709. doi:10.1038/s41573-021-00233-1
  7. Haas RH. Mitochondrial Dysfunction in aging and diseases of aging. Biology (Basel). 2019;8(2):48. Published 2019 Jun 17. doi:10.3390/biology8020048
  8. Irwin MR, Opp MR. Sleep health: reciprocal regulation of sleep and innate immunity. Neuropsychopharmacology. 2017;42(1):129-155. doi:10.1038/npp.2016.148
  9. Jorat MV, Tabrizi R, Mirhosseini N, et al. The effects of coenzyme Q10 supplementation on lipid profiles among patients with coronary artery disease: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Lipids Health Dis. 2018;17(1):230. Published 2018 Oct 9. doi:10.1186/s12944-018-0876-4
  10. Liguori I, Russo G, Curcio F, et al. Oxidative stress, aging, and diseases. Clin Interv Aging. 2018;13:757-772. Published 2018 Apr 26. doi:10.2147/CIA.S158513
  11. López-Otín C, Blasco MA, Partridge L, Serrano M, Kroemer G. The hallmarks of aging. Cell. 2013;153(6):1194-1217. doi:10.1016/j.cell.2013.05.039
  12. Mocchegiani E, Costarelli L, Giacconi R, et al. Vitamin E-gene interactions in aging and inflammatory age-related diseases: implications for treatment. A systematic review. Ageing Res Rev. 2014;14:81-101. doi:10.1016/j.arr.2014.01.001
  13. Mumtaz S, Ali S, Tahir HM, et al. Aging and its treatment with vitamin C: a comprehensive mechanistic review. Mol Biol Rep. 2021;48(12):8141-8153. doi:10.1007/s11033-021-06781-4
  14. Reiter RJ, Tan DX, Rosales-Corral S, Galano A, Zhou XJ, Xu B. Mitochondria: central organelles for melatonin's antioxidant and anti-aging actions. Molecules. 2018;23(2):509. Published 2018 Feb 24. doi:10.3390/molecules23020509
  15. Soto-Urquieta MG, López-Briones S, Pérez-Vázquez V, Saavedra-Molina A, González-Hernández GA, Ramírez-Emiliano J. Curcumin restores mitochondrial functions and decreases lipid peroxidation in liver and kidneys of diabetic db/db mice. Biol Res. 2014;47(1):74. Published 2014 Dec 22. doi:10.1186/0717-6287-47-74
  16. Tan DX, Xu B, Zhou X, Reiter RJ. Pineal calcification, melatonin production, aging, associated health consequences and rejuvenation of the pineal gland. Molecules. 2018;23(2):301. Published 2018 Jan 31. doi:10.3390/molecules23020301
  17. Testai L, Martelli A, Flori L, Cicero AFG, Colletti A. Coenzyme Q10: clinical applications beyond cardiovascular diseases. Nutrients. 2021;13(5):1697. Published 2021 May 17. doi:10.3390/nu13051697
  18. Tralongo P, Respini D, Ferraù F. Fatigue and aging. Crit Rev Oncol Hematol. 2003;48(Suppl):S57-S64. doi:10.1016/j.critrevonc.2003.07.003
  19. Wagner KH, Cameron-Smith D, Wessner B, Franzke B. Biomarkers of aging: from function to molecular biology. Nutrients. 2016;8(6):338. Published 2016 Jun 2. doi:10.3390/nu8060338