Penting sekali untuk memberi hanya makanan, minyak, dan nutrisi terbaik sebagai asupan untuk tubuh. Minyak oregano dapat menjadi bagian utama dari gaya hidup sehat. Produk alami ini memiliki berbagai manfaat serta dapat memerangi segudang penyakit dan gangguan tubuh.

Apa itu Minyak Oregano?

Berbeda dengan kepercayaan banyak orang, minyak oregano tidak terbuat dari rempah kering yang ditemukan dalam hidangan Italia klasik seperti lasagna dan pizza Margherita. Minyak oregano tradisional berasal dari daun dan bunga tanaman Thymus capitatus dan Origanum vulgare (Oregano). Setelah diekstraksi, minyak kemudian diproses ke dalam botol masak standar untuk digunakan di rumah (sebagai bahan baku dan untuk penggunaan luar).

Manfaat Minyak Oregano Bagi Kesehatan

Minyak oregano dapat digunakan di hampir semua hidangan utama karena hanya membutuhkan 2-3 tetes. Beberapa manfaat yang paling menonjol dan populer dalam penggunaan minyak oregano di kehidupan sehari-hari meliputi:

Alergi

Antihistamin yang terkandung dalam minyak oregano, yang sering dibeli tanpa resep atau diresepkan oleh dokter dapat meredakan alergi musiman dan sepanjang tahun. Karena minyak oregano sendiri merupakan antihistamin yang kuat, minyak oregano membantu mengurangi alergi yang berasal dari lingkungan dan faktor lingkungan sambil melawan penyakit pernapasan lainnya seperti asma.

Bantuan Pencernaan

Pencernaan yang sehat sangatlah penting, terutama seiring bertambahnya usia dan tubuh menyesuaikan diri dengan kebiasaan makan dan gaya hidup baru. Minyak oregano membantu dalam produksi empedu, meningkatkan kesehatan pencernaan yang lengkap dan teratur.

Pereda Nyeri

Oregano dikenal dapat membantu meredakan rasa sakit saat dicampur dengan minyak dasar yang tepat sebelum mengoleskannya pada bagian luar tubuh. Oregano memberikan sensasi hangat saat dioleskan langsung ke kulit (saat menggunakan campuran minyak dasar). Ingatlah untuk selalu menggunakan minyak dasar bersama dengan minyak oregano karena minyak oregano sendiri dapat menyebabkan peningkatan iritasi pada kulit.

Melawan Infeksi

Senyawa yang ditemukan dalam minyak oregano diketahui dapat melawan infeksi bakteri. Seseorang dapat meningkatkan sistem imun dengan menambahkan minyak oregano ke dalam kehidupan sehari-hari.

Antioksidan

Minyak oregano mengandung banyak antioksidan. Antioksidan dalam minyak oregano membantu melawan peradangan, kerusakan sel, dan bahkan berfungsi untuk menangkal berbagai jenis kanker agar tidak berkembang di seluruh tubuh.

Masalah Kulit

Minyak oregano dapat mengatasi masalah kulit luar seperti kurap, kutil, sariawan, bahkan pertumbuhan kulit yang tak sedap dipandang. Minyak oregano (setelah diencerkan dan dicampur dengan bahan dasar yang tepat) juga dapat membantu mengatasi jerawat.

Tambahkan sedikit minyak oregano dan Anda akan melihat khasiatnya.